Mengenal Ragam Ukuran Sofa untuk di Hunian

Bingung memilih ukuran sofa? Sebagai furnitur yang esensial, pemilihan sofa harus sangat teliti.  Sama seperti memilih kasur yang tepat, pemilihan sofa memerlukan pertimbangan dan pengukuran secara hati-hati. Apalagi, sofa juga merupakan salah satu item investasi untuk kenyamanan dan fungsi sehari-hari.

Nah, untuk membantu kamu supaya tidak bingung lagi, berikut ini Kania akan mengulas beragam ukuran sofa sehingga kamu bisa memilihnya sesuai luas ruangan, jumlah anggota keluarga, ataupun kebutuhan lainnya. Simak ulasannya sampai habis, ya!

Ukuran Sofa 1 Seater

dekoruma.com

Dengan gaya single, ukuran sofa 1 seater berkisar antara 90-140 cm. Sofa ini cocok sebagai solusi space-saving, misalnya di ruang tamu berukuran mungil atau bahkan kamar tidur. Namun, kebanyakan orang tidak memilih ukuran sofa single ini karena dinilai lebih bersifat dekoratif. 

Ukuran sofa ini tentu tidak hanya terbatas untuk ruangan mungil saja, tetapi bisa juga kamu hadirkan di ruangan yang lebih besar dan untuk berbagai gaya interior, termasuk desain Japandi. Sofa 1 dudukan pun bersifat multifungsi karena selain digunakan untuk duduk, bisa juga dijadikan dekorasi di beberapa spot atau sudut rumah.

Ukuran Sofa 2 Seater 

dekoruma.com

Salah satu yang paling favorit, ukuran sofa 2 seater cukup bervariasi dengan rata-rata 145-185 cm. Disebut juga loveseat, ukuran sofa ganda ini cocok untuk ruangan berskala kecil atau pas-pasan. 

Jika dikombinasikan dengan ukuran sofa 1 seater, maka aransemen ruangan akan tampil lebih dinamis. Namun, tidak ada salahnya juga hanya menggunakan ukuran sofa 2 seater ini di ruangan, baik untuk ruang tamu ataupun di samping area tangga sebagai sudut baca yang nyaman.

Ukuran Sofa 3 Seater

dekoruma.com

Lebih maksimal dan tergolong paling ideal, ukuran sofa 3 seater sangat cocok untuk ruang tamu dan ruang keluarga. Ukuran sofa ini berkisar antara 200-250 cm, tergantung desainnya. Nah, karena ukurannya cukup panjang, maka paling cocok ditempatkan di ruangan yang berukuran sedang atau besar. Jika memungkinkan, boleh juga nih mengombinasikan antara ukuran sofa 3 seater dengan 2 seater agar lebih seimbang. 

Cara mudah menghadirkan ukuran sofa 3 seater ini juga bisa mengambil bagian bidang dinding paling lebar di ruangan. Kalau ukurannya tepat, langsung saja tempatkan sofa tersebut dengan menyisakan sedikit ruang antara bagian belakang sofa dengan dinding. 

Ukuran Sofa 4 Seater

nabru.co.uk

Selanjutnya, ada yang paling besar di antara semua sofa tadi, yaitu ukuran sofa 4 seater yang bisa mencapai hingga tiga meter. Skala yang besar ini tentu mulai tidak cocok untuk ruangan kecil, seperti apartemen studio atau rumah mungil. Lebih idealnya, ukuran sofa ini ditempatkan di rumah berukuran agak luas, terutama untuk ruang keluarga atau ruang tamu. Ukuran sofa ini juga tergolong jarang digunakan.

Ukuran Sofa L 

dekoruma.com

Ukuran sofa L cukup bervariasi karena terdiri dari kombinasi beberapa dudukan kecil dengan satu dudukan yang lebih panjang sehingga berbentuk seperti huruf L. Sofa multifungsi ini cukup space-saving atau hemat tempat, terutama jika dilengkapi dengan fitur storage. 

Sofa ini juga bisa dihadirkan di ruang tamu dan ruang keluarga dengan mengikuti ukuran ruang yang tersedia. Gaya sofa L dengan ukuran dan bentuk yang unik, menjadikannya lebih elegan dan mewah. Sangat ideal untuk kamu yang suka selonjoran di rumah!

Ukuran Sofa Bed

dekoruma.com

Ukuran

sofa bed 
cukup bervariasi, tergantung dari desain yang dipilih. Ada desain yang simpel dan tinggal dilebarkan dengan panjang sekitar kurang dari 2 meter dan lebar sekitar 60 cm. Ada pula yang bisa diselonjorkan lebih maksimal dan melewati batas 2 meter.

Namun, pada prinsipnya semua sofa bed sangat multifungsi dan space-saving. Jadi, tidak hanya untuk ruang tamu atau keluarga, sofa bed juga bisa hadir di dalam ruang tidur untuk menampung kebutuhan tamu yang menginap.

Demikianlah enam ukuran sofa yang bisa kamu pilih. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan luas ruangan di rumahmu. Jangan lupa cocokkan juga antara tinggi sofa dengan fitur ruangan, misalnya jendela atau permukaan dinding. Kalau sudah tahu ukuran sofa yang ideal untuk kamu, langsung saja cek koleksi sofa di Dekoruma! Selain tersedia dalam beragam ukuran, pilihan modelnya pun ada banyak, termasuk yang multifungsi dan space-saving.

Tak hanya sofa saja, Dekoruma juga jual aneka jenis furnitur lainnya, lho. Mulai dari meja tamu, meja makan, lemari pakaian, kabinet dapur, tempat tidur, hingga rak sepatu, semuanya ada. Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma!