Tips dan Trik agar Tanaman Lidah Mertua Cepat Tumbuh

Popularitas tanaman lidah mertua seakan tidak pernah redup di Indonesia. Wajar saja, tanaman ini mudah dirawat dan tahan banting terhadap iklim tropis, serta mampu menyerap polusi udara. Tanaman yang termasuk dalam kategori sukulen ini juga memiliki warna hijau dan bentuk yang indah. 

Meski dikatakan tahan banting, kamu tetap perlu merawatnya agar tanaman lidah mertua dapat tumbuh subur dan indah. Yuk, ikuti enam cara merawat tanaman lidah mertua bersama Kania!

Sinar Matahari yang Cukup

almanac.com

Tanaman lidah mertua atau sansevieria dapat hidup di dalam ruangan, tapi tetap membutuhkan sinar matahari untuk bertahan hidup. Kamu bisa memberikan sinar matahari secukupnya. Artinya, tanaman lidah mertua tidak perlu dijemur di bawah sinar matahari karena bisa membuatnya “terbakar”.

Tanaman ini paling ideal diletakkan di dekat jendela atau area luar ruangan yang memiliki kanopi. Jika kamu memutuskan untuk memelihara tanaman ini sebagai tanaman indoor, pastikan untuk menyinarinya setiap dua hari sekali.

Penyiraman yang Rutin

unsplash.com

Salah satu rahasia mengapa tanaman lidah mertua bisa bertahan dalam cuaca yang panas adalah keberadaan cadangan air. Batang tanaman lidah mertua merupakan titik penyimpanan cadangan air ini. Jadi, tanaman lidah mertua tidak perlu disiram setiap hari. Frekuensi penyiraman yang tepat adalah dua kali seminggu.

Saat menyiramnya, usahakan supaya air tidak menggenangi media tanam. Penyiraman berlebihan hanya akan membuatnya membusuk dan mati. Apabila tanaman lidah mertua ini mati, bisa-bisa ia menjadi tanaman pembawa sial di rumahmu.

Gunakan Pupuk Organik

moulis.hr

Layaknya tanaman secara umum, tanaman lidah mertua juga butuh pupuk untuk membantunya tumbuh subur. Jenis pupuk yang paling baik untuk tanaman ini adalah pupuk organik. Dibandingkan pupuk cair, pupuk organik lebih lama terurai. Dengan demikian, kondisi media tanam tidak akan menjadi lembap yang bisa membuat tanaman membusuk. Akan tetapi, jika kamu lebih suka menggunakan pupuk cair, berikan satu kali sebulan dengan takaran setengah dari yang dianjurkan.

Singkirkan Gulma dan Hama

unsplash.com

Gulma dan hama merupakan salah satu faktor penghambat pertumbuhan tanaman. Oleh karena itu, kamu harus rutin menyingkirkan hama maupun gulma. Untuk gulma berupa rumput liar, cabutlah hingga ke akarnya. Bila perlu semprotkan obat anti gulma dan hama untuk pencegahan. Alternatif lain adalah dengan membersihkan pot dan menyediakan media tanam yang baru. Kondisi yang bersih akan membuat tanaman lidah mertua tumbuh semakin subur.

Pilih Media Tanam dan Pot yang Tepat

google.com

Masalah utama yang dihadapi tanaman lidah mertua adalah akar yang mudah membusuk akibat terlalu banyak air. Oleh karenanya, media tanam yang digunakan harus mampu menyerap air dengan cepat. Pilihan media tanam yang tepat adalah sekam bakar, pasir malang, dan pakis.

Selain media tanam, perhatikan juga pot untuk tanaman lidah mertua. Pot yang baik adalah pot tanaman dengan lubang di bagian bawah. Kelebihan air pun dapat mengalir keluar dan kelembaban akar terjaga. 

Pangkas Secara Berkala

pixabay.com

Saat batang tanaman lidah mertua ada yang mulai membusuk, pangkaslah bagian tersebut. Tujuannya supaya pembusukan tidak menyebar ke bagian lainnya. Pemangkasan juga dibutuhkan ketika batang tanaman lidah mertua sudah terlalu panjang hingga keluar pot. Jika batang yang panjang tersebut masih sehat, kamu dapat menancapkannya kembali ke media tanam dan pot baru. Rawatlah potongan tersebut hingga tumbuh dan berkembang. Dengan begitu, koleksi tanaman lidah mertua kamu akan bertambah, deh!

Tanaman lidah mertua yang subur akan tampil indah menghiasi hunian kesayangan. Semoga kamu sukses dalam menerapkan keenam cara merawat tanaman lidah mertua tadi, ya!

Temukan ragam informasi seputar berkebun lainnya di Dekoruma! Selain soal bercocok tanam, ada juga berbagai inspirasi serta tips dan trik desain untuk hunianmu. Bahkan, di Dekoruma kamu juga bisa sekaligus belanja furniture online, lho!

Ada banyak pilihan furnitur multifungsi dan 

space-saving 
yang akan membuat fungsi ruang di hunian kamu makin maksimal. Dekoruma jual meja komputer, rak dinding, sofa bed, dan meja makan dengan harga yang terjangkau.

Buat kamu yang lagi mencari jasa desain interior, terseida juga di Dekoruma! Bahkan, kami siap melayani untuk di berbagai kota besar. Mulai dari desain interior Bandung, Jakarta, Surabaya, Tangerang, Bekasi, hingga Depok. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kepoin laman Dekoruma!