Panduan Menerapkan Urutan Skincare yang Tepat

Modern ini masyarakat semakin sadar akan pentingnya mengaplikasikan skincare setiap hari. Berkat skincare, kulit wajah menjadi lebih sehat, bebas jerawat dan komedo, serta tampil kinclong. Kebiasaan yang baik ini tidak mengenal gender dan umur. Dari muda sampai tua, dari perempuan hingga laki-laki, semua membutuhkannya. Namun, apa semua orang sudah tahu urutan skincare yang benar?

Sebagian besar orang masih kebingungan karena ada banyak produk skincare yang perlu digunakan. Harus hati-hati, ya. Pasalnya, salah urutan skincare dapat mengakibatkan produk tidak bekerja efektif. Bahkan, bisa membuat kulit wajah iritasi. Kalau kamu belum tahu, simak dan catat urutan pemakainannya bersama Kania di bawah ini!

1. Micellar Water

cnfstore.com

Urutan skincare yang pertama adalah micellar water. Langkah awal ini hanya diperuntukkan skincare malam. Untuk pagi hari, silakan lewati penggunaan micellar water. Produk yang satu ini berguna untuk menghapus make up yang menutupi wajah sekaligus debu yang menempel. Gunakan micellar water yang sesuai dengan jenis kulit masing-masing untuk menghindari iritasi, serta yang paling ampuh mengangkat sisa make up waterproof.

2. Sabun Pembersih Wajah

wellandgood.com

Sabun pembersih wajah merupakan produk yang pasti ada di atas rak kamar mandi kamu. Ini adalah urutan skincare lanjutan setelah menggunakan micellar water di malam hari. Namun, untuk urutan skincare pagi hari, produk ini jadi pembukanya. Sabun pembersih wajah digunakan untuk menghilangkan minyak dan kotoran di kulit. Ketika kulit wajah sudah bersih, produk skincare lainnya akan lebih mudah meresap ke dalamnya.

3. Toner

byrdie.com

Urutan skincare berikutnya adalah toner. Pada dasarnya, toner berfungsi untuk mengangkat sisa kotoran dan minyak yang tidak terangkat oleh sabun pembersih wajah. Namun, toner sendiri ada banyak jenisnya sehingga kamu bisa pilih yang sesuai dengan kondisi kulit wajah. Ada yang sekaligus diformulasikan untuk mengempiskan jerawat, mengangkat sel kulit mati, dan mengembalikan pH kulit.

4. Essence

pinterest.com

Apabila penggunaan toner saja terasa masih kurang, kamu bisa melanjutkan urutan skincare dengan esscence. Produk ini berbahan dasar air yang bermanfaat untuk melembapkan, menenangkan kulit, mencegah penuaan, dan membantu produk skincare berikutnya lebih mudah meresap.

5. Serum Wajah

healthline.com

Serum wajah biasanya berupa cairan dengan tekstur yang ringan. Di dalamnya terdapat zat aktif yang cepat meresap ke dalam kulit wajah. Kamu hanya perlu mengoleskannya ke seluruh permukaan kulit, lalu menepuk-nepuk ringan untuk membantu proses penyerapan. Diamkan beberapa saat hingga kering sebelum melanjutkan urutan skincare berikutnya.

6. Sheet Mask

theklog.co

Apabila kamu melakukan skincare malam hari, silakan akhiri urutan skincare dengan menggunakan sheet mask. Fungsinya untuk melembapkan dan menenangkan kulit wajah. Untuk kamu yang memiliki kulit wajah kering, sangat disarankan untuk menggunakan sheet mask karena tekstur cairannya agak kental dan lebih tahan lama untuk melembapkan. Penggunaan sheet mask bisa digantikan dengan sleeping mask.

7. Pelembap

freepik.com

Untuk skincare di pagi hari, kamu dapat lanjut menggunakan pelembap setelah memakai serum wajah. Jadi, produk sheet mask bisa dilewati. Nah, apabila kulitmu tipe berminyak atau sudah merasa cukup lembap usai menggunakan essence, maka urutan skincare yang satu ini boleh diabaikan. Penggunaan krim pelembab akan terasa lebih maksimal jika dioleskan merata dengan pijatan ringan.

8. Tabir Surya

skincare.com

Penutup urutan skincare untuk pagi hari adalah tabir surya. Fungsinya untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV yang dapat memicu penuaan serta peradangan kulit wajah. Setidaknya. pilihlah tabir surya dengan SPF 30. Semakin besar angka SPF, semakin lama daya tahannya. Oleskan tabir surya secara merata, sekitar 15-30 menit sebelum keluar rumah. Setelah menggunakan tabir surya, silakan gunakan riasan wajah.

Setelah menyimak urutan skincare tadi, ternyata tidak membingungkan, bukan? Tinggal diikuti saja. Kalau kamu belum hafal, tempelkan catatan urutan skincare pada meja rias di kamar. Lama-lama akan terbiasa, kok. Semoga bermanfaat!

Jangan lupa baca juga artikel dengan informasi menarik lainnya di Dekoruma, ya! Selain menyediakan artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur kekinian untuk hunianmu, lho. Ada pula furnitur multifugsi dan space-saving yang bisa membuat hunian lebih efisien dan maksimal. Di antaranya, ada meja makan, sofa bed, kursi malas, rak gantung, dan juga tempat tidur. Harganya pun ramah di kantong. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan wujudkanlah rumah impianmu karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!