Mengenal Serba-serbi Sumur Bor

Air bersih menjadi kebutuhan utama dari semua makhluk hidup. Oleh karenanya, setiap hunian memerlukan pasokan air bersih yang bisa didapatkan dari berbagai macam metode, salah satunya dengan memanfaatkan sumur bor yang bisa menghasilkan air tanah bersih.

Buat kamu yang berencana membangun rumah dan tertarik memanfaatkan sumur bor untuk memasok air tanah bersih, mari simak terlebih dahulu ulasan Kania mengenai mekanisme, kekurangan, dan kelebihan sumur bor melalui artikel di bawah ini!

Apa Itu Sumur Bor?

angelwater.com

Sumur bor merupakan salah satu metode untuk mendapatkan air tanah bersih yang diproses melalui penggalian tanah pada kedalaman tertentu. Nantinya, sumur bor bisa mencapai sumber mata air yang terletak di dalam tanah dan memerlukan proses yang tergolong lebih cepat ketimbang menggali tanah secara manual, seperti menggunakan cangkul.

Cara Kerja Sumur Bor

pcacdm.org

Sumur bor memiliki cara kerja yang sangat efektif sehingga proses pencarian sumber mata air bersih jauh lebih cepat. Pertama, sumur bor dapat mempercepat proses penggalian sehingga waktu yang diperlukan bisa jauh lebih singkat. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur sensor pada sumur bor yang bisa memberikan informasi mengenai posisi dan kedalaman dari sumber mata air sehingga posisi penggalian pun bisa dilakukan lebih pas.

Tips Menggali Sumber Air dengan Sumur Bor

peakpx.com

Untuk kamu yang berencana melakukan penggalian sumber mata air menggunakan sumur bor, Kania memiliki sejumlah tips yang sebaiknya kamu lakukan. Pertama, lakukan perencanaan budget dengan mengetahui referensi harga yang berlaku di pasaran terkait pekerjaan penggalian air tanah dengan sumur bor.

Selain itu, tentukan juga kedalaman dari sumur bor yang akan dilakukan penggalian dengan memperhatikan kondisi tempat tinggal di sekitar. Sebab, semakin padat lingkungan di hunian, maka sumur yang diperlukan pun akan semakin dalam agar air yang dihasilkan jauh lebih bersih dan tidak tercemar.

Jangan lupa ketahui juga kondisi tanah terlebih dahulu agar bisa mengetahui kualitas air tanah yang dihasilkan. Jika daerah hunianmu sebelumnya adalah rawa-rawa, maka air yang dihasilkan akan cenderung lebih kotor sehingga nantinya akan memerlukan proses penyaringan.

Selain itu, kamu pun akan memerlukan pompa air agar air bersih yang dihasilkan sumur bor bisa tersalurkan. Dalam hal ini, pastikan kamu memilih pompa air yang dapat bekerja berdasarkan kedalaman sumber air yang dihasilkan sumur bor, serta pilihlah produk pompa air berkualitas agar penggunaannya lebih tahan lama.

Kelebihan Sumur Bor

pinterest.com

Seperti yang Kania sebutkan di atas, penggunaan sumur bor dapat mempercepat proses penggalian tanah untuk menemukan sumber mata air. Selain itu, sumur bor pun memungkinkan kamu tak lagi mengeluarkan biaya bulanan untuk membayar biaya penggunaan air. Jika sumur bor bisa menghasilkan air bersih yang tidak tercemar, maka kualitas air pun akan aman bagi tubuh dikarenakan tidak adanya campuran kimia di dalam air tersebut.

Kekurangan Sumur Bor

theinsidehome.com

Sumur bor juga memiliki sejumlah kekurangan yang harus kamu ketahui. Utamanya, penggunaan sumur bor sangat bergantung pada listrik sehingga jika kondisi listrik di rumah mati, maka kamu pun tak bisa menggunakan pompa untuk mengambil air. Selain itu, kamu juga harus mengetahui kisaran biaya penggunaan listrik dari pompa air karena akan mempengaruhi anggaran bulanan yang kamu keluarkan.  

Itulah penjelasan mengenai sumur bor yang bisa kamu gunakan untuk menyuplai air bersih ke dalam rumah. Selain informasi di atas, temukan juga berbagai inspirasi menarik lainnya di Dekoruma, ya! Kamu juga bisa sekaligus membeli furnitur multifungsi dan dekorasi kekinian untuk hunianmu, lho! Dekoruma jual lemari pakaian, rak dinding, karpet, sofa bed, bantal sofa, dan lampu gantung. Yuk, langsung saja cek di Dekoruma