Aneka Jenis Tanaman Rambat yang Siap Hiasi Eksterior Rumahmu

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat suasana rumah tampak asri. Salah satunya, kamu bisa menghadirkan tanaman, baik di bagian eksterior maupun interior agar hunian lebih sejuk dan menambah nilai estetika. 

Jika kamu berencana menghias eksterior rumah dengan tanaman, kamu bisa menghadirkan tanaman rambat di bagian atap, pagar, bahkan kanopi. Adapun, tanaman rambat sendiri hadir dalam berbagai jenis yang tentu saja bisa disesuaikan menurut selera ataupun kebutuhan. 

Pada artikel kali ini, Kania akan mengajak kamu untuk melihat jenis tanaman rambat apa saja yang bisa digunakan untuk mempercantik rumah. Untuk tahu selengkapnya, langsung saja kita intip jenis-jenis tanaman rambat di bawah ini!  

Tanaman Bougenville

pinterest.com

Tanaman rambat Bougenville atau biasa disebut dengan bunga kertas sangatlah populer di Indonesia. Tanaman rambat yang satu ini dapat kamu pasang pada pergola, kanopi, ataupun atap, serta memiliki bunga dengan warna-warni cerah seperti pink, ungu, hingga kuning. Nah, jika kamu ingin tampilan eksterior hunian lebih bold dan klasik, tapi tetap asri, maka tanaman rambat satu ini sangatlah pas untuk ditanam! 

Tanaman Rambat Dolar

google.com

Ada pula tanaman Dolar atau biasa disebut juga dengan nama Daun Jawa. Tanaman rambat satu ini juga cocok dipasang di bagian eksterior rumah, khususnya pada dinding ataupun pagar. Tak hanya dapat mempercantik rumahmu, tanaman rambat ini pun memiliki banyak manfaat, seperti obat diare bahkan untuk menetralisir radikal bebas.

Tanaman Rambat Curtain Creeper

blogspot.com

Selanjutnya adalah tanaman rambat Curtain Creeper yang memiliki istilah lain, yakni tanaman janda merana ataupun tanaman Lee Kwan Yew yang diambil dari seorang negarawan asal Singapura. Tanaman rambat satu ini memiliki bentuk yang sangat unik karena dapat tumbuh seperti tirai sehingga sangat cocok dipasang untuk menutupi kanopi ataupun balkon. 

Tanaman Rambat Alamanda

thespruce.com

Jika kamu ingin menggunakan tanaman rambat cantik dan memiliki bunga warna-warni, kamu juga bisa memasang tanaman rambat Alamanda. Tanaman rambat ini sangat cocok dipasang di pergola taman ataupun kanopi karena dapat menghasilkan bunga cantik berwarna pink ataupun kuning, serta bentuk unik seperti terompet.  

Tanaman Rambat Mandevilla

trulyexperiences.com

Referensi tanaman rambat lain yang cocok kamu gunakan untuk mempercantik area dinding luar rumah ataupun pagar adalah tanaman Mandevilla. Sama seperti Alamanda, tanaman rambat satu ini juga memiliki bunga dengan warna yang sangat beragam, mulai dari pink, merah, hingga putih. 

Tanaman Rambat Morning Glory

almanac.com

Selanjutnya adalah tanaman rambat Morning Glory. Tanaman rambat ini memiliki ketahanan yang baik terhadap panas sehingga cocok dipasang di hunian beriklim tropis seperti Indonesia. Yang menarik, tanaman ini memiliki bunga berwarna unik, seperti ungu, biru, bahkan pink, serta dapat mengeluarkan wangi yang sangat semerbak sehingga memberikan efek segar di hunian. 

Tanaman Rambat Ivy

gardeningknowhow.com

Referensi tanaman rambat terakhir yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik rumah adalah tanaman Ivy. Yang menarik, tanaman rambat satu ini dapat tumbuh dengan cepat dan dapat menghasilkan daun lebat sehingga siap memberikan kesan sejuk di hunian tanpa perlu melakukan perawatan ekstra. 

Ketujuh referensi tanaman rambat di atas tak hanya dapat mempercantik tampilan eksterior hunian, tapi juga sangat efektif untuk memberikan efek sejuk. Keberadaannya pun cukup mudah ditemukan di pasaran. Yuk, segera hias bagian luar rumahmu dengan tanaman rambat agar tampilannya makin menawan!

Temukan ragam informasi seputar berkebun lainnya di Dekoruma! Selain soal bercocok tanam, ada juga berbagai inspirasi serta tips dan trik desain untuk hunianmu. Bahkan, di Dekoruma kamu juga bisa sekaligus belanja furniture online, lho! Ada banyak pilihan furnitur multifungsi dan space-saving yang akan membuat fungsi ruang di hunian kamu makin maksimal, seperti coffee table, meja TV, sofa bed, dan kursi makan minimalis. Yuk, langsung saja kepoin laman Dekoruma!