Serba-serbi Rumah Type 54

Rumah type 54, pernahkah kamu mendengarnya atau justru lagi kepo banget mencari rumah dijual dengan tipe ini? Rumah type 54 memang cenderung baru untuk mengikuti kebutuhan ruangan para keluarga kecil yang memerlukan kenyamanan dan privasi di luas ruangan yang minim.

Kebanyakan pengembang yang membangun rumah type 54 menggunakan konsep minimalis dengan tampilan fasad depan yang lebar dan kokoh. Gaya bangunan ini membuat rumah type 54 terlihat lebih elegan dan tidak heran menjadi incaran banyak masyarakat, khususnya keluarga milenial.

Kalau kamu tertarik dengan rumah type 54, ada beberapa hal yang perlu dipahami sebelumnya. Sekarang, mari berkenalan lebih jauh dengan rumah type 54 bersama Kania. Bukan hanya dari gaya bangunannya, melainkan juga dari definisi, perkiraan denah rumah, sampai yang tidak kalah penting adalah harga pasaran rumah type 54.

Luar Bangunan 54 Meter Persegi

youtube.com

Tipe rumah selalu merujuk pada luas bangunan rumah tersebut. Jadi, kalau kamu mencari rumah type 54, sudah bisa dipastikan luas bangunan dari rumah ini adalah 54 meter persegi. Luasnya memang tidak terlalu besar, tapi cukup nyaman dihuni oleh orang-orang dengan jumlah terbatas. Dengan luas demikian, rumah type 54 lebih diperuntukkan bagi keluarga kecil, seperti pasangan baru, pasangan dengan satu anak, atau suami istri bersama dua anak.

Luas Tanah yang Ideal untuk Rumah Type 54

mcdonaldjoneshomes.com.au

Kebanyakan pengembang membuat rumah type 54 dengan perbandingan ideal antara luas bangunan dan luas tanah. Tujuannya agar suatu saat pemilik rumah baru tersebut bisa mengembangkan bangunan jika diperlukan.

Rata-rata spesifikasi rumah type 54 memiliki luas tanah 90 meter persegi. Ada juga pengembang yang memberikan perbandingan lebih besar, yaitu luas tanah mencapai 120 meter persegi. Dimensi luas tanah yang menjadi area rumah type 54 biasanya berukuran 6×15 meter untuk ukuran tanah 90 meter persegi dan 8×15 meter untuk ukuran tanah 120 meter persegi.

Hunian Keluarga Kecil

shutterstock.com

Rumah type 54 memang lebih besar dan lega dibandingkan rumah type 36 ataupun type 45. Namun, tetap saja jumlah penghuni di rumah ini sebaiknya tidak terlalu banyak. Rumah ini akan menjadi nyaman jika penghuninya hanya berkisar 3-4 orang.

Artinya, rumah type 54 lebih cocok sebagai hunian keluarga kecil dengan maksimal dua anak. Denah rumah type 54 sendiri biasanya memiliki dua sampai tiga kamar tidur, kamar mandi, dapur, juga ruang fungsional yang mengusung konsep open-space, mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, sampai ruang makan. 

Dapur Cenderung Bergabung

pinterest.com

Kebanyakan pengembang rumah baru dengan tipe rumah kecil tidak membangun dapur di dalam rumah. Bagian dalam rumah hanya berupa kamar, ruang tamu, ruang keluarga, juga ruang makan. Di area belakang rumah yang masih memiliki lahan kosong, kamu bisa membangun dapur kecil sendiri.

Namun, tidak demikian dengan rumah type 54. Dengan ukuran yang lumayan lega, dapur biasanya juga langsung disediakan pengembang di area dalam rumah. Jadi, lahan sisa bisa kamu gunakan untuk membangun ruangan fungsional ataupun kamar yang lain.

Pangsa Menengah Atas

yorkshirepost.co.uk

Rumah type 54 sudah banyak dikembangkan di daerah satelit Jakarta. Jika kamu mencari rumah baru di area Depok, Bogor, Tangerang, maupun Bekasi, tidak sulit mencari rumah yang dijual dengan tipe yang satu ini. Beberapa pengembang di kota besar, seperti Makassar, Surabaya, dan Semarang juga mulai banyak yang menerapkan pembangunan rumah type 54.

Harga rumah type 54 sendiri tidak bisa dibilang terlalu murah atau terlalu mahal. Dengan target pasar kelas menengah ke atas, rata-rata harga rumah baru dengan type 54 di kota satelit Jakarta sudah mencapai kisaran Rp300 juta untuk harga termurah hingga Rp2 miliar dengan harga termahal. Sementara, di kota-kota besar seperti, Surabaya dan Makassar, harga rumah type 54 terbaru minimal sudah menyentuh angka Rp400 jutaan.

Rumah adalah kebutuhan utama untuk keluarga merasa nyaman. Rumah type 54 dapat menjadi pilihan bagi kamu yang sedang mencari hunian pertama yang memiliki denah rumah 3 kamar dengan suasana nyaman dan harga yang masih terjangkau.

Pastikan kamu membeli rumah baru dengan tipe ini dari pengembang terpercaya. Kamu bisa, lho cek berbagai pilihannya di Dekoruma Properti! Bahkan, melalui Dekoruma Properti kamu juga bisa melakukan simulasi KPR untuk menghitung estimasi biaya KPR dari harga hunian.

Tersedia kalkulator KPR dengan berbagai pilihan bank yang akan terhitung secara otomatis. Mulai dari kalkulator KPR BCA, Mandiri, BNI, CIMB Niaga, BTN Syariah, dan yang lainnya. Yuk, segera wujudkan rumah impian kamu dan keluarga karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!