Tips dan Trik Menanam Palem Kuning, Plus Ragam Manfaatnya

Tak hanya sedang digandrungi, hobi merawat tanaman pun sangatlah menyenangkan untuk dilakukan. Terlebih, ada banyak jenis tanaman yang bisa kamu rawat dan sekaligus bisa difungsikan untuk mempercantik tampilan rumah. Salah satunya, kamu bisa merawat palem kuning atau dypsis lutescens.

Palem kuning memiliki karakter daun berbentuk menyirip dan memiliki tampilan estetik sehingga cocok ditempatkan di dalam hunian. Dapat tumbuh secara mudah di lingkungan beriklim tropis seperti Indonesia, tanaman palem kuning pun sangatlah praktis dari segi perawatan sehingga tak akan merepotkan kamu dalam menanamnya. 

Di artikel ini, Kania akan membahas mengenai langkah-langkah yang diperlukan untuk menanam palem kuning, termasuk apa saja manfaat positifnya. Nah, jika kamu penasaran, yuk kita simak pembahasan mengenai palem kuning berikut ini! 

Cara Menanam Palem Kuning

Setidaknya, ada 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk menanam palem kuning. Cara-cara tersebut pun tidak sulit dilakukan jika kamu mengikutinya dengan tepat.

1. Siapkan Bibit Tanaman Palem Kuning

trees.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan bibit palem kuning. Di pasaran, ada dua jenis bibit untuk kamu gunakan, yakni bibit berupa anakan atau biji. Pada umumnya, proses pembibitan dari biji memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi ketimbang bibit palem kuning anakan. Namun, pastikan kamu menggunakan biji dari indukan tanaman palem kuning yang kualitasnya bagus. 

2. Lakukan Penyemaian dan Siapkan Media Tanaman

thespruce.com
 

Setelah kamu memilih biji palem kuning, langkah selanjutnya adalah melakukan proses penyemaian. Silakan tunggu beberapa hari hingga tunas palem kuning muncul ke atas permukaan tanah, lalu pindahkan tunas tersebut ke media tanam. Kamu bisa menggunakan media tanam dari campuran pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan 1:1 dan jangan lupa perhatikan kadar pH media tanam untuk berada pada kadar 6,5 agar proses pertumbuhan palem kuning lebih maksimal.  

3. Siram Tanaman Secara Berkala

balconygardenweb.com
 

Sama seperti jenis tanaman lainnya, kamu harus merawat tanaman palem kuning secara berkala. Silakan siram secara rutin setidaknya dua hari sekali dan pastikan tanaman palem kuning mendapatkan asupan air yang memadai agar pertumbuhannya lebih optimal. Perlu diperhatikan, kamu sebaiknya tidak menyiram tanaman palem kuning terlalu sering saat musim hujan dikarenakan tanaman bisa busuk dan menyebabkan kematian.

4. Berikan Pupuk dan Ganti Media Tanam

bigcommerce.com
 

Jangan lupa, Kania juga ingatkan kamu untuk mengganti pupuk dan media tanam secara berkala agar unsur hara di dalamnya tetap seimbang. Untuk pupuknya, kamu bisa menggunakan pupuk organik maupun non-organik dengan kadar setengah sendok teh per sekali pakai. 

5. Penyimpanan Tanaman Palem Kuning

livinghouse.ca

Palem kuning tak hanya bisa kamu rawat di area pekarangan atau taman rumah saja sebab tanaman ini pun dapat kamu tempatkan di bagian dalam rumah. Perlu kamu ketahui, tanaman ini cukup tahan di dalam ruangan ber-AC, tapi kamu sebaiknya mengeluarkan tanaman agar terkena sinar matahari sesekali untuk menjaga kesegarannya.

Manfaat Palem Kuning

gardenbeast.com
 

Selain memiliki tampilan cantik untuk difungsikan sebagai dekorasi di rumah, palem kuning juga memiliki banyak sekali manfaat. Pertama, tanaman ini dapat membantu menahan erosi karena mempunyai akar berserabut. Kedua, tanaman palem kuning juga dapat meminimalisir getaran dari kendaraan sehingga bisa membuat suasana tetap tenang meskipun hunianmu berada di pinggir jalan raya. 

Manfaat lainnya, tanaman palem kuning juga dapat mengurangi konsentrasi dari gas polutan sehingga udara di rumah akan selalu bersih dan sehat. Bahkan, dalam ilmu fengshui atau ramalan tradisional Tiongkok, kemampuan palem kuning dalam menyerap udara kotor di lingkungan rumah tersebut dapat mendatangkan hoki, lho!

Mempunyai banyak manfaat, tanaman palem kuning juga sangatlah mudah dalam segi penanaman ataupun perawatan. Jadi, apakah kamu tertarik untuk merawat tanaman palem kuning di rumah?

Temukan ragam informasi seputar berkebun lainnya di Dekoruma! Selain soal bercocok tanam, ada juga berbagai inspirasi serta tips dan trik desain untuk hunianmu. Bahkan, di Dekoruma kamu juga bisa belanja furniture online, lho! Ada banyak pilihan furnitur multifungsi dan space-saving yang akan membuat ruangan di hunian kamu makin efisien dan maksimal. Dekoruma jual meja komputer, meja TV, coffee table,

sofa bed,
rak dinding, dan tempat tidur. Yuk, langsung saja kepoin laman Dekoruma!