Ide Prakarya Botol Bekas Kreatif Menjadi Aneka Benda

Coba lihat di sekelilingmu. Apakah ada botol bekas yang tergeletak begitu saja? Daripada dibiarkan seperti itu, lebih baik dikreasikan saja menjadi barang yang bermanfaat dan berseni. Lumayan, bisa mengurangi jumlah sampah di lingkungan rumah sekaligus menjadi dekorasi. 

Untuk kamu yang belum punya ide, simak dulu 6 kreasi botol bekas jadi barang bermanfaat dan berseni dari Kania berikut ini!

Wind Chime

esty.com

Wind chime atau kelintingan angin mampu menghasilkan bunyi-bunyian saat tertiup angin. Bunyi tersebut membuat orang yang mendengarnya merasa lebih rileks. Kamu bisa memanfaatkan botol bekas jadi wind chime, lho. Tentunya dengan botol yang terbuat dari kaca. Siapkan juga rantai dan beberapa bandul untuk membuatnya.

Botol bekas ini dipotong bagian bawahnya. Lalu, rantai dan bandul dimasukkan lewat dalam, biarkan menjuntai keluar. Jangan buang gabus penutup botol supaya rantai tidak mudah bergeser. Kalau sudah jadi, tinggal gantung kreasi botol bekas ini di depan teras rumah, deh.

Tempat Makan Burung Liar

thespruce.com

Apakah kamu pecinta burung? Kalau begitu, kreasikan saja botol bekas dari plastik menjadi tempat makan burung liar. Caranya sangat mudah. Cukup membuat lubang pada sejumlah bagian botol bekas, lalu masukkan tiang kayu dengan ukuran yang sama ke dalam lubang tersebut.

Kalau sudah, isi dengan makanan burung dan gantung di ranting pohon. Saat burung bertengger di salah satu tiang, makanan akan keluar secara perlahan dari lubang tersebut. Burung liar mendapatkan makanan, kamu bisa mendengarkan kicauannya, dan pohon pun terlihat unik dengan kreasi botol bekas ini. Multigungsi banget, ya?

Bunga Plastik

pinterest.com

Bunga adalah salah satu dekorasi rumah favorit sepanjang masa. Alih-alih memajang bunga segar, coba buat bunga plastik beserta vasnya menggunakan botol bekas. Yang perlu kamu lakukan adalah memotong botol bekas menjadi dua bagian. Bagian bawah botol dijadikan alas vas, lalu bagian lainnya dipotong kecil-kecil, tapi tidak sampai putus. Berikan hiasan warna-warni pada bagian ujungnya supaya terlihat lebih hidup.

Lampu Gantung ala Industrial

decoratorist.com

Kalau kamu memiliki banyak botol kaca yang beraneka warna, ubah fungsinya menjadi lampu gantung ala industrial. Tampilannya yang unik menjadikan lampu gantung dari botol bekas ini multifungsi karena selain sebagai penerang ruangan, juga menjadi dekorasi estetik. Bagian dalam botol ini diisi bohlam dengan cahaya kuning. Botol-botolnya dipasang pada papan yang kemudian digantung dengan rantai.

Cover Lilin

genmice.com

Cover lilin dari botol bekas dapat membuat suasana menjadi lebih syahdu. Gunakanlah botol bekas yang terbuat dari kaca. Biarkan bagian atasnya terbuka sebagai celah udara. Dengan demikian, lilin tidak akan mati ketika ditutupi. Kamu dapat menggunakan penopang lilin sebagai aksen tambahan. Apabila kamu ingin mendapatkan warna cahaya lilin yang unik, jangan ragu untuk mewarnai botol dengan cat atau spidol.

Wadah Pot Tanaman yang Menggemaskan

pinterest.com

Meletakkan tanaman hijau di dalam rumah tengah menjadi tren. Kamu pun bisa berkreasi membuat pot tanaman dari botol bekas. Kamu bisa mengajak anak-anak untuk membuatnya bersama. Alat yang diperlukan hanya botol bekas, kertas warna, gunting, dan alat mewarnai.

Bagian bawah botol yang terdiri dari empat sudut dapat dijadikan sebagai kaki hewan. Selanjutnya, silakan gambar dan lengkapi wajahnya. Jangan lupa untuk melubangi bagian bawah botol supaya air siraman tanaman tidak menggenang. Wah, anak-anak akan semakin semangat merawat tanaman, nih!

Keenam kreasi botol bekas tadi ternyata sangat bermanfaat dan berseni, ‘kan? Yuk, kumpulkan botol bekas di rumah dan kreasikan seperti ide di atas! Dijamin, suasana rumah pasti jadi semakin seru!

Temukan ragam inspirasi menarik lainnya melalui artikel di Dekoruma! Selain baca artikel, di Dekoruma kamu juga bisa sekaligus belanja furniture online, lho! Ada banyak pilihan furnitur space-saving dan multifungsi yang akan membuat ruangan di hunian kamu jadi efisien dan maksimal. Dekoruma jual rak display, lemari pakaian, sofa, kabinet dapur, kursi bar, dan meja TV.

Buat kamu yang suka masak atau bikin kue, Dekoruma juga jual cetakan, oven, panci, wajan, mixer, dan aneka peralatan memasak lainnya. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!