Tips dan Trik Ampuh Membasmi Kutu Kucing

Kucing memang merupakan hewan peliharaan yang sangat menggemaskan. Namun, berbeda ceritanya jika kucingmu terkena kutu karena hal ini cukup membahayakan, bahkan bisa berdampak buruk bagi manusia.

Selain membawa kucing kesayangan untuk berobat ke dokter hewan, Kania punya beberapa cara yang bisa kamu lakukan di rumah untuk menghilangkan kutu kucing. Yuk, langsung saja simak ulasan mengenai cara menghilangkan kutu kucing berikut ini! 

Hilangkan Kutu Kucing dengan Shampoo Khusus

catcareofvinings.com
 

Untuk hilangkan kutu kucing, kamu sebaiknya menggunakan shampoo khusus yang memiliki fungsi untuk membunuh kutu kucing. Silakan cari shampoo kutu kucing melalui toko perlengkapan hewan atau secara online. Pastikan kamu memilih produk shampoo yang dapat membunuh telur dan kutu kucing.

Gunakan Obat Kutu Kucing

nekomori.co
 

Jika memandikan dengan shampoo khusus tak mempan, kamu juga bisa mencoba obat kutu kucing. Di pasaran, ada banyak jenis obat kutu kucing yang bisa kamu gunakan, mulai dari obat minum hingga obat tetes. Saat mengaplikasikan obat kutu kucing, pastikan kamu membaca aturan penggunaannya karena beberapa jenis obat kutu kucing biasanya memerlukan dosis yang disesuaikan berdasarkan berat badan. 

Manfaatkan Minyak Telon

katzenworld.co.uk

Kamu punya persediaan minyak telon di rumah? Manfaatkan saja untuk menghilangkan kutu kucing! Minyak telon sangatlah ampuh dan praktis untuk dijadikan sebagai obat kutu kucing, di mana penggunaannya cukup dioleskan saja ke area tubuh kucing. Namun, jangan terlalu banyak dan pastikan kucingmu tidak menjilat minyak telon tersebut!

Semprotkan dengan Jus Lidah Buaya

petbarn.com.au
 

Jika kamu lebih suka cara alami untuk menghilangkan kutu kucing, kamu bisa mencoba jus lidah buaya. Cara membuat jus lidah buaya ini pun sangatlah mudah, di mana kamu bisa memasukkan lidah buaya ke dalam

blender
dengan mencampurkan sedikit cabe rawit.

Setalah itu, saring jus dan masukkan ke dalam botol. Apabila sudah, kamu pun bisa menjadikan air saringan jus lidah buaya sebagai semprotan untuk membasmi kutu kucing. 

Semprotkan Cuka untuk Hilangkan Kutu Kucing

petbacker.com

Selain jus lidah buaya, kamu juga bisa memanfaatkan cuka untuk membasmi kutu kucing. Cara menghilangkan kutu kucing dengan cuka sangatlah mudah sebab kamu hanya perlu mencampurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1. Kemudian, hangatkan dengan api sedang dan masukkan larutan ke dalam semprotan.

Mandikan Kucing dengan Air Garam

indiantrailanimalhospital.com

Selain memanfaatkan shampoo khusus kutu kucing, kamu juga bisa memandikan kucing kesayanganmu dengan bahan-bahan alami. Silakan masukkan garam secukupnya ke dalam air hangat dan gunakan campuran tersebut untuk merendam dan membilas kucing. Perlu kamu ketahui, larutan garam tak hanya efektif untuk melenyapkan kutu kucing, tapi juga dapat menghilangkan larva ataupun telur dari kutu kucing.

Sisir Bulu Kucing Secara Rutin

lonetreevet.com

Setelah kamu melakukan cara menghilangkan kutu kucing di atas, kamu juga perlu menyisir bulu kucing secara rutin untuk membasmi kutu yang tersisa. Dalam melakukannya, Kania sarankan kamu menggunakan sisir khusus agar kucing kesayangamu tidak kesakitan.

Bersihkan Rumah dan Area Kandang Kucing

vcahospitals.com

Kondisi rumah yang lembap merupakan salah satu penyebab munculnya kutu kucing. Oleh karena itu, supaya kamu dan hewan kesayanganmu selalu sehat dan bebas dari kutu, kamu harus membersihkan rumah secara rutin serta pastikan area kandang atau lingkungan tempat kucing bermain selalu terkena cahaya matahari agar tidak lembap.

Cara-cara di atas bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kutu kucing secara praktis di rumah. Jika kutu kucing tetap sulit dihilangkan, jangan lupa untuk kunjungi dokter hewan, ya!

Baca juga artikel dengan informasi bermanfaat lainnya hanya di Dekoruma! Kamu bisa menemukan berbagai pembahasan seputar home & living, mulai dari inspirasi desain rumah, tips menata ruangan, cara mengusir kecoa, hingga mengetahui penyebab kulkas tidak dingin.

Selain artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur multifungsi dan space-saving untuk memaksimalkan fungsi ruang di hunianmu, lho. Beberapa di antaranya, ada lemari dapur, meja makan lipat, sofa bed, rak dinding, hingga kursi kantor. Modelnya pun bervariasi dan harganya ramah di kantong.

Nah, buat kamu yang sedang mencari hunian baru, kamu bisa kunjungi laman Dekoruma Properti. Ada banyak sekali pilihan rumah ataupun apartemen untuk kebutuhan tempat tinggalmu. Lokasinya pun tersebar di berbagai daerah di Jabodetabek. Kamu bisa menemukan rumah dijual di Depok, Jakarta Selatan, Tangerang, Jakarta Barat, hingga Bekasi. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan hunian impianmu bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!