Ragam Khasiat Buah Tin

Pernah memakan buah tin? Sepintas, bentuk buah tin mirip perpaduan jambu dan markisa. Rasanya pun lembut dan manis sehingga orang yang belum pernah mengonsumsinya pun bisa langsung suka ketika menyantap buah ini untuk pertama kali.

Buah tin kerap disebut sebagai buah surga atau buah nirwana. Bukan hanya karena tertulis dalam Al-Qur’an, melainkan juga karena buah ini memang kaya nutrisi. Mulai dari serat, beragam jenis vitamin, sampai antioksidan tinggi ada dalam buah ini.

Tidak heran dengan kandungan nutrisi yang begitu lengkap, manfaat buah tin pun nggak main-main buat kesehatanmu. Berikut ini, Kania sudah merangkum 10 manfaat buah tin bagi kesehatan yang bisa membuatmu makin suka sama buah yang satu ini!

1. Normalkan Kadar Gula

healthwriteups.com

Memiliki rasa yang manis, nyatanya kamu nggak perlu takut buah tin membuat kadar gula darahmu melonjak. Justru, buah surga ini bisa menormalkan kadar gula darahmu. Namun, ada syaratnya. Hanya buah tin segar yang bisa mengontrol dan menormalkan kadar gula darah. Kalau kamu memakan buah tin kering, kamu justru akan berhadapan dengan risiko gula darah yang melambung.

2. Mencegah Hipertensi

indianexpress.com

Makanan tinggi sodium atau kaya garam memang bikin nagih. Akan tetapi, efeknya nggak bagus buat kesehatan karena dapat memicu tekanan darah tinggi atau hipertensi. Salah satu cara untuk mencegah hipertensi adalah mengonsumsi buah tin secara rutin. Soalnya, buah ini memiliki sodium dan kalium yang rendah.

3. Kurangi Risiko Penyakit Jantung

womenshealthmag.com

Banyak risiko yang bisa menyeretmu ke kondisi penyakit jantung. Mulai dari tekanan darah tinggi sampai penumpukan plak di aliran darah karena kolesterol yang tidak terkendali bisa menjadi pemicunya. Buah tin sendiri ampuh mencegah tekanan darah tinggi.

Di samping itu, buah ini juga dapat menekan kadar lemak dalam darah sehingga aliran darah dari dan ke jantung selalu lancar. Ini karena buah tin mengandung fenol, omega-3, dan asam lemak omega-6. Risiko terkena penyakit jantung koroner pun bisa dikurangi.

4. Turunkan Berat Badan

inbodyusa.com

Menjadikan buah tin sebagai camilan untuk diet? Bagus banget. Buah tin kaya serat dan mampu memperlancar metabolisme tubuh. Alhasil, kamu akan merasa kenyang lebih lama ketika mengonsumsi buah ini. Penyerapan lemak di saluran pencernaan pun bisa diturunkan karena metabolisme yang lancar. Nah, untuk memaksimalkan program diet kamu, selain mengonsumsi buah tin, kamu juga bisa melakukan beberapa gerakan untuk mengecilkan perut secara rutin.

5. Mengatasi Anemia

pinterest.com

Salah satu mineral penting dalam buah tin adalah kandungan zat besi yang super tinggi. Karena hal inilah, buah tin sangat dianjurkan bagi kamu yang menderita anemia. Kandungan zat besi tinggi dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Ujung-ujungnya, berbagai fungsi organ menjadi lebih baik karena oksigen terangkut dengan maksimal ke seluruh tubuh berkat hemoglobin yang mencukupi.

6. Pencernaan Lebih Sehat

bettermedcare.com

Dari dulu, buah tin sudah digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi beragam masalah pencernaan. Buah ini punya kandungan melimpah yang membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lancar. Selain itu, buah tin juga punya kandungan prebiotik tinggi yang menyehatkan pencernaan. Mengonsumsi buah yang enak ini secara teratur akan membuatmu terhindar dari masalah sembelit ataupun diare.

7. Kuatkan Tulang

naturalmedicineofseattle.com

Buah tin ternyata juga punya kandungan kalsium! Ini berguna untuk memadatkan tulangmu dan mencegah pengeroposan tulang. Risiko osteoporosis datan lebih awal pun bisa diminimalkan dengan rajin mengonsumsi buah surga ini.

8. Redakan Sakit Tenggorokan

medicalnewstoday.com

Kalau kamu lagi sakit tenggorokan, nggak ada salahnya mengonsumsi buah tin. Buah ini punya kandungan lendir yang dapat membantu memulihkan kondisi kamu dari sakit tenggorokan. Buah tin juga punya sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan peradangan di tenggorokan yang menjadi pemicu sakit tenggorokan.

9. Membuat Mata Jernih

eatthis.com

Manfaat buah tin juga bakal terasa sampai penglihatanmu berkat kandungan vitamin A dan karotenoid-nya. Dengan kedua kandungan tersebut, buah tin bisa mencegah degenerasi makula yang dapat membuat seseorang mengalami penurunan penglihatan hingga kebutaan.

10. Obati Penyakit Kulit

sharecare.com

Buah tin punya kandungan antioksidan tinggi yang juga bagus untuk kesehatan kulitmu. Kandungan ini bisa membuatmu sembuh dari beragam masalah kulit, khususnya terkait kulit kering. Punya masalah kulit berupa eksim atau psoriasis? Buah tin juga bisa mengatasinya. 

Kamu pasti jadi makin penasaran dengan efektivitas manfaat buah tin, bukan? Yuk, konsumsi buah tin, rasakan enaknya, dan nikmati manfaatnya!

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya! Selain artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur space-saving dan multifungsi untuk hunianmu, lho. Kamu bisa menemukan meja rias, kursi makan, lemari dapur, bahkan dekorasi fungsional seperti cermin dan lampu gantung juga ada. Modelnya bervariasi dan harganya pun ramah di kantong.

Selain furnitur, Dekoruma juga menyediakan jasa desain rumah, lho. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan ciptakanlah hunian yang nyaman karena kehidupan indah berawal dari rumah!