Mengenal Jenis-jenis Tanaman Jade

Tanaman jade atau biasa dikenal dengan nama tanaman giok merupakan tanaman hias yang berasal dari Afrika Serikat. Ciri khas tanaman ini terletak pada daunnya yang berwarna hijau mengilap, tebal, dan berdaging. Sekilas dilihat, tanaman jade mirip seperti tanaman sukulen.

Tanaman jade diprediksi akan menjadi tren untuk menghiasi rumah di tahun 2021. Ukuran yang mungil menjadikannya begitu sempurna dijadikan hiasan interior rumah. Selain itu, tanaman jade juga dipercaya mampu membawa hoki bagi pemiliknya.

Di dunia ini, setidaknya ada 150 jenis spesies tanaman jade. Namun, Kania telah merangkum 5 jenis tanaman Jade yang paling populer untuk mempercantik interior rumah kamu. Yuk, kenalan dulu!

Crassula Arborescens

pixabay.com

Jenis tanaman jade Crassula arborescens seringkali disebut sebagai Silver dollar. Bentuk daunnya agak melonjong. Warnanya hijau keabu-abuan. Di sekeliling daunnya terdapat garis tipis berwarna merah. Jenis yang satu ini bisa tumbuh hingga tinggi 1,2 meter.

Pada musim tertentu, bunganya yang berwarna pink akan bermekaran dengan cantik. Durasi mekarnya cukup lama, bisa mencapai satu musim. Crassula arborescens paling cocok dijadikan tanaman dalam ruangan karena tidak membutuhkan banyak sinar matahari.

Crassula Arborescens Undulatifolia

worldofsucculents.com

Daun tanaman jade jenis Crassula arborescens undulatifolia memiliki ciri khas pada bentuk daun, di mana permukannya bergelombang secara acak. Tidak heran kalau tanaman jade ini lebih dikenal sebagai Ripple jade atau Curly jade.

Daya tahannya terhadap cuaca ekstrim amat baik. Tampilannya cantik. Namun, konon tanaman ini memiliki racun. Jika ingin menggunakannya sebagai hiasan interior rumah, letakkan di area yang sulit dijangkau anak dan hewan peliharaan.

Crassula Ovata Harbour Lights

pinterest.com

Salah satu jenis tanaman jade yang paling populer adalah Crassula ovata harbour lights. Warna daunnya hijau di bagian bawah, lalu memudar dan menjadi warna merah di bagian ujung. Tampilannya begitu cantik dan lembut. Warna merah daun ini akan terlihat semakin cerah di udara yang dingin.

Tanaman ini juga mampu bertahan hidup di tanah yang kering. Pasalnya, ia hanya membutuhkan banyak sinar matahari dan sedikit air. Jenis yang diperkenalkan oleh Glenfield Wholesale Nursery pada tahun 2014 ini menjadi populer untuk hiasan interior rumah bergaya minimalis, Scandinavia, dan juga Japandi.

Crassula Ovata ‘Hobbit’

pflanzenbestimmung.info

Dibandingkan dengan jenis tanaman jade lainnya, jenis Crassula ovatahobbit’ ini cukup unik. Daunnya tidak lonjong atau melebar, malahan tergulung bagaikan tabung atau terompet. Ukurannya mungil dan posisi daunnya sangat berdekatan satu sama lain. Warnanya hijau cerah dengan sedikit semburat merah di bagian ujung atas.

Pada musim mekar, tanaman ini akan menghasilkan bunga dengan bentuk bintang dan berwarna putih. Jenis Crassula ovata hobbit ini cocok dijadikan tanaman outdoor atau indoor. Tanam di pinggir kolam ikan atau dalam pot, lalu letakkan di sudut jendela interior Japandi, sempurna.

Portulacaria Afra Aurea

lifegreengroup.co.za

Terakhir, ada Portulacaria afra aurea. Jenis tanaman jade yang satu ini berasal dari Namibia. Daunnya berukuran kecil-kecil dan tumbuh dengan amat rimbun bagaikan semak-semak. Warna daun di bagian bawah adalah hijau, sedangkan semakin ke atas, daunnya berwarna kuning. Oleh karenanya, jenis tanaman jade ini akrab dengan sebutan The Yellow Elephant Bush.

Kelima jenis tanaman jade tadi memiliki ciri khasnya masing-masing, tapi semuanya bisa membawa hoki dan cocok untuk menghiasi interior rumah bila dirawat dengan baik. Perawatannya tidak membutuhkan perlakuan khusus, kok. Cukup disiram dan segera pangkas bagian yang mulai membusuk untuk mencegah penyebarannya. Selamat memelihara tanaman jade!

Sedang mencari furnitur baru untuk mengubah tampilan rumah? Kamu bisa beli secara online di Dekoruma, lho. Ada banyak furnitur multifungsi dan space-saving dengan harga terjangkau yang bisa kamu pilih, seperti sofa, meja makan, coffee table, meja TV, dan rak penyimpanan. Hunian nggak cuma jadi lebih cantik, tapi juga efisien! Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!