Japandi Industrial: Pengertian, Ciri-ciri, dan Ide Desainnya

Saat ini, kombinasi konsep desain interior Jepang dengan Skandinavia atau yang disebut juga dengan Japandi sering menjadi buruan para millennial. Paduan antara unsur modern minimalis ala budaya Jepang dengan kasual santai ala Scandinavian memang sukses memberi identitas interior baru pada hunian yang bergaya stylish.

Desain Japandi sendiri merupakan signature style dari Dekoruma dan terbagi menjadi lima gaya atau sub-style, yaitu Japandi Natural, Japandi Modern, Japandi  Urban, Japandi Klasik, dan Japandi Industrial. Nah, pada artikel kali ini, Kania akan mengajak kamu untuk lebih mengenal desain Japandi Industrial. Yuk, langsung saja kita kupas tuntas bareng!

Mengenal Konsep Japandi Industrial

dekoruma.com

Sebagai salah satu yang piawai dalam membuat desain Japandi, tim Dekoruma juga sudah lama menjajaki konsep interior Japandi Industrial. Jika ditilik lebih jauh dari namanya, hunian Japandi industrial prinsipnya mengusung esensi Japandi dengan twist estetika industrial. 

Bisa dibayangkan, style Japandi yang adem dan natural, lalu dipertemukan dengan gaya industrial yang lebih raw, seperti penggunaan dinding bata ekspos, elemen metal, tekstur konkrit, dan konsep open space membuat desain Japandi Industrial terlihat keren dan estetik. Jadi, ada gaya baru yang benar-benar unik, fresh, dan penuh karakter.

Ciri-ciri Japandi Industrial

Setiap konsep desain pasti memiliki karakteristik atau ciri-cirinya sendiri, tak terkecuali Japandi Industrial. Melalui salah satu proyek rumah Japandi Industrial yang didesain oleh tim Dekoruma, Kania akan membahas satu per satu ciri-ciri dari gaya Japandi yang maskulin dan trendy ini. Simak sampai habis, ya!

1. Kombinasi Multi Material

dekoruma.com

Dari segi material, Japandi Industrial tergolong cukup bervariasi. Ini dikarenakan desain Japandi lebih mengarah pada penggunaan material kayu bergaya natural, sedangkan gaya industrial lebih condong pada penggunaan material metal dan bata/konkrit. Hasilnya, hunian Japandi industrial bisa sangat kaya dari segi penyajian bahan, juga lebih banyak peluang yang space-saving dan multifungsi.

Material kayu bisa kamu hadirkan melalui furnitur dan dekorasi, seperti pada coffee table, kaki sofa, atau tempat tidur. Sementara itu, bahan metal atau besi bisa kamu hadirkan melalui kerangka meja TV, tangga, atau lampu gantung.

2. Konsep Serba Terbuka

dekoruma.com

Konsep Japandi adalah lenggang dan fleksibel, sedangkan industrial juga mengambil gaya terbuka ala studio basement atau ruang yang plong. Paduan yang klop ini menjadikan Japandi Industrial ekstra terbuka tanpa sekat-sekat yang kaku. Strategi partisi multifungsi atau aransemen yang lebih luwes bisa dijadikan identitas dari desain Japandi Industrial di hunianmu. Dengan konsep yang terbuka ini, maka Japandi Industrial juga cocok diaplikasikan pada hunian mungil, termasuk apartemen. 

3. Akses Cahaya Maksimal

dekoruma.com

Kamu berpikir kalau Japandi Industrial adalah hunian yang kelam? Justru sebaliknya! Japandi sendiri sangat menyukai palet warna natural yang dekat dengan alam, sedangkan industrial juga harus mahir memanfaatkan celah pencahayaan alami secara maksimal. Alhasil, Japandi Industrial pun didominasi dengan akses cahaya yang ekstra sehingga cocok untuk kamu yang ingin merasakan sensasi unik terang, tapi misterius. 

4. Dekorasi Unik & Khas

dekoruma.com

Hunian Japandi industrial memberikan banyak peluang yang serba luas dalam hal dekorasi. Pilih saja aksesoris atau dekorasi rumah yang multifungsi tanpa keluar dari ciri khas salah satu style ini. Saran dari Kania, coba padukan dekorasi bergaya retro dengan furnitur minimalis natural. Kombinasikan juga dengan lighting unik untuk hasil Japandi Industrial yang tepat sasaran. 

5. Satu Aturan Utama: Anti Boring

dekoruma.com

Japandi Industrial termasuk gaya interior yang baru dan kekinian. Sama seperti semua hal baru, interior ini punya hasil akhir yang mengejutkan dan tidak mudah bikin bosan. Misalnya saja, perpaduan rak kitchen set yang berbeda gaya pada satu dapur yang sama. Atau ada juga motif lantai yang berbeda, hingga sentuhan kecil pada langit-langit bergaya seng terbuka.

Gimana, sekarang kamu sudah lebih mengenal gaya desain Japandi Industrial, ‘kan? Tertarik untuk mengaplikasikannya pada hunianmu? Kalau masih bingung, kamu bisa konsultasikan dulu dengan tim desain interior Dekoruma.

Selain itu, di Dekoruma juga tersedia aneka furnitur multifungsi dan space-saving yang cocok untuk hunian Japandi, lho. Beberapa di antaranya, ada tempat tidur, lemari, meja TV, sofa bed, dan meja makan. Harganya pun sangat terjangkau. Yuk, wujudkan rumah impianmu sekarang dan ciptakanlah momen indah bersama keluarga!