Hal yang Perlu Dilakukan agar Tidak Terjebak Mafia Tanah

Pernah dengar kasus ketika seseorang membeli tanah, tahunya tanahnya bersengketa? Atau pernah dengar cerita ada kepemilikan tanah atau properti yang tiba-tiba berpindah tangan? Biasanya, itu ulah dari mafia tanah. Buat kamu yang saat ini sedang mengincar membeli tanah atau properti, kamu wajib hati-hati dengan keberadaan para mafia tanah tersebut!

Membeli tanah atau properti niatnya pasti ingin untuk ditinggali atau sebagai investasi. Namun, kalau membeli atau menjual properti yang sudah dipunya ke mafia tanah, di kemudian hari kamu pasti kewalahan karena tanah kamu memiliki potensi bersengketa atau kepemilikannya berpindah.

Nah, supaya masalah-masalah itu nggak terjadi pada kamu, biasakanlah melakukan beberapa cara sebelum membeli dan menjual tanah. Berikut Kania punya beberapa tips dan trik jitu supaya kamu nggak terjebak dengan ulah para mafia tanah yang nakal!

Hindari Beli Tanah Girik

thecreativehomeimprovement.com

Girik memang bukti kepemilikan. Namun, girik juga sangat mudah dimanipulasi oleh orang-orang tidak bertanggung jawab seperti mafia tanah. Nggak perlu heran kalau akhirnya banyak kasus pembelian tanah dengan bukti girik ujung-ujungnya pasti bersengketa. Pemerintah sendiri sudah mengeluarkan aturan pelarangan pembuatan girik untuk tanah maupun properti lain. Biasakanlah mencari tanah yang sudah memiliki sertifikat resmi.

Cek Keaslian Sertifikat

facebook.com

Sertifikat bisa saja langsung ditunjukkan ke kamu oleh penjual ketika hendak membeli tanah. Namun, jangan terlena. Bisa saja itu sertifikat palsu yang dibuat mafia tanah. Cobalah untuk mengecek keaslian sertifikat tanah tersebut ke Badan Pertanahan Nasional maupun daerah. Sekarang, kamu juga bisa mengecek sertifikat tanah secara online.

Jangan Pinjamkan Sertifikat

livemint.com

Meminjamkan sertifikat tanah maupun properti ke siapa pun adalah sebuah pantangan. Kamu nggak akan tahu apakah orang yang kamu beri pinjaman tersebut adalah mafia tanah atau bukan. Memberikan sertifikat tanah ke seseorang hanya akan membuatnya memperoleh kesempatan untuk menjadi mafia tanah dengan memalsukan sertifikat tersebut sampai bisa mengganti kepemilikan dari tanah maupun properti yang ada di sertifikat.

Tanda Batasan Tanah Harus Jelas

britannica.com

Selain dengan sertifikat, kamu harus memberikan tanda kepemilikan terhadap tanah yang kamu punya dengan memberi tanda batasan fisik yang jelas. Contohnya, kamu bisa menggunakan pagar. Ini karena tanah yang nggak punya batasan jelas sering kali dimanfaatkan oleh mafia tanah untuk dibuatkan “sertifikat palsu” dengan memecah-mecah area luas tanah yang kamu miliki.

Bertemu Langsung dengan Pembeli atau Penjual

nerdwallet.com

Kalau mau melakukan transaksi jual beli tanah, pastikan kamu bertemu langsung dengan pembeli atau penjualnya untuk melakukan negosiasi. Langsung tolak apabila partner jual beli kamu menawarkan perwakilan karena bisa jadi itu merupakan komplotan mafia tanah yang mau menipu kamu.

Selektif Pakai Jasa Notaris

dehlaw.com

Memakai jasa notaris untuk mengurus proses pembelian atau penjualan tanah memang terlihat lebih mudah dan aman. Namun, kamu tetap harus berhati-hati. Pasalnya, beberapa notaris ternyata merupakan bagian sindikat dari mafia tanah. Supaya nggak bertemu dengan notaris yang seperti itu, biasakanlah selektif ketika hendak memakai jasa notaris. Pastikan kamu memilih notaris yang sudah memiliki reputasi baik.

Buat Akta Jual Beli

twitter.com

Selain sertifikat, buktikanlah kepemilikan atau perpindahan tanah kamu dengan membuat akta jual beli! Akta jual beli akan sangat berguna untuk mengurus proses balik nama. Lewat akta jual beli juga, bukti transaksi menjadi sah di mata hukum. Jadi, mafia tanah nggak bisa ikut bermain di dalamnya.

Jangan beri mafia tanah kesempatan untuk beraksi. Yuk, lebih cermat dan teliti dalam melakukan transaksi jual beli tanah maupun properti! Pastikan transaksi yang kamu lakukan tidak berujung kepada masalah, ya!

Temukan ragam informasi seputar properti lainnya di Dekoruma! Selain soal properti, ada juga berbagai inspirasi serta tips dan trik desain untuk hunianmu. Bahkan, di Dekoruma kamu juga bisa sekaligus belanja

furniture online
, lho!

Tak hanya itu, buat kamu yang sedang mencari hunian baru, kamu bisa mengunjungi laman Dekoruma Properti. Ada banyak pilihan rumah maupun apartemen untuk kebutuhan tempat tinggalmu. Lokasinya pun tersebar di berbagai daerah di Jabodetabek. Kamu bisa menemukan rumah dijual di Jakarta Selatan, rumah baru di Depok, hingga apartemen dijual di Jakarta Barat. Yuk, wujudkan hunian impianmu bersama Dekoruma dan ciptakanlah momen indah nan berkesan di hunian barumu!