Trik Mengatur Meja Belajar Anak dengan Rapi dan Menarik

Belakangan ini si Kecil jadi malas belajar? Mungkin penyebabnya adalah keadaan meja belajar yang berantakan. Ya, faktanya keadaan meja belajar yang tertata rapi tanpa disadari mampu meningkatkan semangat belajar seseorang.

Kamu bingung bagaimana cara menata meja belajar yang apik dan menarik? Yuk, ikuti 6 tips menata meja belajar berikut agar si Kecil makin rajin!

Singkirkan Barang yang Tidak Dibutuhkan

coffeeandcarpool.com

Coba tengok keadaan meja belajar si Kecil saat ini. Apakah terlalu penuh dengan barang sehingga ia tidak nyaman membuka buku? Kalau begitu, mulai singkirkan barang yang tidak dibutuhkan. Beberapa kriteria barang yang perlu disingkirkan adalah sudah rusak dan tidak pernah dipakai dalam tiga bulan terakhir. Krayon patah, pen yang tintanya macet, kertas coretan matematika, buang saja!

Jangan lupa untuk membersihkan debu dan sampah yang tertinggal di permukaan meja belajar. Jika perlu, tambahkan juga tempat sampah kecil di atas meja agar si Kecil juga bisa menerapkan kebersihan. Tips yang satu ini perlu dilakukan secara berkala. Minimal setiap tiga bulan sekali.

Kategorikan Penataan Barang

houzz.com

Konsep Japandi yang merupakan gabungan dari gaya Japanese dan Scandinavian mengajarkan kita untuk mengorganisir barang dengan baik. Ada banyak ragam kategori yang bisa dijadikan panduan untuk mengelompokkan barang. Misalnya, berdasarkan fungsi atau jenis, lalu diikuti dengan ukuran dan frekuensi pemakaian.

Selain terlihat rapi, si kecil pun akan lebih mudah menemukan barang yang dibutuhkan di sekitar meja belajar. Bila perlu, sediakan wadah penyimpanan dengan label untuk mempermudah pencarian.

Terapkan Konsep Spacesaving untuk Penyimpanan

pinterest.com

Meja belajar yang tidak dipenuhi alat tulis dan perlengkapan lainnya akan terasa lebih lega saat digunakan. Oleh karena itu, simpanlah alat tulis dan perlengkapan lain di rak penyimpanan yang spacesaving. Misalnya, rak ambalan dan laci kecil. Rak ambalan ditempel di dinding sehingga tidak mempersempit area belajar. Rak ini cocok untuk meletakkan buku serta dekorasi. Sementara itu, laci sifatnya vertikal. Letakkan di sudut meja supaya tidak mengganggu posisi anak ketika membuka buku atau laptop.

Kembalikan Barang pada Tempatnya

home-designing.com

Meja belajar yang sudah ditata rapi akan mudah berantakan usai digunakan. Agar kondisi berantakan tersebut tidak berlangsung lama, ajari anak untuk segera merapikan meja belajar. Setelah menggunakan pen, langsung simpan pada wadahnya. Buku yang sudah dipelajari, langsung kembalikan pada tempat semula. Kerapian terjaga, mood untuk belajar keesokan hari pun dapat tercipta!

Lengkapi dengan Penerangan

lacorreo.com

Meja belajar sudah rapi. Bagaimana dengan penerangan? Jika lampu utama pada plafon dinilai kurang terang atau posisinya menciptakan bayangan pada meja belajar, sebaiknya tambahkan lampu khusus. Lampu ini bisa berupa lampu meja atau lampu LED yang disematkan di bawah rak ambalan. Lampu ini sifatnya multifungsi, yaitu untuk mendukung kenyamanan dan kesehatan mata, serta membuat meja belajar terlihat lebih lapang. Jika desainnya menarik, bisa jadi dekorasi juga.

dekoruma.com

Nah, kamu juga bisa memaksimalkan penerangan dengan mengubah posisi atau letak meja belajar menjadi dekat dengan jendela untuk mendapatkan pencahayaan alami. Keberadaan cahaya alami akan membuat si Kecil tidak merasa sumpek saat belajar, bahkan bisa mendapatkan banyak inspirasi ataupun kreativitas!

Tambahkan Dekorasi Penyemangat

dekoruma.com

Apa pun konsep gaya meja belajar, tetap harus ada dekorasi sebagai penyemangat. Jika si kecil menyukai karakter tertentu, tidak ada salahnya untuk meletakkan figurin di atas meja belajar. Beberapa bingkai foto mungil juga cocok menghiasi meja belajar. Jika si Kecil pernah mendapatkan piala penghargaan, letakkan juga di atas rak dinding agar ia semakin termotivasi untuk rajin belajar!

Apabila si kecil kesulitan menyusun jadwal, lengkapi area meja belajar dengan papan jadwal yang dihias dengan apik. Bila perlu, tambahkan beberapa tanaman hijau dalam pot untuk kesan yang lebih fresh layaknya konsep Japandi.

Mari terapkan 6 tips tadi untuk menata ulang meja belajar si Kecil! Pastikan juga si Kecil turut berpartisipasi dalam menatanya. Pasalnya, meja belajar ini akan digunakan oleh mereka. Biarkan si kecil mengutarakan keinginannya. Ngomong-ngomong, kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan penataan meja ini. Lakukan di akhir pekan, yuk?

Kalau kamu ingin sekaligus mengganti meja belajar dengan yang baru, kamu bisa membelinya secara online di Dekoruma, lho! Ada yang modelnya sederhana, multifungsi, space-saving, hingga yang bergambar karakter.

Selain meja belajar, ada juga furnitur pendukung lainnya untuk kebutuhan sekolah si Kecil, seperti rak buku minimalis, kursi, lemari arsip, dan sebagainya. Harganya pun ramah di kantong!

Tersedia pula aneka aksesoris kekinian untuk hunianmu. Dekoruma jual tanaman hias & vas, karpet, cermin, pengharum ruangan, dan jam. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cari dan temukan semua keperluan rumahmu di Dekoruma!