Mengenal Serba-serbi Bekisting

Ketika kamu membangun hunian, ada beberapa langkah awal yang harus kamu lakukan. Salah satunya, kamu harus mencetak struktur bangunan menggunakan bekisting agar meningkatkan kualitas dan daya tahan dari bangunan.

Nah, buat kamu yang masih asing dengan istilah bekisting, Kania akan mengulas serba-serbi, fungsi dan jenisnya pada artikel ini. Jadi, buat kamu yang sedang mengerjakan proses pembangunan rumah, pastikan untuk menyimak artikel mengenai bekisting berikut ini!

Apa Itu Bekisting?

theconstructor.org

Secara sederhana, bekisting merupakan cetakan yang dibuat pada proses pengecoran dan difungsikan untuk membentuk konstruksi tertentu, misalnya balok, pelat, kolom, atau dinding. Bekisting digunakan sebagai wadah untuk beton yang sedang dibentuk untuk nantinya dibuka jika telah memenuhi standar yang telah ditentukan.

Fungsi Bekisting

homeimprovementsau.org

Fungsi bekisting adalah sebagai penahan beton sementara pada saat proses pengecoran dilakukan. Selain itu, bekisting pun memiliki fungsi untuk membentuk beton sesuai dengan keinginan, membuat beton semakin kuat dalam menahan beban dari bahan konstruksi lainnya, serta mempermudah pengerjaan saat membuat struktur bangunan. 

Jenis-jenis Bekisting

constructionweekonline.com
 

Di dunia konstruksi, terdapat beberapa jenis bekisting yang umum digunakan. Berikut ini adalah jenis-jenis bekisting yang bisa kamu gunakan:
  • Bekisting Kayu

Bekisting kayu merupakan jenis tradisional yang sangat umum digunakan untuk proses pembangunan rumah baru, di mana pembuatannya memanfaatkan material kayu terbaik agar kuat menahan beban konstruksi. Perlu kamu ketahui, bekisting kayu hanya bisa digunakan satu kali, di mana cara memakainya adalah dengan memasang dan membongkar bagian struktur yang akan dikerjakan dan nantinya kamu hanya perlu melepaskan bagian bekisting secara satu per satu setelah kekuatan beton dirasa sudah mencukupi.

  • Bekisting Plat Besi

Pada dasarnya, jenis bekisting satu ini dibuat dari besi hollow dan plat baja. Dibandingkan dengan bekisting kayu, jenis ini dapat membuat konstruksi lebih awet, tahan lama, serta memudahkan pekerja karena efektif mempercepat proses pengerjaan. Dikarenakan harganya yang tergolong mahal, jenis bekisting ini lebih sering digunakan pada proyek berskala besar, tapi penggunaannya bisa berulang kali.

  • Bekisting Kaca Fiber

Ada pula bekisting dari kaca fiber yang memiliki ketahanan terhadap air, tidak mudah berkarat, mudah dipasang dan dilepaskan, serta mudah dibersihkan. Sangat cocok dipakai untuk konstruksi di bawah tanah, bekisting kaca fiber juga bisa dipakai berulang kali sehingga efektif dapat menghemat pengeluaran kamu. 

Tips Pembuatan Bekisting

wtop.com

Agar hasil pengecoran berkualitas baik dan tahan lama, maka bahan yang digunakan pada bekisting harus keras dan kuat dalam menahan beban. Selain itu, pilihlah juga bahan baku yang sesuai dengan anggaran, memiliki keamanan baik dan mudah diaplikasikan oleh para pekerja. Dalam pengerjaan bekisting, pastikan juga bahwa proses pembuatannya tidak memakan waktu lama sehingga efektif menghemat biaya yang kamu keluarkan.

Jika kamu memilih bekisting kayu, pastikan juga memilih material kayu yang baru dan berkualitas baik agar hasilnya bagus. Selain itu, pastikan juga bahwa pengerjaannya dilakukan oleh tukang profesional dan bahan yang dipakai harus presisi, kedap air, dan tidak mudah bocor karena akan mempengaruhi hasil konstruksi yang akan dibuat melalui bekisting tersebut. 

Cara Merawat Bekisting

thebalances.com
 

Beberapa jenis bekisting juga dapat dipakai berulang kali. Namun, kamu harus melakukan langkah perawatan agar kualitasnya tetap terjaga. Proses perawatan ini dapat dilakukan saat sebelum maupun setelah bekisting dipakai dengan memanfaatkan beberapa bahan, seperti oli sika, oli bekas, atau solar.

Selain itu, kamu pun harus mengetahui kapan bekisting dibuka agar kualitas yang dihasilkan bagus. Umumnya, bekisting dapat kamu buka setelah beton matang atau berkisar antara 3 sampai 4 hari. Setelah itu, kamu pun bisa melakukan perawatan dengan melumuri bekisting menggunakan oli ataupun solar.

Inilah serba-serbi mengenai bekisting yang wajib kamu ketahui karena memiliki pengaruh besar dalam proses pembuatan struktur bangunan. Selain artikel di atas, temukan juga berbagai inspirasi lainnya melalui Dekoruma!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk mengubah tampilan rumah? Kamu bisa beli secara online di Dekoruma, lho. Ada banyak pilihan furnitur multifungsi dan space-saving dengan harga terjangkau, seperti rak dinding, sofa bed, meja kerja, meja rias, coffee table, dan lemari dapur.

Tersedia pula aneka jenis kasur dari merek-merek ternama. Dekoruma jual kasur King Koil, The Luxe, Simply, dan Sleep Care. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan wujudkanlah rumah impianmu karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!