Kekayaan Manfaat Sereh yang Bisa Kamu Rasakan

Apa yang kamu tahu tentang sereh? Pastinya, buat kamu yang suka masak-memasak pasti sudah tidak asing dengan bumbu dapur yang juga disebut serai ini. Namun, sebenarnya manfaat sereh bukan hanya untuk melezatkan dan memberi aroma pada masakan saja. Masih banyak manfaat lain dari tanaman ini yang berguna untuk urusan rumah tangga sampai masalah kesehatanmu.

Karena manfaatnya berlimpah, nggak ada salahnya menanam sereh di rumah. Kania sarankan kamu untuk menanamnya di dalam pot cantik untuk kemudian menjadi salah satu tanaman hias di teras rumahmu. Dengan memiliki tanaman sereh sendiri di rumah, tentunya berbagai manfaat dari tanaman ini bisa lebih maksimal kamu rasakan.

Masih bingung apa saja manfaat dari jenis bumbu dapur yang satu ini? Ini dia delapan manfaat sereh yang bisa membuat kamu tidak berhenti berdecak kagum!

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

blog.frontiersin.org

Sereh kaya akan antioksidan. Tepatnya, bumbu masak yang satu ini memiliki jenis antioksidan asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin. Ketiganya merupakan jenis antioksidan yang bisa melawan penyakit dalam arteri koroner. Dalam sejumlah penelitian, mengonsumsi sereh juga dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Ujung-ujungnya, jantung kamu menjadi lebih sehat dan risiko penyakit jantung bisa minimalisir.

Melawan Nyeri

google.com

Nyeri biasanya terjadi karena ada peradangan di otot ataupun sendi. Kalau kamu kesal dengan rasa nyeri tersebut, kamu bisa loh mencoba pengobatan herbal menggunakan sereh. Soalnya, tanaman ini mengandung senyawa citral dan geranial yang bersifat anti inflamasi. Peradangan bisa dilawan dengan senyawa tersebut, nyeri yang kamu alami pun bisa berkurang.

Meredakan Kecemasan

mattressfirm.brightspotcdn.com

Coba kamu menaruh sereh dalam gelas berisi air di kamar tidur. Aroma sereh bisa membantumu mengatasi masalah tidur. Dijamin, tidurmmu akan lebih nyenyak dan lama. Nah, karena tidur nyenyak, kecemasan yang sering timbul pun bisa diredakan.

Membantu Proses Diet

pixabay.com

Mungkin kamu tidak pernah menyangka kalau sereh bisa membantu menyukseskan program dietmu. Kenyataannya, sereh lumayan efektif untuk membantu menurunkan berat badan karena sifatnya yang melancarkan metabolisme tubuh dan menjadi diuretik alami.

Sereh juga mengandung polifenol yang meningkatkan pengeluaran energi dan lemak. Kamu bisa merebus beberapa batang sereh menggunakan panci dan kompor, kemudian meminum airnya untuk memperoleh manfaat yang satu ini. Maksimalkan juga program diet kamu dengan melakukan olahraga mengecilkan perut buncit agar hasilnya sesuai yang diinginkan.

Mencerahkan Kulit

hitachi-aloka.com

Mengonsumsi air rebusan sereh ternyata juga berdampak positif buat kulimu, lho! Kulit bisa terlihat lebih cerah jika kamu rutin meminum air rebusan sereh. Ini karena sereh mempunyai sifat antiseptik dan astringent yang dapat mensterilkan pori-pori, memperkuat jaringan kulit, hingga akhirnya kulit lebih terlihat cerah dan bercahaya.

Mengobati Sariawan

google.com

Mengonsumsi makanan yang mengandung sereh sangat cocok jadi pilihan buat kamu yang lagi mengalami sariawan. Soalnya, sereh bisa menangani infeksi jamur yang menjadi penyebab timbulnya sariawan. Makanan menjadi lebih lezat, sariawan pun terobati!

Mencegah Kanker

theparliamentmagazine.eu

Manfaat luar biasa ini bisa kamu peroleh karena sereh yang kerap menjadi pelengkap menu makanan sehat memiliki kandungan citral. Kandungan inilah yang menjadi komponen untuk melawan pembentukan sel kanker. Risiko kanker pun bisa dikurangi jika rajin mengonsumsi sereh.

Jadi Obat Nyamuk Alami

terra.com.br

Nggak perlu pusing ketika memasuki musim pancaroba yang penuh dengan nyamuk. Sereh bisa menjadi pengusir nyamuk alami karena jenis tanaman ini memiliki aroma yang tidak disukai nyamuk. Kamu bisa meletakkan sereh di ruangan atau mencampurkannya dalam larutan air pel untuk mengusir nyamuk di rumah.

Menghilangkan Bau Tak Sedap

truththeory.com

Aroma sereh terkenal harum dan menenangkan. Aroma ini juga bisa menghilangkan bau tidak sedap. Kamu cukup mencampurkannya dengan air larutan pembersih lantai ataupun menaruhnya pada area-area yang lembap untuk bisa menarik bau tidak sedap dan menggantikannya dengan aroma sereh yang wangi.

Sangat banyak, bukan manfaat sereh? Sekarang, nggak perlu ragu lagi memilih tanaman ini untuk mempercantik halaman rumahmu dan rasakan manfaatnya yang luar biasa!

Kamu sedang mencari furnitur multifungsi dan space-saving untuk hunian mungilmu? Kamu bisa menemukannya di Dekoruma, lho! Dekoruma jual meja makan, rak dinding, kabinet, sofa bed, lemari pakaian, dan masih banyak lagi. Modelnya beragam dan harganya pun ramah di kantong. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!