Kelebihan dan Kekurangan Kredit Rumah Tanpa DP

Membeli rumah baru bukanlah hal yang mudah untuk semua kalangan masyarakat. Properti yang satu ini memiliki harga yang mahal dan melonjak setiap tahunnya. Program KPR memang membantu orang untuk membeli rumah impiannya, tapi seringkali nominal DP yang diminta cukup besar. Tak heran beberapa orang harus bersusah payah menabung untuk DP terlebih dahulu.

Sebenarnya, ada opsi lain untuk orang yang ingin membeli rumah baru tanpa perlu menabung, yakni ikut program kredit rumah tanpa DP. Program ini banyak dijumpai dan disukai masyarakat. Namun kenyataannya, apakah membeli rumah tanpa DP benar-benar menguntungkan pembeli? Yuk, simak plus minusnya terlebih dulu bersama Kania supaya kamu tidak terjebak!

Memiliki Rumah Jadi Lebih Mudah

pixabay.com

Program kredit rumah tanpa DP jelas mempermudah masyarakat untuk membeli rumah. Dikarenakan tidak membutuhkan DP, masyarakat dapat langsung membelinya tanpa perlu menguras uang tabungan atau menyisihkan tabungan khusus untuk DP selama bertahun-tahun.

Cukup fokus pada pembayaran cicilan yang dilakukan setiap bulannya selama masa tenor sambil menghuni rumah baru. Masa tenor untuk kredit rumah tanpa DP ini pun beragam. Mulai dari 5, 10, 15, 20, dan 25 tahun. Daya beli masyarakat pun jadi meningkat berkat program ini.

Berlaku untuk Semua Tipe Rumah

google.com

Ternyata program beli rumah tanpa DP tidak terbatas pada rumah tapak saja. Properti jenis lain pun dapat dibeli dengan program ini. Di antaranya adalah rumah toko, rumah susun, hingga rumah kantor. Namun, program rumah tanpa DP hanya berlaku untuk properti pertama saja. Pembelian properti kedua dianggap sebagai bentuk investasi dan pembelinya dinilai stabil secara finansial sehingga tetap dimintai uang DP. Hal ini kecuali properti kedua yang kamu beli ukurannya tidak lebih dari 21 meter persegi.

Cicilan Rumah Tanpa DP Jadi Lebih Besar

pixabay.com

Karena tidak membutuhkan DP, harga rumah secara keseluruhan akan dijadikan cicilan. Tentunya nominal cicilan per bulan rumah tanpa DP menjadi lebih besar, ditambah lagi dengan bunga KPR. Tidak jarang jangka waktu cicilan juga menjadi lebih panjang. Poin ini akan menambah beban pengeluaran untuk masyarakat, khususnya yang berada di kelas menengah ke bawah. Jadi, pertimbangkan dengan baik apakah kamu mampu dan siap membayar cicilan tersebut selama bertahun-tahun.

Kenaikan Bunga KPR

pixabay.com

Ya, program beli rumah dengan cara KPR dikenai bunga. Itu artinya, nominal cicilan rumah tanpa DP sifatnya belum final. Tidak sampai di situ, bunga KPR juga mengalami kenaikan setiap tahunnya. Bank penyedia KPR hanya memberikan bunga tetap selama tahun pertama cicilan saja. Tahun kedua, ketiga, dan seterusnya akan dikenai bunga mengambang. Kenaikan bunga KPR ini berdasarkan suku bunga acuan Bank Indonesia.

Jadi, Beli Rumah Tanpa DP atau Pakai DP?

pixabay.com

Keputusan akhir selalu ada di tangan masing-masing karena kemampuan finansial setiap orang itu berbeda. Misalnya saja, kamu membutuhkan rumah baru dalam waktu singkat dan belum memiliki tabungan untuk DP. Akan tetapi, kamu yakin dengan sumber pendapatan jangka panjang dapat membayar cicilan. Maka, silakan beli rumah tanpa DP.

Namun, jika kurang yakin untuk membayar cicilan yang besar setiap bulan dan tidak terburu-buru untuk memiliki rumah sendiri, pertimbangkan untuk menabung dulu dan beli menggunakan DP. Bisa juga sambil menunggu promo menarik dari developer rumah.

Sebagai bahan pertimbangan tambahan, nominal DP pada umumnya berkisar 20% sampai 30% dari harga rumah. Silakan bandingkan dengan cicilan yang perlu ditanggung jika mengikuti program kredit rumah tanpa DP.

Demikianlah plus dan minus dari kredit rumah tanpa DP. Lakukan perhitungan jangka panjang dengan segala risiko dan keuntungan yang ada. Jangan sampai kamu terjebak dalam masalah keuangan di kemudian hari, ya!

Kalau kamu masih mencari-cari rumah terbaik yang cocok dengan kebutuhanmu dan keluarga, kamu bisa menemukannya melalui Dekoruma Properti, lho! Ada banyak pilihan rumah yang berada di lokasi strategis, seperti rumah dijual di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Tangerang, dan Bekasi. Yuk, segera wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!