Mengenal Patio: Pengertian, Fungsi, dan Ide Desain

Apa sih itu patio? Istilah ruang terbuka ini sering salah diartikan sebagai sekadar teras atau dek halaman. Padahal, patio punya struktur dan sejarah tersendiri. Supaya kamu tidak salah kaprah, saatnya mengenal patio lebih dalam, mulai dari definisi, fungsi, hingga ide desainnya yang bisa kalian aplikasikan di rumah. Yuk, langsung saja cek ulasan dari Kania berikut ini!

Definisi Patio Sesungguhnya

bustle.com

Patio berasal dari bahasa Spanyol yang artinya halaman dari sebuah rumah atau bangunan. Makna halaman pada patio agak sedikit berbeda dari biasanya karena patio tidak dikelilingi oleh dinding. Konsep patio lebih pada area terbuka yang bersifat alami dan bersentuhan dengan tanah, tanpa harus ada platform atau dek tertentu. Oleh karena itu, patio tidak membutuhkan pagar karena sifatnya yang rata dengan tanah. 

Patio juga bisa melekat pada struktur rumah ataupun terpisah. Desain patio sering disisipi dengan unsur lansekap yang indah. Secara umum, desain patio juga sangat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan selera, bentuk, atau bahan bangunan yang digunakan. Banyak patio yang menggunakan bahan konkrit, bata, batu atau semen. Kehadirannya juga bisa di bagian depan, samping, atau belakang rumah. 

Fungsi Patio yang Bisa Dinikmati

Bukan sekadar estetika belaka, patio bisa jadi fitur multifungsi untuk rumahmu. Berikut merupakan beberapa fungsi tak terduga dari patio:

1. Ruang outdoor ekstra

home-designing.com

Ingin bersantai ala selebgram? Nggak perlu traveling, kok! Cukup memiliki patio saja kalian sudah bisa menikmati momen santai di bawah hangatnya mentari. Tinggal tambahkan furnitur yang nyaman dan atur susunan duduk biar ada ekstra spot buat keluarga dan teman. 

2. Jadi fokus utama rumah/bangunan

learnaboutstones.com

Banyak ahli bangunan yang menggunakan teori focal point alias pusat utama dari sebuah rumah. Kehadiran patio bisa jadi elemen tunggal yang memberi bobot dan volume pada rumah secara keseluruhan. 

3. Transisi keren ke dalam rumah

archello.com
 

Sebagai perpanjangan ke bagian rumah, patio bisa jadi konektor multifungsi supaya transisi dari outdoor ke indoor lebih luwes. Dengan demikian, pemanfaatan area jadi lebih maksimal, apalagi dengan tambahan lansekap cantik yang bikin rumah makin plong. 

Ide Desain Patio Kekinian yang Layak Dicoba

Nah, setelah tahu definisi dan fungsi patio, tentu kamu harus tahu juga ide desainnya yang bisa ditiru di dalam hunian. Berikut Kania sudah menyiapkan empat inspirasi patio yang pastinya menarik dan menawan. Yuk, langsung saja intip di bawah ini!

Memanfaatkan Ruang Sisa

realhomes.com

Solusi cerdik semasa banyak berdiam di rumah, manfaatkan ruang sisa di bagian belakang atau samping rumah yang terbuka untuk dijadikan patio. Cukup hias dengan pot-pot hijau yang segar, lalu tambahkan kursi santai atau kursi malas biar makin nyaman. 

Gaya Space-saving Estetik

pinterest.com

Coba style patio yang atraktif dan penuh warna. Gunakan karpet berpola untuk marka lantai, tambahkan juga satu set perabot yang matching untuk membuat patio tampil lebih estetik. Jangan lupa hias juga dengan dekorasi tanaman hijau yang stylish. 

Tetap Natural & Serba Homey

adesigneratheart.com

Impian punya patio tidak perlu yang repot-repot, cari solusi gaya seperti bahan natural bambu atau rotan dalam bentuk tikar. Nuansa lokal seperti ini sangat ampuh membuat kesan homey dan juga mudah didapatkan. 

Fitur Kanopi Percantik Patio

maxhouzez.com

Untuk yang punya ruang dan budget ekstra, tambahkan juga kanopi atau atap dengan panel otomatis. Dijamin deh patio terlihat semakin kece dan rumah jadi ekstra multifungsi. Percantik juga dengan instalasi lampu temaram yang menawan di saat malam tiba. 

Gimana, kira-kira ada tidak area rumahmu yang bisa dijadikan patio? Menghirup udara segara atau berkumpul di ruang terbuka memang lebih aman dan nyaman di saat ini. Yuk, coba ulik lagi area rumah untuk disulap menjadi patio dan lengkapi dengan aneka furnitur serta perabot dari Dekoruma! Dijamin, momen indah bersama keluarga akan semakin berkesan di area patio!