Langkah Mudah Menanam Rumput Jepang di Taman Rumah

Ingin membuat taman di rumah tampak asri sekaligus estetik? Selain menempatkan tanaman seperti bunga ataupun pepohonan, kamu juga bisa menghadirkan rumput di area taman yang terdiri dari dua pilihan, yakni rumput asli dan rumput sintetis. 

Jika kamu ingin mendapatkan kesan natural, maka pilihan terbaik adalah rumput asli. Dari sekian banyak jenis rumput asli yang tersedia, salah satu yang populer digunakan saat ini adalah rumput Jepang sebab dapat menyuguhkan tampilan indah di taman serta memerlukan teknik perawatan yang sederhana.

Melalui artikel ini, Kania akan mengajak kamu untuk mengetahui langkah-langkah yang diperlukan saat ingin menanam rumput Jepang di taman rumah. Untuk itu, yuk ikuti tips menanam rumput Jepang berikut ini!  

1. Pilih Bibit Rumput Jepang Terbaik

pixabay.com
 

Langkah pertama yang wajib kamu lakukan adalah memilih bibit rumput Jepang terbaik. Pastikan, kamu memilih bibit rumput Jepang berwarna segar sehingga menunjukkan bahwa kualitasnya bagus, sehat dan tidak terserang hama. Selain itu, pilih juga rumput Jepang yang teksturnya keras dan tidak layu agar dapat tumbuh secara sempurna, serta pastikan bibit rumput Jepang memiliki bagian akar dalam kondisi baik.  

2. Siapkan Lahan untuk Menanam Rumput Jepang

pinterest.com
 

Jika bibit rumput Jepang telah kamu siapkan, selanjutnya adalah mempersiapkan lahan yang akan ditanam. Kamu bisa menggali tanah menggunakan cangkul ataupun sekop kecil pada area yang akan ditanami rumput Jepang hingga kedalaman yang cukup atau hingga gembur.

Setelah itu, ratakan permukaan tanah, serta singkirkan sisa tanaman, sampah, ataupun batu di area tersebut. Jika lahan tersebut dirasa kurang gembur, kamu juga bisa memanfaatkan alat seperti garpu untuk menggemburkannya kembali.  

Berikan Pupuk pada Lahan

homestratosphere.com

Setelah mempersiapkan lahan untuk ditanami rumput Jepang, langkah selanjutnya adalah memberikan pupuk di area permukaan tanah. Ada banyak opsi pupuk yang bisa menyuburkan tanah yang akan ditanami rumput Jepang, mulai dari pupuk organik hingga pupuk cair.

Dalam proses ini, Kania sarankan kamu untuk memberikan pupuk organik pada lahan yang telah dipersiapkan dengan rasio perbandingan 2:5 atau sebanyak 2,5 kilogram per 1 meter persegi. Kemudian, pastikan juga untuk menyiram tanah yang telah diberikan pupuk agar meresap dengan baik dan biarkan selama 5 hingga 7 hari agar tanah siap digunakan.   

Tanam Rumput Jepang

homestratosphere.com 

Setelah lahan siap, maka kamu pun bisa mulai menanam rumput Jepang. Pada proses ini, silakan siram bibit rumput Jepang yang akan ditanam agar terhindar dari kotoran yang menempel. Selain itu, kamu juga sebaiknya menanam rumput Jepang di waktu terbaik, yakni pada sore menjelang malam hari agar rumput lebih mudah untuk beradaptasi dan menghindari terkena sinar matahari langsung.

Jangan lupa untuk membuat lubang tanam dengan jarak yang rapat sekitar 10 x 10 cm. Jika sudah, tanam bibit rumput Jepang ke dalam lubang, lalu tutup dan ratakan kembali. 

Perawatan Rumput Jepang

ugaoo.com
 

Jika proses penanaman rumput Jepang telah selesai dilakukan, kamu sebaiknya tetap memperhatikan proses pertumbuhan dan tidak membiarkannya begitu saja. Silahkan periksa kondisi rumput Jepang secara berkala dan lakukan penyiraman secara rutin agar proses pertumbuhannya bisa berlangsung secara optimal.

Di awal mula proses penanaman, sebaiknya kamu menyiram rumput Jepang sebanyak dua kali sehari, yakni pada pagi dan sore hari. Saat rumput Jepang telah kamu tanam selama dua minggu, silakan gunakan pupuk urea dengan dosis ½ kilogram untuk lahan per 10 meter persegi dan setelah umurnya mencapai 1 ½ bulan, silahkan pakai pupuk TSP dengan dosis yang sama. 

Bagaimana, tidak sulit ‘kan menanam rumput Jepang di taman rumah? Yuk, buat rumahmu tampak asri dan natural dengan menanam rumput Jepang yang prosesnya telah Kania sebutkan di atas! Ohya, jangan lupa juga untuk menghiasi taman rumahmu dengan aneka tanaman cantik dan furnitur yang mendukung, ya. Kamu bisa menambahkan meja dan kursi teras, ayunan, atau air mancur. Selamat menanam!

Kamu sedang mencari furnitur space-saving dan multifungsi untuk hunianmu? Kamu bisa menemukannya di Dekoruma, lho! Ada banyak aneka jenis furnitur dengan harga terjangkau serta model yang efisien. Dekoruma jual kabinet dapur, meja makan, sofa, coffee table, rak buku, dan meja kerja. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kepoin Dekoruma!