Tips dan Trik dalam Pemasangan Water Heater

Mandi air hangat di negara tropis seperti Indonesia mungkin terdengar aneh, ya? Padahal mandi air hangat tidak terbatas pada negara dan cuaca tertentu. Air hangat kerap diperlukan oleh orang yang sedang sakit, bayi, dan untuk kebutuhan relaksasi. Oleh karenanya tidak sedikit juga orang yang memasang water heater di rumahnya.

Water heater merupakan sebuah teknologi yang mampu menghangatkan air secara otomatis. Teknologi ini biasa ditempatkan di kamar mandi dan langsung terhubung dengan pipa saluran air. Saat ingin menggunakan air hangat, cukup tekan tombol. Tidak perlu lagi repot memasak air terlebih dulu menggunakan kompor. 

Modern ini, water heater tersedia dalam desain yang sederhana, tapi tetap elegan. Tenaga yang digunakan pun beragam. Mulai dari gas, listrik, dan surya. Kamu tertarik memasang water heater? Simak dulu ulasan Kania di bawah ini mengenai empat persiapan sebelum memiliki water heater

1. Mempersiapkan Jalur Pipa Sirkulasi Air

ariston.com

Saat hendak menggunakan water heater, maka jalur pipa sirkulasi air harus disiapkan sejak awal. Pasalnya, jalur pipa sirkulasi air perlu menembus dinding dan tersusun rapi. Bila perlu, sediakan area khusus untuk instalasi pipa tersebut. Pipa air tadi akan digunakan untuk mengalirkan air panas dan air dingin. Salah satu karakteristik pipa untuk water heater adalah tahan terhadap suhu tinggi.

2. Mengecek Tekanan Air

ariston.com

Untuk mendapatkan water heater yang bekerja dengan optimal, tekanan air harus tinggi. Dengan demikian air hangat yang dikeluarkan tidak tersendat dan mengganggu kegiatan mandi. Apabila tekanan air di rumahmu terasa rendah, pasanglah pompa pendorong air.

3. Sediakan Aksesoris Pendukung Water Heater

shutterstock.com

Kenyamanan saat menggunakan water heater dapat didukung oleh sejumlah aksesoris tambahan. Di antaranya adalah mixing tap, shower, dan flexible hose. Mixing tap terdiri dari tiga jenis keran untuk mengeluarkan air panas, air hangat, dan air dingin. Dengan mixing tap, kamu hanya perlu memilih salah satu keran untuk mendapatkan suhu air yang diinginkan pada saat itu juga. Ada pula shower untuk mandi sekaligus relaksasi. Sementara itu, flexible hose merupakan selang tambahan untuk menambah jangkauan air di dalam kamar mandi.

4. Pilih Water Heater Terbaik

ariston.com

Jika keempat persiapan tadi sudah dilakukan, maka selanjutnya kamu perlu memilih pemanas air yang paling tepat. Kamu bisa menggunakan water heater dari Ariston yang dapat memenuhi segala kebutuhan dan keinginanmu. Baik itu water heater bertenaga listrik, gas, surya, atau malah yang berbasis smart home, Ariston selalu menawarkan produk dengan desain khas Italia, efisien, dan penuh solusi sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup.

Demikianlah empat persiapan yang perlu kamu lakukan sebelum memiliki water heater. Pastikan kamu tidak melewatkan salah satu dari keempat persiapan tersebut agar pemasangannya berjalan lancar. Yuk, temukan water heater terbaik pilihanmu dari Ariston!