Tips dan Trik Membasmi Kaki Seribu yang Mengganggu

Kaki seribu merupakan hama yang cukup mengganggu bagi sebagian orang karena sering kali masuk ke dalam rumah. Meskipun kaki seribu bukanlah hewan yang berbahaya dan kerap berada di area luar ruangan, tapi hama kebun ini kerap masuk ke dalam rumah untuk mencari makanan sehingga membuat banyak orang takut.

Agar tak diganggu lagi oleh kaki seribu, tentu saja kamu harus membasmi atau melenyapkannya. Nah, untuk membantu kamu, Kania akan membagikan berbagai cara ampuh untuk membasmi kaki seribu yang bisa kamu lakukan di rumah. Apa sajakah itu?   

Hilangkan Kaki Seribu dengan Insektisida

shutterstock.com

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membasmi kaki seribu adalah memanfaatkan insektisida khusus hama atau kapur semut. Kamu bisa memakai kapur semut di area strategis untuk membuat kaki seribu enggan melewatinya atau menyebarkannya di area keluar masuk kaki seribu, seperti lubang menuju rumah. 

Manfaatkan Furadan untuk Lenyapkan Kaki Seribu

newss.ro

Kamu juga bisa menggunakan jenis insektisida lainnya untuk membasmi kaki seribu. Misalnya, furadan yang merupakan insektisida sistemik yang bentuknya berupa butiran kecil berwarna ungu untuk melenyapkan kaki seribu ataupun hama lainnya. Dalam penggunaannya, kamu cukup menaburkan furadan di area persembunyian kaki seribu, seperti di sekitar tanaman. Namun, pastikan menggunakan insektisida ini dalam jumlah yang sedikit karena bisa merusak tanaman. 

Gunakan Karbol untuk Hilangkan Kaki Seribu

researchgate.net
 

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk membasmi kaki seribu adalah menggunakan karbol. Silakan tuangkan cairan karbol pembersih lantai di area persembunyian kaki seribu untuk membasminya. Selain itu, kamu juga bisa menuangkan karbol di sekeliling rumah agar hama lain tak bisa memasuki rumah kamu! 

Manfaatkan Minyak Esensial

livingloving.com

Penggunaan minyak esensial juga tergolong ampuh untuk membasmi kaki seribu. Meskipun fungsinya tak seperti insektisida yang bisa membunuh kaki seribu, tapi penggunaan minyak esensial dapat mencegah berbagai hama untuk masuk ke dalam rumah, termasuk kaki seribu. Dalam penggunaanya, kamu pun cukup menyemprotkan minyak esensial di jalur masuk kaki seribu.

Pastikan Rumah Terbebas dari Lembap

humiditycheck.com
 

Kondisi rumah yang lembap merupakan alasan mengapa kaki seribu sangat gemar berada di dalam rumah. Oleh karenanya, kamu harus memastikan kondisi rumah agar terbebas dari lembap dengan memperbanyak akses sinar matahari. Pastikan sinar alami tersebut bisa tembus ke dalam rumah agar kaki seribu tidak bersarang.

Perhatikan Jalur antara Kebun dan Rumah

hikersbay.com

Untuk kamu yang memiliki taman ataupun kebun rumah, sebaiknya kamu juga memperhatikan kondisi pada perbatasan area tersebut. Pastikan untuk memeriksa jalur perbatasan antara taman dengan rumah agar tidak lembap karena area tersebutlah yang kemungkinan menjadi jalur masuk kaki seribu. 

Bersihkan Area Kebun Secara Rutin

homedepot.com
 

JIka area kebun dipenuhi oleh dedaunan mati, kamu juga harus membersihkannya karena wilayah tersebut akan dijadikan tempat bersarang kaki seribu. Selain itu, kamu juga harus membuat area kebun agar tidak terlalu lembap dan tetap mendapatkan akses sinar matahari dengan memangkas pohon yang terlalu rimbun.

Secara umum, kamu harus membuat lingkungan rumah agar selalu bersih dan tidak lembap agar tidak didatangi oleh kaki seribu ataupun hama lainnya. Selain tips di atas, temukan juga berbagai referensi menarik lainnya melalui artikel yang akan Kania bagikan setiap harinya di Dekoruma!

Kamu sedang mencari furnitur multifungsi untuk hunian? Kamu juga bisa menemukannya di Dekoruma, lho! Dekoruma menyediakan aneka jenis furnitur dengan harga terjangkau serta model yang efisien dan multifungsi sehingga dompet tidak akan menipis dan hunian pun jadi lebih space-saving!

Selain furnitur, Dekoruma pun jual peralatan makan & minum untuk kebutuhan konsumsi kamu di rumah. #EnaknyaAdaDekoruma semua keperluan rumah bisa terpenuhi!