Mengenal Mbaru Niang, Rumah Adat NTT di Wae Rebo

Jumlah suku di Indonesia ada banyak. Tidak heran kalau rumah adat di Nusantara pun sangat beragam. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah rumah adat NTT yang bernama Mbaru Niang. Rumat adat NTT yang satu ini terkenal karena bentuknya yang unik, sekaligus sudah diakui sebagai warisan budaya UNESCO Asia-Pasific sejak tahun 2012.

Mbaru Niang merupakan rumah adat NTT yang hanya ada di Wae Rebo. Ini merupakan kawasan kampung adat yang berada di pegunungan wilayah Manggarai. Banyak keunikan dari rumah ini yang bisa membuatmu terkagum-kagum.

Pada artikel kali ini, Kanian akan mengajak kamu berkenalan dengan Mbaru Niang, rumah adat NTT yang sangat eksotis. Dijamin, kamu pasti ingin segera melihatnya langsung di Wae Rebo!

Berbentuk Limas

blogspot.com

Hal yang paling mencolok mata ketika melihat rumah adat NTT Mbaru Niang adalah bentuknya yang menyerupai kerucut. Namun, jika kamu benar-benar memperhatikan, bentuk keseluruhan dari rumah Mbaru Niang nyatanya adalah limas, di mana selimutnya berbentuk kerucut, sedangkan alasnya berbentuk lingkaran.

Bentuk ini pun punya filosofi tersendiri, loh! Dalam budaya Wae Rebo, bentuk kerucut menjadi simbol perlindungan dan persatuan rakyat. Sementara itu, bentuk lingkaran pada lantai rumah adat NTT ini melambangkan harmonisasi dan keadilan dalam keluarga maupun warga.

Atap Daun Lontar

travelspromo.com

Tentunya atap Mbaru Niang bukanlah terbuat dari genting keramik, seng, ataupun tanah liat. Atap rumah adat NTT ini juga bukan menggunakan ijuk, walaupun kamu akan melihat keseluruhan rumah seperti ditutupi ijuk sampai menyentuh tanah. Atap dari rumah adat NTT ini justru terbuat dari daun lontar. Unik banget, ya?

Bangunan Tanpa Paku

breakingtravelnews.com

Hal unik lainnya, kamu tidak akan menemukan paku dalam bangunan rumah adat NTT yang satu ini. Sebagai gantinya, pengait antar bagian dalam rumah Mbaru Niang biasa memakai tali rotan. Jangan ragukan kekuatannya. Nyatanya, rumah adat NTT ini mampu bertahan di area pegunungan yang cenderung berangin.

Lantai Tidak Menyentuh Tanah

straitstimes.com.sg

Sepintas kamu tidak akan menyangka kalau Mbaru Niang merupakan rumah panggung. Ini karena ijuk yang menjadi dinding selimut bangunan menjulur hingga tanah. Namun, kenyataannya rumah adat NTT ini mempunyai kolong rumah yang tingginya sampai satu meter. Model rumah panggung ini sendiri berdasarkan aturan leluhur masyarakat Wae Rebo yang menyatakan bahwa lantai rumah tidak boleh menyentuh tanah.

Rumah Komunal

youtube.com

Biasanya, satu rumah hanya ditinggali oleh satu keluarga, bukan? Namun, hal itu tidak terjadi pada rumah adat NTT yang ada di kawasan Wae Rebo. Tiap rumah Mbaru Niang yang ada dalam kawasan ini biasanya ditempati oleh 6—8 keluarga. Bisa bayangkan betapa ramainya kondisi di dalam rumah adat ini?

Punya 5 Lantai

archnet.org

Mbaru Niang merupakan rumah adat NTT yang memiliki tinggi sampai 15 meter. Bukan tanpa alasan, melainkan karena Mbaru Niang ternyata memiliki lima lantai, lho! Apakah kamu pernah menyangkanya?

Setiap lantai punya fungsi yang berbeda. Lantai pertama merupakan tempat berkumpul dengan diameter 11 meter. Tingkatan kedua dari rumah adat NTT ini adalah area loteng untuk menyimpan bahan makanan dan barang keperluan sehari-hari.

Lantai ketiga dijadikan ruangan penyimpanan benih-benih tanaman pangan. Lalu, lantai keempat digunakan untuk meyimpan stok makanan jika suatu saat terjadi kekeringan akibat musim kemarau atau gagal panen. Barulah pada lantai lima dijadikan sebagai ruangan untuk menaruh sesajian.

Jumlah Selalu Tetap

ensiklopediaindonesia.com

Rumah adat NTT yang ada di Wae Rebo ini jumlahnya selalu tetap dari sejak sebelum abad ke-18. Jumlah rumah Mbaru Niang di Wae Rebo selalu ada tujuh. Angka 7 melambangkan arti penghormatan pada tujuh arah gunung yang ada di sana yang diyakini menjadi pelindung kampung adat tersebut.

Sangat banyak, bukan keunikan dari rumah adat NTT yang satu ini? Selain memicu keinginan untuk pergi ke Wae Rebo melihat rumah adat NTT ini secara langsung, apakah kamu termasuk salah satu yang terinspirasi untuk membuat rumah menyerupai desain Mbaru Niang?

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya! Selain artikel, kamu juga bisa menemukan aneka furnitur kekinian dengan harga terjangkau untuk hunianmu, lho. Mulai dari furnitur esensial, seperti meja, kursi, dan lemari, hingga furnitur yang multifungsi dan space-saving, seperti coffee table dan tempat tidur yang dilengkapi

storage,
semuanya ada!

Dekoruma juga jual spring bed berkualitas dengan berbagai ukuran, material, dan merek. Di antaranya ada spring bed The Luxe, Comforta, Dunlopillo, dan King Koil. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!