Inspirasi Penerapan Konsep Open Space 

Memiliki hunian di lahan terbatas seringkali memaksa penghuninya untuk pintar menata ruang. Kehadiran dinding yang membatasi lokasi antar ruang menjadi masalah tersendiri lantaran membutuhkan banyak lahan dan tampilan interior jadi semakin sumpek. Solusinya, kamu bisa menerapkan konsep open space.

Konsep open space pada dasarnya adalah meniadakan dinding penyekat di dalam satu area besar. Jadi, di area tersebut bisa terdapat ruang makan, dapur, dan ruang keluarga sekaligus. Hunian tidak hanya terlihat lebih lapang, tapi juga memiliki sirkulasi udara dan cahaya yang baik.

Saat menerapkan konsep open space pada hunian, Kania sarankan kamu lebih berhati-hati agar interior tetap rapi dan menarik. Yuk, simak ide penerapannya pada hunian Japandi berikut ini sebagai inspirasimu!

Sama Sekali Bebas Sekat

dekoruma.com

Rumah mungil bergaya Japandi ini memiliki ruang tamu dan ruang makan yang menjadi satu. Sama sekali tidak ada sekat yang digunakan di antara kedua ruangan. Untuk memberi batas bayangan di antara kedua ruangan ini, ada tanaman hijau dalam pot di samping sofa.

Desain masing-masing ruangan berkonsep open space ini pun dibedakan untuk kesan yang lebih fresh. Ruang tamu didesain secara minimalis, sedangkan ruang makan memiliki sentuhan ala industrial yang ditampilkan melalui lampu gantung.

Makin Lapang dengan Cermin

dekoruma.com

Tujuan utama menerapkan konsep openspace adalah untuk membuat hunian lebih lapang. Penggunaan cermin dapat melengkapi tujuan tersebut. Pasanglah cermin di sebagian dinding hunian. Cermin juga bersifat multifungsi karena bisa dijadikan sebagai dekorasi modern. Setelah itu, padukan dengan warna-warna khas Japandi pada furnitur, seperti putih, cokelat, dan biru pastel.

Partisi Kayu Minimalis

dekoruma.com

Konsep open space memang tidak menggunakan dinding pemisah, tapi bukan berarti privasi penghuni harus dikorbankan. Apabila memang membutuhkan privasi saat beraktivitas di dalam hunian open space, gunakan saja partisi minimalis dari kayu yang khas ala Japandi. Desainnya berupa kisi-kisi kayu dan ukurannya tergolong mungil supaya spacesaving alias hemat tempat. Dengan partisi tersebut, sudah cukup untuk menghalangi pandangan dari ruang tamu ke dapur.

Terhubung ke Taman

dekoruma.com

Hunian bergaya Japandi erat dengan nuansa alami. Hal ini diwakili dengan tanaman hijau. Kamu bisa membuat konsep open space di mana bagian ruangan terhubung ke taman. Area taman ini dibatasi dengan pintu kaca. Ruangannya dimanfaatkan sebagai area makan, nonton, sekaligus untuk bermain piano.

Semua area ini didominasi warna putih dengan elemen-elemen kayu berwarna cokelat muda. Hiasannya berupa lampu gantung dan lukisan minimalis. Asri dan lapang, ya?

Tempat Berkumpul yang Nyaman

dekoruma.com

Konsep open space dalam hunian Japandi ini cocok untuk keluarga besar. Ruang utamanya terdiri dari ruang keluarga dan meja makan yang berada dalam satu garis lurus. Sementara itu, dari ruang makan tersambung ke dapur dan di belakang sofa ruang keluarga terdapat kabinet multifungsi khas Japandi sebagai pembatas dengan ruang tamu di area paling depan. Setiap saat, semua anggota keluarga dapat berkumpul di satu tempat yang diinginkan.

Setidaknya, ada tiga perpaduan warna pada hunian open space ini. Warna abu-abu pada tirai dan sofa, warna khas kayu pada kitchen set, meja makan, dan kabinet, serta warna putih yang menghiasi dinding. Meskipun di satu area ini terdapat banyak ruangan, tapi berkat konsep open space tidak terlihat sumpek, ‘kan?

Semoga kamu mendapatkan inspirasi dari kelima ide konsep open space pada hunian Japandi tadi, ya! Jika kamu ingin hunian lebih lapang dan space-saving, terapkan juga gaya hidup Japandi dalam keseharian. Manfaatkan perabotan dan furnitur multifungsi, simpan peralatan dengan baik, serta usahakanlah hanya menghadirkan benda yang sifatnya esensial!

Kalau kamu masih bingung dalam menerapkan konsep open space, kamu bisa menggunakan jasa desain interior dari Dekoruma, lho! Dijamin desainnya efisien, space-saving, dan pastinya sesuai keinginanmu!

Selain itu, Dekoruma juga menyediakan aneka furnitur multifungsi dan space-saving untuk hunianmu. Dekoruma jual rak dinding, sofa, meja TV, meja & kursi makan, tempat tidur, dan rak sepatu. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!