Panduan Membuat Serta Merawat Tanaman Bonsai Lantana

Pandemi yang berkepanjangan memunculkan hobi baru yang disukai orang-orang. Salah satunya adalah hobi berkebun yang kini kembali menjadi tren karena selain bisa membebaskan stres, juga bermanfaat untuk membuat hunian makin sehat dan asri.

Buat kamu yang juga hobi berkebun, tak ada salahnya untuk coba membuat bonsai. Salah satunya, kamu bisa membuat bonsai Lantana yang kini digandrungi banyak orang karena bentuknya cantik, serta cukup mudah dirawat sehingga membebaskanmu dari kerepotan.

Melalui artikel ini, Kania akan mengajak kamu untuk mengetahui langkah-langkah yang diperlukan dalam membuat bonsai Lantana. Untuk tahu panduan dan tipsnya, simak artikel berikut ini, yuk!

Apa Itu Bonsai Lantana?

pinterest.com
 

Bonsai merupakan jenis tanaman hias berupa pohon yang dikerdilkan pada pot dangkal untuk dijadikan sebagai dekorasi berupa miniatur dari bentuk pohon aslinya. Adapun, tanaman lantana sendiri merupakan spesies tanaman bunga dari keluarga Verbenaceae, serta merupakan tanaman asal daerah tropis di Amerika yang dapat mengeluarkan bunga beraneka bentuk dan warna.

Di Indonesia sendiri, tanaman Lantana kerap dikenal dengan sebutan Tahi Ayam atau Tembelekan, serta kerap dijadikan sebagai bonsai dengan bentuk yang sangat beragam dan bisa dikreasikan berdasarkan selera. Memiliki tampilan yang cantik melalui bunga berwarna-warni, bonsai Lantana pun sangatlah mudah dalam segi perawatan sehingga cocok ditempatkan di hunian untuk menambah kesan asri dan estetik. 

Persiapan Pembuatan Bonsai Lantana

blogspot.com

Untuk membuat tanaman bonsai Lantana, kamu perlu menyiapkan sejumlah bahan dan peralatan. Pertama-tama, pastikan kamu memilih bibit dari bonsai Lantana yang berkualitas agar tanaman bisa tumbuh secara maksimal. Selain itu, siapkan juga bahan berupa pasir, tanah, kayu, bebatuan, serta peralatan seperti pot dan gunting. 

Cara Membuat Bonsai Lantana

pinterest.com

Saat hendak membuat bonsai Lantana, pertama-tama kamu harus meletakkan batang bonsai Lantana di dalam pot dengan ukuran yang disesuaikan. Untuk lapisan atas bonsai di dalam pot, kamu harus menggunakan media tanam yang gembur dengan ukuran tidak boleh melebihi 35 cm. Kemudian, lapisan kedua di dalam pot adalah media tanam yang bersifat lunak dan mampu menyalurkan air dengan baik.

Sementara, lapisan terbawah biasanya menggunakan bebatuan yang kedap air. Setelah proses tersebut kamu lakukan, selanjutnya kamu dapat memadatkan media tanam dan tancapkan kayu agar tanaman kokoh dan tidak mudah ambruk.   

Tips Merawat Bonsai Lantana

pinterest.com
 

Setelah kamu selesai membuat bonsai Lantana, kamu harus melakukan sejumlah perawatan agar tanaman dapat tumbuh secara maksimal. Pastikan, kamu menggunakan pupuk perangsang agar bonsai Lantana dapat berbunga. Selain itu, tambahkan juga vitamin agar pertumbuhan bonsai Lantana dapat berlangsung secara alami dan maksimal.

Terkait penempatannya, pastikan kamu menyimpan bonsai Lantana di area terbuka dan terkena sinar matahari langsung karena jika disimpan di area tertutup dan lembap, terdapat kemungkinan bahwa bonsai Lantana akan sulit berbunga. Jangan lupa juga untuk memotong tangkai secara berkala serta siram bonsai Lantana satu kali sehari pada pagi ataupun sore hari. 

Tips Membentuk Bonsai Lantana

medium.com

Tanaman bonsai identik dengan bentuknya yang beragam, termasuk bonsai Lantana, di mana kamu juga bisa membentuknya sesuai keinginan. Namun, kamu harus sedikit bersabar karena proses ini sebaiknya dilakukan sewaktu batang sudah mulai kuat. Saat membuat bonsai Lantana, kamu juga sebaiknya membuat rangka bonsai terlebih dulu menggunakan kawat. Sementara itu, hasilnya biasanya akan terlihat dalam satu bulan.

Bagaimana, mudah sekali, bukan membuat bonsai Lantana sendiri? Selain tips di atas, temukan juga berbagai artikel informatif lain seputar berkebun, rumah, ataupun desain interior melalui Dekoruma! Beberapa di antaranya ada artikel mengenai inspirasi desain rumah Japandi, tips memaksimalkan pencahayaan alami, cara mengusir tikus, hingga cara membasmi kutu kucing!

Jangan lupa lengkapi juga hunianmu dengan aneka furnitur yang multifungsi dan efisien, ya! Dengan demikian, hunian pun akan jadi lebih hemat tempat alias space-saving. Tidak perlu bingung mencarinya karena kamu pun bisa menemukan furnitur multifungsi dengan harga yang bersahabat di Dekoruma! Mulai dari meja belajar, sofa bed, kursi malas, hingga tempat tidur, semuanya ada.

Tersedia pula aneka peralatan dapur dari merek-merek ternama untuk kebutuhan memasakmu. Dekoruma jual KitchenAid, Danari, Oxone, Bolde, dan masih banyak lagi. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!