Tips Meredakan Nyeri pada Leher Akibat Salah Bantal

Pernah tidak mengalami nyeri akibat salah bantal ketika bangun tidur? Rasanya harimu bisa langsung terjungkal dan mood-mu rusak seketika dari pagi. Ya, rasa nyeri salah bantal tidak bisa dianggap remeh. Jika tidak diatasi, sakitnya bisa sampai ke ubun-ubun.

Memang sulit mengendalikan gerak diri ketika tidur, jadi kemungkinan salah bantal pasti selalu ada. Namun, ketika kamu mengalaminya, jangan terburu-buru panik karena itu nggak akan menghilangkan nyeri. Yang harus kamu lakukan adalah mencoba tenang dan melakukan sejumlah cara untuk meredakan nyeri leher akibat salah bantal ketika kamu tidur.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi nyeri leher karena salah bantal. Di bawah ini, Kania sudah menyiapkan beberapa tipsnya khusus buat kamu!

1. Lakukan Peregangan

pinterest.com

Rasa nyeri akibat salah bantal di leher memang menyakitkan dan membuat kamu sulit menggerakkan leher. Namun, kalau kamu memilih mendiamkan hal ini, leher akan semakin kaku dan nyeri tidak berkesudahan.

Cobalah melakukan peregangan ringan di sekitar kepala. Kamu bisa mencoba menengok ke kanan dan ke kiri secara perlahan. Ingat, lakukan gerakan peregangan secara perlahan-lahan. Jangan pernah mencoba melakukan gerakan kepala tiba-tiba atau ingin memutar leher. Hal itu hanya akan membuat nyeri makin parah!

2. Berikan Kompres Dingin

medicalnewstoay.com

Salah bantal sering kali menimbulkan peradangan atau pembengkakan. Cobalah untuk mengurangi pembengkakan tersebut dengan memberi kompres dingin di area leher yang terasa nyeri. Perlahan-lahan, kamu akan merasakan nyeri salah bantal mulai mereda.

Untuk melakukan tips ini, disarankan menggunakan es batu untuk kompres dingin. Namun, jangan langsung menaruh es batu pada kulit karena justru akan memberi sensasi panas. Bungkus terlebih dahulu es batu dengan handuk bersih dan kompres sekitar 20 menit di area leher yang mengalami nyeri akibat salah bantal. Jika masih sakit, ulangi pengompresan ini tiap jam sampai nyeri benar-benar mereda.

3. Mandi Air Hangat

media.npr.org

Nyeri leher yang terasa akibat salah bantal umumnya disebabkan leher yang mendadak kaku karena posisi yang salah. Jadi, untuk meredakan nyerinya, upayakan untuk melenturkan kembali otot-otot di sekitar leher. Cobalah mandi air hangat di dalam bathtub ataupun menggunakan shower. Metode ini mampu menghilangkan kekakuan otot, termasuk kekakuan di leher karena salah bantal.

4. Pijat Leher dengan Lembut

greedygourmet.com

Kamu juga bisa mengembalikan kelenturan otot leher akibat salah bantal dengan melakukan pijatan lembut di area yang terasa nyeri. Tentunya, pijatan ini tidak bisa kamu lakukan sendiri. Kamu bisa meminta pasangan atau orang terdekat untuk membantu memberi pijatan lembut di area leher yang sakit dengan hati-hati. Menggunakan balsem atau salep untuk mengurangi nyeri otot lebih cepat juga disarankan.

5. Pakai Penyangga Leher

medicalnewstoday.com

Saat kamu mengalami salah bantal hingga leher terasa nyeri, artinya ada bagian otot dan jaringan di leher yang perlu istirahat. Kamu bisa mengistirahatkan area leher tanpa gangguan dengan memakai penyangga leher. Hanya saja, memakainya jangan lama-lama. Kamu bisa menggunakan penyangga leher selama beberapa jam ketika mengalami nyeri leher akibat salah bantal. Saat melepaskannya, mungkin nyeri masih ada, tapi sudah jauh berkurang. Ulangi pemakaian apabila rasa nyeri kembali mengganggumu.

6. Usir Stres Jauh-jauh

porch.com

Ketika kamu stres, otak akan memberi sinyal pada bagian tubuh untuk menegang. Ini akan membuat rasa nyeri leher akibat salah bantal semakin menjadi-jadi. Karena alasan inilah, kamu dilarang panik berlebihan ketika mengalami salah bantal.

Cobalah untuk tetap tenang dan buang stres jauh-jauh. Buat pikiran rileks dengan melakukan meditasi, mendengarkan musik favorit atau menggunakan aromaterapi. Kondisi otak yang tenang akan direspons baik oleh tubuh sehingga nyeri salah bantal bisa berkurang.

Demikianlah 6 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi nyeri akibat salah bantal. Jika sudah tidak tertahan, kamu juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri. Akan tetapi, sebaiknya sesuai anjuran dokter. Ketika nyeri akibat salah bantal yang kamu rasa sudah hilang, jangan lupa untuk memperbaiki posisi tidur dan mencari bantal yang lebih baik supaya kejadian salah bantal tidak sering berulang. Pastikan juga kamu menggunakan kasur yang nyaman agar badan tidak terasa pegal!

Temukan artikel dengan informasi dan inspirasi menarik lainnya di Dekoruma! Selain artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur multifungsi dan space-saving untuk hunianmu, lho. Di antaranya, ada kabinet & rak penyimpanan, lemari dapur, meja kerja, sofa, dan coffee table. Modelnya bervariasi dan harganya pun ramah di kantong. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!