Tips Menentukan Ukuran Bathtub yang Tepat

Memiliki bathtub di kamar mandi hunian terdengar sangat menarik. Interior kamar mandi jadi terlihat lebih mewah dan kamu bisa menikmati beragam manfaat saat berendam di dalamnya. Bayangkan saja dulu, betapa rileksnya berendam air panas usai bekerja seharian. Apalagi kalau ukuran bathtub-nya pas dengan tubuh kita. Kaki bebas bergerak, bersandar pun terasa nyaman.

Lalu, bagaimana cara mengetahui ukuran bathtub yang paling ideal untuk masing-masing orang? Simak panduannya dari Kania berikut ini, yuk!

1. Sesuaikan Panjang Bathtub

pixabay.com

Saat hendak menentukan ukuran bathtub, pertama-tama perhatikan sisi panjangnya. Cara menentukannya sangat mudah, yaitu sesuaikan dengan tinggi tubuhmu. Andaikan kamu memiliki tinggi 170 cm, maka pilihlah ukuran bathtub dengan panjang 170 cm. Jika tidak menemukan bathtub yang panjangnya 170 cm, pilihlah yang lebih panjang. Hindari memilih ukuran yang lebih pendek karena membuat gerak kakimu terbatas. Bukannya rileks, tubuh malah jadi pegal usai berendam.

2. Lebar Bathtub yang Ideal

pixabay.com

Lebar bathtub pada umumnya berkisar pada 75 cm hingga 85 cm. Ukuran bathtub berdasarkan sisi lebar ini perlu disesuaikan dengan lebar bahu. Penggunaan bathtub yang terlalu sempit akan membuat bahu terantuk sisi bathtub. Sementara itu, ukuran bathtub yang terlalu lebar hanya akan membuat tanganmu sulit merentang dan bertumpu di sisi bathtub.

3. Kedalaman yang Tepat

pixabay.com

Untuk orang dewasa, ukuran bathtub yang tepat itu memiliki kedalaman sekitar 60 cm. Dengan kedalaman tersebut, tubuh akan terendam dengan sempurna di dalam air. Kamu pun lebih mudah untuk keluar masuk bak mandi.

Namun, jika kamu memiliki anak-anak, sebaiknya gunakan bathtub terpisah. Anak-anak lebih cocok menggunakan ukuran bathtub dengan kedalaman 40 cm. Hal ini untuk mengurangi risiko kecelakaan, seperti tenggelam atau tergelincir saat memasuki bak. Apabila terpaksa membawa anak bersantai di bak mandi orang dewasa, pastikan untuk selalu mengawasinya. Bila perlu berikan karpet anti slip.

4. Ukuran Bathtub untuk 2 Orang

pixabay.com

Jika kamu hobi berendam berduaan, ukuran bathtub pun perlu disesuaikan. Cara termudah untuk memilih ukurannya adalah berdasarkan tinggi badan dan lebar bahu orang yang paling besar, lalu kalikan 2. Bathtub untuk 2 orang biasanya berbentuk persegi dan bulat.

Ukuran bathtub untuk 2 orang ini memang lebih besar. Jadi, biasanya diletakkan pada kamar mandi utama yang ukurannya sangat luas. Jika luas kamar mandi terbatas, pertimbangkan tempat lain untuk meletakkan bathtub, seperti di taman semi indoor atau di samping kolam renang.

5. Sesuaikan dengan Ukuran Kamar Mandi

pixabay.com

Sudah tahu ukuran bathtub yang ideal untukmu? Jangan lupa untuk menyesuaikannya juga dengan ukuran kamar mandi, ya! Batas maksimal ukuran bathtub sendiri adalah setengah dari luas kamar mandi. Dengan demikian, ada ruang tersisa untuk area shower, closet duduk, dan elemen kamar mandi lainnya. Ukuran bathtub yang terlampau besar dibanding kamar mandi hanya akan membuat ruangan terasa sumpek.

Pada dasarnya, ukuran bathtub yang standar di pasaran adalah 0,9×1,8 meter, 1×1,5 meter, dan 1,5×1,5 meter. Apabila kamu kesulitan untuk menemukan ukuran bathtub yang paling pas, jangan sungkan untuk membuat bathtub custom. Sifatnya permanen, ukurannya lebih pas, bahkan bentuknya bisa dibuat sesuka hati.

Itulah panduan untuk menentukan ukuran bathtub yang ideal untukmu. Selanjutnya, kamu bisa menentukan jenis bathtub yang tepat, desain yang menawan, dan peralatan pendukung lainnya. Sudah siap untuk berendam usai bekerja seharian?

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di Dekoruma! Selain artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur multifungsi dan space-saving untuk hunianmu, lho. Di antaranya, ada kabinet, sofa bed, lemari pakaian, meja TV, dam kursi makan. Modelnya pun bervariasi dan harganya ramah di kantong. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!