Mengenal Fungsi dan Jenis Wall Panel

Dinding rumah terlihat lusuh dan tidak menarik, tapi kamu malas untuk mengecat ulang tiap tahun untuk memperbarui tampilannya? Kamu bisa, loh mempertimbangkan memakai wall panel untuk dinding hunianmu. Dijamin, dinding akan menjadi lebih menarik dan terlihat artistik. Memasang wall panel juga dapat menjadi cara menutupi kerusakan yang ada di dinding karena cat yang memudar, lapisan semen yang rontok, ataupun adanya lubang dinding.

Jadi, sebenarnya wall panel itu apa sih? Sederhananya, wall panel merupakan lembaran papan yang memiliki motif dan struktur tertentu. Biasanya, wall panel berbentuk 3D sehingga membuat dinding menjadi lebih bervolume. Ketebalan dari tiap lembar wall panel beragam, mulai dari 8 mm sampai 15 mm. Bahkan, jika kamu memesan secara custom, kamu bisa memperoleh wall panel dengan ketebalan 18 mm. Pemasangan wall panel pun cocok untuk semua gaya hunian, baik itu desain yang sederhana, minimalis, modern, ataupun desain Japandi (Japanese Scandinavian).

Saat ini, tidak sulit lagi mencari wall panel yang sesuai idamanmu. Berbagai corak dan motif bisa kamu temukan karena rata-rata motif wall panel dibuat secara komputerisasi. Pilihannya hanya tinggal dari segi bahan. Berikut ini, Kania akan mengulas beberapa jenis wall panel dari segi material dasarnya yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan. Simak sampai habis, ya!

Tile Board

malford.com.sg

Kebanyakan orang memang lebih mengenalnya dengan istilah tile board, tapi sebenarnya wall panel ini merupakan papan MDF alias Medium Density Fiberboard yang dilapisi melamin. Dengan demikian, kalau kamu memakai wall panel ini, dinding rumahmu akan terlihat seperti memakai ubin keramik

Jenis wall panel yang satu ini cocok diterapkan untuk interior dapur, toilet, maupun kafe. Wall panel jenis ini terbilang multifungsi karena bisa menjadi penutup dinding sekaligus penahan air. Memakai tile board akan membuat interior ruangan terlihat lebih mewah dan elegan, walaupun memang harga untuk jenis wall panel ini lebih mahal dibandingkan jenis dari bahan lainnya.

GRC

wallpapergordyn.com

Ini merupakan jenis wall panel yang terbuat dari campuran beton dan serat kaca. Keuntungan memakai material GRC (Glass Reinforced Concrete) di dinding adalah keawetannya yang tidak terkalahkan. GRC juga lebih aman karena materialnya tidak mudah terbakar atau meledak jika terkena panas. Yang tidak kalah penting, wall panel dari GRC bisa meredam panas dan suara sehingga cocok untuk membuat privasi hunian lebih terjaga.

Fiber Plant

art3d.com

Memasang wall panel di rumah akan memakan biaya tinggi? Nggak juga kok kalau kamu memilih wall panel dari bahan fiber plant. Ini merupakan jenis wall panel yang termasuk ekonomis. Wall panel berjenis fiber plant juga ramah lingkungan karena mudah didaur ulang. Coba pasangan wall panel ini di interior rumah bergaya Japandi, pasti cocok banget!

Gypsum

pinterest.com

Ini merupakan jenis wall panel yang terbuat dari campuran kertas yang dilumatkan menjadi bubur, kemudian dipadatkan kembali menggunakan campuran bahan lain. Keunggulan dari jenis wall panel gypsum adalah bobotnya yang ringan sehingga mudah dipasang. Bahan ini pun mudah dibersihkan hanya dengan membilasnya menggunakan kain lap setengah basah atau menyedotnya.

Selain itu, wall panel gypsum juga mampu meredam suara dengan baik sehingga cocok untuk ruang studio maupun home theater. Hanya saja, material gipsum tidak tahan air dan mudah rapuh sehingga disarankan untuk tidak mengaplikasikannya di kamar mandi ataupun dapur.

Beton Konkret

murdesign.ca

Jenis wall panel yang terakhir terbuat dari beton konkret. Jelas ini merupakan bahan yang kuat, tahan perubahan cuaca, dan juga tidak mudah rusak. Karena berbagai keunggulan tersebut, jenis wall panel ini bisa dipakai di area outdoor, seperti teras rumah. Meskipun kuat dan tahan lama, nyatanya biaya yang perlu kamu keluarkan untuk membeli jenis wall panel ini lebih murah dibandingkan wall panel sejenis dari bahan lain.

Tertarik memasang wall panel di rumah? Jangan lupa sesuaikan jenisnya dengan kondisi ruangan atau areanya, ya. Pastikan pula kamu memilih motif yang cocok dengan desain interior ruanganmu!

Kalau kamu bingung dalam mengaplikasikan wall panel atau penataan desain rumah lainnya, serahkan saja pada ahlinya dengan menggunakan jasa desain interior dari Dekoruma! Desainnya space-saving, prosesnya jelas dan transparan, serta ada garansi 2 tahun yang membuatmu makin tenang dan nyaman. Momen indah bersama keluarga di hunian pun akan makin berkesan.

Tak hanya itu saja, Dekoruma juga menyediakan aneka furnitur multifungsi dan space-saving untuk hunianmu, lho. Dekoruma jual meja TV, sofa bed, meja makan lipat, stool dengan storage, dan tempat tidur berlaci. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!