Langkah dan Cara Membuat Disinfektan Tanpa Ribet

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dan virus berbahaya lainnya. Selain menggunakan masker serta mencuci tangan atau memakai hand sanitizer, kamu juga dianjurkan untuk membersihkan lingkungan rumah dengan disinfektan secara berkala.

Tak perlu membelinya, karena kamu juga bisa melakukan cara membuat disinfektan sendiri di rumah. Nah, untuk mengetahui bagaimana cara membuat disinfektan, simak tips dan trik dari Kania berikut ini, yuk! 

Apa Itu Disinfektan?

ucf.edu
 

Sebelum membahas cara membuat disinfektan, ada baiknya kamu pahami dulu apa itu disinfektan. Disinfektan merupakan cairan yang memiliki fungsi untuk membunuh kuman, seperti bakteri, mikroorganisme, bahkan virus yang menempel pada permukaan benda mati. Pada umumnya, disinfektan diproduksi dari alkohol, hidrogen peroksida ataupun bahan lain yang dapat menghambat penularan penyakit.

Penggunaan cairan ini sangatlah penting agar rumah selalu steril. Untuk penggunaannya, kamu cukup semprotkan disinfektan pada permukaan benda mati yang sering disentuh oleh tangan, misalnya permukaan meja makan, kursi, wastafel, dan lainnya. 

Langkah-langkah dalam Membuat Disinfektan

Nah, setelah memahami lebih jelas apa itu disinfektan beserta fungsinya, sekarang saatnya kamu mengetahui langkah dan cara membuat disinfektan. Berikut caranya:

1. Siapkan Bahan Pembuatan Disinfektan

onedetailedmama.com

Ada dua bahan utama yang perlu kamu persiapkan saat melakukan cara membuat disinfektan. Bahan ini adalah air bersih dan cairan pemutih pakaian dengan natrium hipoklorit 5-9%. Adapun, kandungan natrium hipoklorit pada pemutih pakaian sangat efisien kamu gunakan karena ampuh membunuh kuman dan sangat mudah kamu temukan di pasaran.

Kendati demikian, kamu harus berhati-hati saat menggunakan cairan pemutih sebab bahan ini memiliki sifat kaustik yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Selain itu, penggunaan cairan pemutih yang tidak tepat pun berisiko menimbulkan uap beracun yang berbahaya jika dihirup. Meski begitu, kamu tidak usah khawatir karena jika kamu melakukan cara membuat disinfektan secara benar, maka penggunaannya akan aman. 

2. Siapkan Peralatan untuk Membuat Disinfektan

healthline.com

Selain kedua bahan utama di atas, kamu juga harus menyiapkan peralatan khusus untuk melakukan cara membuat disinfektan di rumah. Peralatan tersebut di antaranya adalah gelas ukur, botol kaca dengan penutup, botol plastik semprot, sarung tangan sekali pakai, lap kain microfiber, serta masker bedah atau masker N95. 

3. Cara Membuat Disinfektan

chemicalsafetyfacts.org
 

Takaran dalam cara membuat disinfektan dilakukan sesuai kebutuhan. Untuk membersihkan benda mati, seperti meja, kursi, lantai atau wastafel, kamu bisa menggunakan 240 ml cairan pemutih yang dicampurkan dengan 18,9 liter air. Sedangkan untuk membersihkan benda mati yang sudah ditumbuhi lumut ataupun jamur, kamu bisa menggunakan 240 ml cairan pemutih yang ditambah dengan 3,8 liter air.

Untuk mempraktikkan cara membuat disinfektan, silakan tuang cairan pemutih ke dalam botol kaca dengan berhati-hati. Setelah itu, tambahkan air bersih ke dalam botol kaca. Tutup botol kaca hingga rapat dan kocok secara perlahan hingga tercampur sempurna. Jika sudah tercampur dengan baik, tuang ke dalam botol plastik semprot agar mudah digunakan.

Cara Menggunakan Cairan Disinfektan

healthline.com
 

Setelah kamu melakukan cara membuat disinfektan di atas, kamu pun harus mengetahui cara penggunaannya agar tidak berbahaya. Setiap kali kamu menggunakan disinfektan, pastikan kamu selalu menggunakan masker sekali pakai dan kain lap microfiber. Sedangkan, jika objek yang akan kamu semprotkan terlihat sangat kotor, kamu sebaiknya membersihkan permukaan yang kotor terlebih dahulu menggunakan air panas dan sabun, lalu semprotkan disinfektan dan tunggu selama 1 menit sebelum mengelapnya.

Penggunaan disinfektan bisa kamu aplikasikan pada berbagai permukaan, seperti meja, gagang pintu, toilet, keran, wastafel, lemari, jendela, dan benda mati lainnya di dalam rumah. Sementara itu, jika kamu ingin membersihkan perangkat elektronik seperti TV, DVD, remote control ataupun laptop, kamu sebaiknya membaca petunjuk manual agar tak rentan mengalami kerusakan.

Inilah cara membuat disinfektan yang bisa kamu lakukan secara mudah dan murah di rumah. Yuk, bersihkan rumah secara berkala menggunakan cairan disinfektan agar terhindar dari virus berbahaya!

Jangan lupa baca juga artikel dengan informasi bermanfaat lainnya di Dekoruma! Selain artikel, Dekoruma juga jual furnitur space-saving dan multifungsi yang bisa membuat ruangan di hunian kamu lebih efisien dan maksimal. Di antaranya ada sofa bed, rak display, tempat tidur, coffee table, dan rak sepatu. Yuk, wujudkan rumah impian yang nyaman bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!