Menentukan Hari Baik Pindah Rumah

Ingin memiliki hunian baru? Saat ini, ada banyak sekali pilihan rumah baru maupun rumah dijual dari tangan kedua yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Namun, jika sekarang kamu telah mendapatkan rumah yang diimpikan, pastinya kamu tak sabar ingin segera pindah.

Sebelum pindah ke rumah baru, ada banyak persiapan yang harus kamu lakukan, mulai dari memilih peralatan dan perlengkapan rumah, mengurus dokumen, serta kebutuhan lainnya. Hal ini juga termasuk memilih hari baik pindah rumah yang banyak dipercaya orang karena mempengaruhi keberuntungan dan hal positif lainnya. Nah, untuk mengetahui informasi lengkap mengenai hari baik pindah rumah, simak tips dari Kania di bawah ini, yuk! 

Hari Baik Pindah Rumah Menurut Islam

appmanager.co.uk

Menurut Islam, tidak ada ketentuan spesifik mengenai hari baik pindah rumah. Namun, terdapat bulan yang telah ditentukan untuk disesuaikan menurut posisi rumah baru yang akan ditempati. Jika rumah barumu berada di arah Timur, maka kamu sebaiknya pindah di bulan Sya’ban, Ramadan atau Rajab. Sementara itu, waktu terbaik untuk pindah ke hunian baru yang lokasinya di Barat dapat kamu lakukan pada bulan Muharram, Rabiul Awal, dan Safar.

Untuk kamu yang akan berpindah ke rumah baru yang letaknya di Utara, maka hari baik pindah rumah dapat dilakukan pada bulan Jumadil Awal, Jumadil Akhir, atau Rabiul Akhir. Sementara itu, jika rumahmu posisinya di Selatan, maka proses perpindahan rumah dapat dilakukan pada bulan Syawal, Zulhijah, ataupun Zulkaidah. 

Hari Baik Pindah Rumah Menurut Primbon Jawa

tj-projects.com

Menurut Primbon Jawa, trik menentukan hari baik pindah rumah dapat dilakukan dengan mengetahui neptu terlebih dulu. Penghitungan ini juga dapat dilakukan dengan mengetahui neptu dari keluarga ataupun pasangan yang akan kamu ajak untuk pindah rumah, dengan informasi neptu dapat dilihat pada tabel di bawah ini.
HariNeptu
Senin4
Selasa3
Rabu7
Kamis8
Jumat6
Sabtu9
Minggu5

 

Nama PasaranNeptu
Pahing9
Pon7
Wage4
Kliwon8
Legi5

Setelah mengetahui neptu dari hari lahir, kamu pun bisa menambahkannya dengan neptu hari pindahan yang rencananya akan dilakukan. Setelah ditambahkan, kamu dapat membaginya dengan empat untuk mengetahui hasilnya, seperti di bawah ini:

  • Hasil 1  adalah Guru yang artinya dihormati, digurukan, lancar rejeki dan sejahtera.
  • Hasil 2 adalah Ratu yang artinya wibawa, disegani dan banyak rejeki.
  • Hasil 3 adalah Rogoh yang artinya boros, mudah dimasuki pencuri, dan kurang bahagia
  • Hasil 4 adalah Sempoyong yang artinya tidak bertahan lama, susah dan sering bertengkar.

Jika hasil di atas dirasa kurang baik, misalnya hasil Rogoh, maka kamu pun sebaiknya memilih hari baik pindah rumah lainnya sehingga hasilnya mendapatkan Ratu ataupun Guru.

Hari Baik Pindah Rumah Menurut Pancasuda

waltonflooringcentre.co.uk
 

Kamu juga bisa menghitung hari baik pindah rumah berdasarkan Pancasuda yang pembaginya merupakan angka 5. Pada penghitungan ini, kamu bisa mengurangi total neptu dengan perkalian terdekat, lalu lihat kedudukan sisa angka berdasarkan tabel berikut ini:

KelebihanJatuh PadaArti
1SriLancar rejeki dan dipenuhi berkat
2LungguhDerajat tinggi di mata masyarakat
3GedhongKaya akan harta benda
4LaraSakit
5PatiMati dalam arti luas

Hari Baik Pindah Rumah Menurut Feng Shui

whitegates.co.uk

Untuk mengetahui hari baik pindah rumah menurut feng shui, caranya juga sangatlah mudah karena kamu cukup menggunakan patokan shio dari kepala keluarga untuk disesuaikan menurut rencana bulan pindah rumah. Beberapa shio mengundang ciong atau konflik pada bulan tertentu, di mana keterangannya bisa kamu lihat di bawah ini:

ShioKonflik
KambingKerbau
MonyetHarimau
AyamKelinci
AnjingNaga
BabiUlar
TikusKuda
KerbauKambing
HarimauMonyet
KelinciAyam
NagaAnjing
UlarBabi
KudaTikus

Hari Baik Pindah Rumah Menurut Feng Shui Berdasarkan Jam

propertypriceadvice.co.uk
 

Selain menghindari bulan berdasarkan tabel di atas, terdapat juga hari baik pindah rumah menurut Feng Shui yang didasarkan pada jam. Kamu bisa melihat informasinya pada tabel di bawah ini sebelum pindah ke rumah baru:

ShioJam Baik
Tikus23:00 – 01:00
Kerbau01:00 – 03:00
Harimau03:00 – 05:00
Kelinci05:00 – 07:00
Naga07:00 – 09:00
Ular09:00 – 11:00
Kuda11:00 – 13:00
Kambing13:00 – 15:00
Monyet15:00 – 17:00
Ayam17:00 – 19:00
Anjing19:00 – 21:00
Babi21:00 – 23:00

Untuk kamu yang ingin pindah rumah, tak ada salahnya melakukan tips di atas. Selain itu, jangan lupa untuk menyimak berbagai inspirasi menarik lainnya melalui Dekoruma, ya!

Kalau kamu justru masih mencari rumah yang cocok dengan kebutuhan keluarga, kamu bisa menemukannya di Dekoruma Properti, lho! Ada banyak pilihan rumah dengan harga terbaik untukmu. Lokasinya pun tersebar di berbagai daerah di Jabodetabek. Beberapa di antaranya, ada rumah dijual di Bekasi, BSD, Jakarta Selatan, Depok, hingga Bandung.

Kamu juga tidak perlu pusing mencari furnitur terbaik yang cocok untuk hunianmu karena Dekoruma juga menyediakan aneka jenis furnitur space-saving dan multifungsi dengan harga terjangkau. Mulai dari jual tempat tidur single, kabinet dapur, sofa, jual lemari pakaian 3 pintu, meja makan, kasur, hingga jual rak & troli dapur. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma dan ciptakanlah momen indah di rumah barumu!