Serba-serbi Material
Aluminium Composite Panel

Ada banyak jenis material untuk pembuatan rumah. Bahkan, kamu pun bisa menyesuaikan pemilihan material berdasarkan kebutuhan, budget, dan menurut hasil akhirnya agar sesuai dengan konsep bangunan yang ingin diusung. 

Dari sekian banyak material untuk bangunan, salah satu yang saat ini sedang populer adalah aluminium composite panel. Nah, jika kamu berencana mengaplikasikan aluminium composite panel pada hunian ataupun jenis bangunan lainnya, pastikan kamu tahu dulu serba-serbinya melalui ulasan Kania pada artikel berikut!

Apa Itu Aluminium Composite Panel?

pinterest.com

Aluminium composite panel adalah material yang diproduksi dari bahan polyethylene serta dilapisi oleh lembaran aluminium di kedua sisinya. Adapun, aluminium composite panel sendiri memiliki bentuk yang kuat dan kaku, tapi bobotnya cenderung ringan sehingga mempermudah proses pemasangan. 

Penggunaan Aluminium Composite Panel

bestor.eu

Sebelumnya, material aluminium composite panel banyak digunakan sebagai bahan pelapis dinding interior maupun eksterior pada bangunan komersial karena dianggap bisa menonjolkan kesan artistik serta mewah pada fasad bangunan. Namun, kini penggunaan material ini tak sekadar diadopsi pada bangunan seperti perkantoran saja, sebab penggunaanya juga diadopsi pada hunian tempat tinggal. Sementara itu, untuk pemakaian di bagian interior hunian, kamu bisa memanfaatkan aluminium composite panel untuk membuat partisi, plafon, bahkan penutup kolom.

Jenis Aluminium Composite Panel

us.prefa.com

Di pasaran, terdapat dua jenis aluminium composite panel yang bisa kamu temukan. Pertama adalah
aluminium composite panel polyester
yang sangat cocok digunakan untuk dinding interior. Selain itu, ada pula aluminium composite panel polyvinyl de flouride yang lebih cocok digunakan di bagian eksterior dan bisa dikombinasikan dengan material lain, seperti panel kanopi ataupun kaca. 

Kelebihan Aluminium Composite Panel

stacbond.com

Ada banyak sekali keunggulan yang ditawarkan oleh material ini. Pertama, aluminium composite panel memiliki bobot ringan, yakni sekitar 3,5 kilogram saja per meter persegi sehingga mudah dipasang ataupun dipindahkan. Selain itu, aluminium composite panel juga terbuat dari bahan utama yang bersifat anti korosi, asam, garam, ataupun sinar ultraviolet sehingga lebih tahan lama. 

Termasuk sebagai salah satu material ramah lingkungan karena diproduksi menggunakan bahan aluminium yang didaur ulang, aluminium composite panel juga hadir dengan berbagai pilihan motif ataupun warna. Bahkan, kamu bisa menemukan motif menyerupai marmer hingga kayu sehingga lebih fleksibel untuk digunakan pada berbagai konsep desain rumah

Kekurangan Aluminium Composite Panel

us.prefa.com

Meskipun material ini punya banyak sekali kelebihan, tapi terdapat pula sejumlah kekurangan yang sebaiknya kamu ketahui. Pada beberapa sumber menyebutkan bahwa material inti berupa polyethylene dan lem pengikat ke lapisan aluminium berpotensi mengeluarkan gas beracun dalam kondisi suhu panas tinggi. Pada suhu panas tinggi pula, lapisan inti dari material ini bisa menggelembung sehingga menyebabkan permukaan aluminium menjadi tidak rata dan berpotensi mengganggu tampilannya. 

Kekurangan lainnya, aluminium composite panel juga kurang begitu kuat terhadap tekanan angin sehingga konstruksi bangunan yang menggunakan material ini harus dipastikan kuat agar mengurangi risiko kecelakaan. Selain itu, jika sistem grounding terhadap bangunan utama kurang maksimal, maka lembaran aluminium composite panel bisa berpotensi terkena sambaran petir. 

Itulah serba-serbi mengenai aluminium composite panel yang saat ini tak hanya populer digunakan di bangunan komersial, tapi juga cocok digunakan di hunian modern ataupun minimalis. Jika kamu tertarik memanfaatkan aluminium composite panel, pastikan kamu mengetahui kekurangan ataupun kelebihannya sebagaimana Kania sebutkan di atas, ya!

Temukan ragam informasi bermanfaat lainnya di Dekoruma! Selain soal material, ada juga berbagai inspirasi serta tips dan trik desain untuk hunianmu. Bahkan, di Dekoruma kamu juga bisa sekaligus belanja furniture online, lho! Ada banyak pilihan furnitur multifungsi dan space-saving yang akan membuat fungsi ruang di hunian kamu makin maksimal. Dekoruma jual rak gantung, sofa bed, meja TV, lemari dapur, meja makan, hingga tempat tidur.

Ada juga aneka dekorasi fungsional untuk mempercantik hunianmu. Dekoruma jual lampu gantung, karpet, tirai, cermin, dan hiasan dinding. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!