Ragam Jenis Batu Taman yang Indah dan Alami

Selain hamparan hijau dan dekorasi taman, ada satu elemen penting yang tidak boleh dilewatkan untuk mempercantik taman. Apa lagi kalau bukan batu taman yang banyak pilihannya. Mulai dari jenis, ukuran, dan style, banyak sekali cara memanfaatkan batu taman supaya hunian terlihat lebih estetik dan hidup. Yuk, pilih bersama Kania batu taman mana yang paling cocok untuk hunianmu melalui ulasan di bawah ini!

Batu Kerikil Kacang

guiadejardineria.com

Sesuai namanya, batu taman ini berukuran kecil seperti biji kacang. Batu yang cantik ini biasanya bertekstur halus karena digerus aliran air. Umumnya, batu taman kerikil kacang diambil dari pinggiran sungai atau kali dalam beraneka warna. Penggunaan batu ini boleh dicampur dengan semen untuk dijadikan jalan setapak. Harganya juga cukup terjangkau.

Batu Kali

stonedecorative.ca

Sama halnya dengan batu kerikil kacang, batu taman ini juga berasal dari perairan sungai atau kali. Sudah diperhalus oleh aliran air alam, batu kerikil kali biasanya lebih besar ukurannya dengan bentuk lonjong dan beraneka ragam. Digunakan sebagai batu taman, jenis ini cukup awet sehingga tidak mudah rusak. Padukan saja batu ini dengan air mancur atau elemen air lainnya. 

Batu Alam Flagstone

plantedwell.com

Mau taman tampil mewah dan luks? Coba gunakan batu taman yang berasal dari batu alam, yaitu flagstone. Batu taman ini terbentuk dari batuan sedimen atau endapan lapisan batuan dengan tekanan dan suhu rendah yang mengeras. Dengan sentuhan tropis, jenis batu ini juga efektif menyerap air sehingga cocok dijadikan jalan setapak. Pilih saja ukuran yang diinginkan dan cocokkan dengan instalasi sebagai batu taman. 

Batu Granit 

landscapedepot.ie

Pertimbangan batu alam lain yang boleh dijajaki sebagai batu taman adalah batu granit. Sama-sama terbentuk dari proses alam berupa batuan beku yang bercampur, bahan ini sering hadir dalam bentuk keramik untuk interior. Akan tetapi, batu granit juga bisa hadir sebagai batu taman, baik dalam bentuk keramik jalan ataupun pecahan batu granit.

Batu Candi

blogspot.com

Saat mendengar kata batu candi, yang terpikir di benakmu pasti batu yang membentuk dinding candi. Disebut juga batu andesit, batu candi bisa digunakan sebagai batu taman yang indah. Memiliki motif bintik hitam yang halus dan juga bisa menyerap air, batu taman ini dibentuk dari proses pendinginan lava. Jika ingin menghadirkan batu taman ini, gunakan saja sebagai bagian dari dinding atau jalan taman.

Batu Koral

blogspot.com

Ada lagi batu taman yang hampir mirip dengan batu kerikil kacang, yaitu batu koral. Jenis batu taman ini juga merupakan batu alam yang sering digunakan sebagai dekorasi rumah. Sering kali, batu koral hadir dengan warna-warni indah, seperti hitam, putih, hingga multi warna.

Batu koral cocok juga digunakan pada bagian kolam rumah, baik itu sekadar kolam dengan air mancur atau kolam ikan minimalis. Dibandingkan dengan batu taman kerikil, batu koral biasanya lebih rapuh. 

Batu Split 

alfagranitama.com

Batu belah atau batu split punya tekstur yang kasar dan unik karena telah menjalani proses pemecahan dari batu alam berukuran besar. Alhasil, lempengannya bisa disusun secara kreatif sebagai batu taman. Karena memiliki warna, bentuk, serta ukuran yang berbeda, batu split bisa dijadikan batu taman dalam berbagai gaya. 

Batu Bata

immediate.co.uk

Menggunakan batu bata sebagai bagian dari batu taman, kenapa tidak? Batu bata bisa ditata sedemikian rupa membentuk sisi lansekap atau disusun bertingkat menjadi struktur cantik sesuai selera. Saat diaplikasikan bersamaan di area untuk berkebun, dijamin taman pasti makin tampil cantik dan estetik.

Sudah menemukan jenis batu taman yang disukai? Boleh juga, lho dikombinasikan antara satu jenis batu taman dengan yang lainnya. Semoga hasil taman rumahmu jadi menawan sesuai ekspektasi, ya!

Terakhir, jangan lupa lengkapi juga hunianmu dengan furnitur yang multifungsi sehingga ruangan jadi lebih maksimal dan space-saving. Kabar baiknya, kamu bisa menemukan aneka furnitur multifungsi secara online di Dekoruma! Beberapa di antaranya ada meja TV berlaci, meja makan lipat, sofa bed, hingga rak dinding.

Bahkan, Dekoruma juga menyediakan jasa desain interior dengan harga terjangkau di berbagai daerah, lho. Mulai dari desain interior Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, hingga Surabaya. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!