Mengetahui Ragam Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Manfaat kunyit untuk melezatkan masakan sudah tidak perlu diragukan lagi. Kamu cukup mencampurkan sedikit bubuk kunyit untuk mendapatkan rasa masakan yang lebih umami. Tak hanya itu, kunyit juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis ketika kamu memasak ikan, lho!

Namun, salah kalau kamu berpikiran bahwa manfaat kunyit hanya untuk masakan saja. Kenyataannya, ada banyak manfaat kunyit lainnya yang tidak terduga. Mulai dari manfaat kunyit untuk kesehatan sampai kecantikan bisa kamu jajal dan dijamin khasiatnya.

Penasaran apa saja manfaat dari rempah-rempah yang menghasilkan warna kuning pada makanan ini? Berikut Kania sudah merangkum beberapa manfaat kunyit yang belum diketahui banyak orang, tapi tentunya, kamu harus tahu!

Obat Gatal-gatal

emedihealth.com

Siapa sih yang terpikir kalau manfaat kunyit bisa untuk menghilangkan rasa gatal di sekujur tubuh? Nyatanya, kemungkinan menjadikan kunyit sebagai obat gatal itu bukan mitos, lho! Kunyit mengandung kurkumin yang berfungsi sebagai senyawa anti-alergi. Senyawa ini tentu saja bisa meringankan gejala gatal-gatal yang muncul akibat reaksi alergi di kulitmu.

Membasmi Jerawat

shaadiwish.com

Manfaat kunyit ternyata juga afdal buat kecantikan. Coba kamu menggunakan kunyit sebagai masker wajah. Untuk menjadikannya pasta yang solid, kamu bisa mencampurkannya dengan yogurt. Racikan masker dari kunyit ini disebut-sebut ampuh mengusir jerawat. Manfaat kunyit ini ada karena rempah-rempah tersebut memiliki zat anti-inflamasi. Jerawat menghilang, wajahmu pun bisa terlihat lebih cerah.

Penawar Racun Ular

eattomorrow.com

Segera ambil kunyit jika kamu tergigit ular berbisa! Kunyit dapat menjadi pertolongan pertama untuk menghambat aktivitas racun ular pada darah. Tidak hanya itu, dengan menaburkan bubuk kunyit atau menggosokkan kunyit di area yang digigit, penyebaran bisa dalam darah bisa dihentikan serta bengkak pun bisa dikurangi.

Mengontrol Gula Darah

everydayhealth.com

Penderita diabetes harus tahu manfaat kunyit yang satu ini. Kunyit mengandung kurkumin yang ternyata bisa menurunkan glukosa pada darah. Jadi, kadar gula darahmu bisa lebih terkontrol. Mengonsumsi kunyit dengan wajar juga bisa meningkatkan insulin sehingga gejala-gejala diabetes lebih mudah ditangani dan komplikasi bisa dicegah.

Menurunkan Berat Badan

estethica-word.com

Bingung cara menurunkan berat badan karena berbagai program diet yang sudah kamu lakukan kurang efektif? Kini saatnya kamu mengonsumsi kunyit! Manfaat kunyit untuk menurunkan berat badan sudah terkenal sejak dulu dan diandalkan dalam pengobatan tradisional.

Untuk hasil yang optimal dalam menurunkan berat badan, cobalah mengonsumsi satu gelas air kunyit yang dicampur perasan asam jawa. Manfaatnya maksimal, rasanya pun bikin ketagihan. Jika perlu, tetap lakukan olahraga untuk diet, seperti gerakan untuk mengecilkan perut dan sebagainya.

Mengurangi Nyeri Sendi

ortopedistadrfrancoestrada.com

Hati-hati jika sering mengalami nyeri sendi. Bisa jadi kamu terkena osteoarthritis. Penyakit ini membuat sendi kehilangan kelenturannya dan mudah merasa nyeri. Rasa nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit ini dapat ditangani dengan mengonsumsi ekstrak kunyit. Bersifat anti-inflamasi, manfaat kunyit untuk meredakan peradangan dan mengurangi nyeri cukup ampuh dan disebut-sebut setara dengan penggunaan ibuprofen.

Mencegah Penyakit Jantung

chatelaine.com

Manfaat kunyit tak bisa dipandang remeh, apalagi buat jantungmu. Ini karena kurkumin yang ada di dalam kunyit dapat meningkatkan fungsi lapisan pembuluh darah. Aliran darah dan oksigen ke jantung pun bisa lebih lancar. Ujung-ujungnya, jantung tidak bekerja terlalu berat dan risiko penyakit jantung dapat diminimalkan. Selain melancarkan aliran darah, manfaat kunyit untuk mencegah penyakit jantung juga didukung oleh adanya sifat antioksidan dan anti-inflamasi pada rempah-rempah yang satu ini.

Memelihara Kesehatan Hati

cheapmedicineshop.com

Satu lagi manfaat kunyit yang luar biasa adalah bisa menjaga kesehatan organ hati. Sifat antioksidannya bisa mengurangi racun dalam tubuh sehingga mengurangi beban kerja organ hati. Organ vital ini pun bisa terhindar dari kerusakan.

Luar biasa, bukan manfaat kunyit? Kira-kira selain manfaat kunyit di atas, ada lagi tidak manfaatnya yang kamu tahu, tapi belum diketahui banyak orang?

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya! Selain menyediakan artikel, Dekoruma juga jual furnitur online kekinian untuk hunianmu, lho. Mulai dari furnitur esensial, seperti meja, kursi, dan lemari, hingga furnitur yang multifungsi dan space-saving, seperti sofa bed, rak gantung, serta tempat tidur yang dilengkapi storage, semuanya ada! Harganya pun ramah di kantong.

Buat kamu yang sedang mencari kasur baru, Dekoruma jual King Koil, Serta, dan The Luxe, tiga merek kasur ternama yang nggak perlu diragukan lagi kualitasnya. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!