Ragam Jenis Background Tanaman Aquascape

Bagi pecinta aquascape atau desain aquarium, bisa mempersembahkan visual yang indah jadi kepuasan tersendiri. Dengan tambahan dekorasi background tanaman, aquascape bisa terlihat lebih dari sebuah kotak kaca, yaitu bagian dari alam yang memesona. Ini sebabnya, banyak yang gemar menjajaki jenis background tanaman.

Lalu, background tanaman aquascape apa saja, ya yang bisa digunakan untuk hasil terbaik? Yuk, simak pilihan Kania berikut ini!

1. Vallisneria

sakherbazar.com

Sering disebut sebagai background tanaman paling ajaib, jenis Vallisneria bisa dengan mudah mentransformasi akuarium jadi cantik. Ini karena background tanaman Vallisneria mudah tumbuh tinggi dan punya gemulai indah saat diterpa air. Buat kamu yang ingin solusi aquascape mudah dan tampak elegan, boleh deh coba tambahkan tanaman ini sebagai background-nya. 

2. Pogostemon Stellatus

aquaflora.com.ua

Salah satu background tanaman yang unik bernama Pogostemon Stellatus juga punya nama julukan si gurita. Ini karena bentuk helai tangkai daunnya yang seperti tentakel panjang dan melambai indah. Background tanaman ini cocok untuk akuarium berukuran besar atau bagi jenis ikan yang pemalu dan masih kecil. 

3. Brazillian Pennywort

aquaticarts.com

Dengan nama latin Hydrocotyle Leucocephala, spesies background tanaman ini ditandai dengan bentuk daun yang rata dan berbentuk bulat. Sekilas, wujudnya juga seperti payung mini. Sifat background tanaman ini sangat menyukai akses cahaya. Jadi, boleh banget, nih dijadikan alternatif untuk aquarium yang berada di tempat outdoor. 

4. Water Sprite

aquariumcarebasics.com

Bentuknya padat dan rapat, ini dia background tanaman aquascape yang cukup favorit bernama Water Sprite. Karena sifatnya yang padat pula, jenis tanaman ini sangat ideal untuk ternak ikan karena bisa melindungi saat mereka masih kecil. Background tanaman Water Sprite sangat mudah tumbuh dengan cepat, sekaligus bisa menjadi filter air alami. 

5. Amazon Sword

blogspot.com

Salah satu yang paling populer, background tanaman Amazon Sword tampil secantik namanya. Dikenal juga dengan nama Echinodorus Amazonicus, bentuknya agak besar, berdaun lebar, dan tumbuh dalam bentuk kelompok. Tidak hanya warna hijau, ada pula varian berdaun warna merah yang bisa mempercantik aquascape atau akuarium ikan kamu. 

6. Bacopa Caroliniana

shopify.com

Background tanaman dengan kluster daun berbentuk oval dan bertangkai panjang, si indah ini bisa terus tumbuh menjulang melewati batas air permukaan. Semakin banyak akses cahaya matahari, maka warna background tanaman ini juga menjadi kemerahan. 

7. Pearl Weed

shopify.com

Untuk spesies background tanaman aquascape yang cukup fleksibel, gunakan saja jenis ini yang tidak hanya bisa digunakan sebagai background, tetapi juga di bagian depan atau bagian tengah sesuai keinginanmu. Pada berbagai posisi, background tanaman ini sifatnya tumbuh padat dan rapat sehingga cocok untuk ikan jenis nano, udang kecil, dan sejenisnya untuk daerah berlindung. 

8. Alternanthera Reineckii “Roseafolia”

atagaleri.net

Di antara banyaknya background tanaman aquascape, jenis ini termasuk yang berukuran pendek. Akan tetapi, Roseafolia layak dipertimbangkan karena warna daunnya yang merah cantik merona. Jika ditempatkan sebagai background tanaman, akuarium akan terlibat lebih ceria. Dengan paparan cahaya alami dari matahari yang cukup, bahkan warna daunnya bisa menjadi lebih keunguan yang makin indah.

9. Tiger Lotus

blogspot.com

Salah satu background tanaman cantik yang bisa dengan mudah jadi centerpiece aquarium milikmu adalah Tiger Lotus. Tanaman ini memang super atraktif dari segala segi. Ukurannya cenderung besar dengan gaya daun yang mekar indah. Nah, supaya background tanaman ini bisa tumbuh indah, pastikan bagian akarnya tidak tertutup semua, tetapi biarkan terekspos sedikit. 

10. Crinum Calamistratum

shopify.com

Butuh background tanaman yang lebih tahan banting? Jika jenis ikan hias yang dipelihara tergolong nakal dan sering menggigiti tanaman, ini solusi terbaiknya! Jenis Crinum Calamistratum sangat tangguh dan tidak mudah rusak. Background tanaman ini memiliki laju perkembangan yang lambat dan membutuhkan sinar matahari dengan intensitas sedang ke tinggi. 

Pilihan background tanaman di atas, semuanya cocok loh untuk para pemula di dunia aquascape. Dari semuanya, mana nih yang menarik perhatianmu? Selamat menata cantik aquascape kamu dengan background tanaman!

Temukan ragam informasi seputar hobi aquascaping lainnya di Dekoruma! Selain soal pemeliharaan ikan, ada juga berbagai inspirasi serta tips dan trik desain untuk hunianmu. Bahkan, di Dekoruma kamu juga bisa sekaligus belanja furniture online, lho! Ada banyak pilihan furnitur multifungsi dan space-saving yang bisa membuat ruangan di hunian kamu makin efisien dan maksimal, seperti sofa bed, rak dinding, kabinet minimalis, hingga meja makan. Yuk, langsung saja kepoin laman Dekoruma!