Ragam Jenis Rumah Limasan yang Harus Kamu Ketahui

Rumah limasan merupakan rumah khas Jawa. Mulai dari beberapa daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur memiliki bangunan tradisional berupa rumah limasan. Belakangan, bukan hanya untuk rumah adat, konsep rumah limasan pun sudah banyak dipakai dan dipadupadankan dengan bangunan rumah modern.

Ciri khas dari rumah limasan sendiri adalah bagian atapnya yang seakan berbentuk bangun ruang limas. Di bagian atas, terdapat atap yang terdiri atas empat sisi dengan bentuk trapesium dan segitiga sama kaki. Tidak berhenti di situ, atas rumah limasan rata-rata memiliki “emperan” yang menjadi batas antara bagian utama rumah dan teras di bagian bawahnya.

Dari model atap yang membubung dan atas emperan, rumah limasan dapat dibagi menjadi beberapa jenis utama. Berikut ini, Kania akan membahas 6 jenis rumah limasan yang juga bisa kamu terapkan dalam bangunan modern. Simak sampai habis, ya!

Rumah Limasan Trajumas

javatravel.net

Inti utama dari rumah limasan Trajumas adalah enam buah tiang yang menjadi penopang atapnya. Bentuk atap dari rumah limasan yang satu ini memiliki ukuran yang sama panjang. Tiang-tiang penopangnya sendiri dijadikan sebagai pembatas ruangan di bagian bawah. Model rumah limasan Trajumas saat ini masih banyak digunakan untuk bangunan modern berbentuk bungalow.

Rumah Limasan Lambang Gantung 

blogspot.com

Biasanya, tiang penopang atap paling depan berada di ujung emperan. Namun, berbeda dengan rumah limasan Lambang Gantung. Atap emperan dari rumah limasan ini terlihat menggantung karena tidak terhubung langsung dengan tiang penopang. Atapnya sendiri terdiri dari empat sisi yang berbentuk trapesium. Dari segi jumlah, tiang penopang pada rumah limasan Lambang Gantung sebenarnya lebih banyak daripada rumah limasan Trajumas, yaitu antara 8-10 buah.

Rumah Limasan Semar Tinandhu

pinterest.com

Atap utama yang menjulang ke atas di rumah limasan Semar Tinandhu tidak bertumpu langsung dengan tiang utama. Namun, atap yang membubung ini sebenarnya tetap diopang oleh empat tiang di bagian tengah rumah.

Jumlah tiang dari rumah limasan ini pun sangat banyak, bisa mencapai 16 tiang. Itu belum termasuk penopang atap yang membubung. Rumah limasan Semar Tinandhu sendiri banyak ditemukan di daerah pedesaan Jawa Tengah dengan bahan utama kayu jati, mahoni, atau kayu sonokeling.

Rumah Limasan Gajah Ngombe

blogspot.com

Bagian emperan pada rumah limasan Gajah Ngombe biasanya hanya berada di salah satu sisi rumah yang terendah, seperti teras. Hal inilah yang membuat tampilan emperan atap seperti gajah yang sedang menunduk. Karena berada di area yang terendah, emperan di jenis rumah limasan ini memiliki konsep berundak dengan sisian atap utama yang membubung. Dari segi tiang penopang, rumah limasan Gajah Ngombe mirip dengan rumah limasan Trajumas yang hanya memiliki 6 tiang penyangga utama.

Rumah Limasan Lambang Teplok

blogspot.com

Terlihat batas yang sangat jelas antara atap yang membubung dengan atap emperan di rumah limasan Lambang Teplok. Model atap yang memiliki renggangan ini juga sering diartikan bahwa atap yang membubung hanya menempel pada atap emperan yang sudah ada. Model ini membuat rumah terlihat lebih tinggi dan mewah.

Rumah Limasan Lambang Sari

pinterest.com

Rumah limasan Lambang Sari seakan memiliki bentuk yang “spesial” dibandingkan jenis rumah limasan lainnya. Ini karena terlihat adanya celah antara atap yang membubung dengan atap yang mengemper. Pada rumah limasan Lambang Sari, kedua atap memang tidak langsung menyatu, melainkan diberikan sambungan berupa balok. Kondisi ini juga yang membuat rumah limasan Lambang Sari terlihat memiliki atap yang bersusun dengan 16 tiang penyangga di bagian bawahnya.

Demikianlah jenis-jenis rumah limasan. Nggak ada salahnya, lho kalau kamu mau menerapkan model atap rumah limasan khas Jawa untuk rumah modern yang mau kamu bangun. Ini bisa membuat rumahmu terlihat mewah dan lebih tradisional!

Temukan artikel dengn inspirasi menarik lainnya di Dekoruma! Selain artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur multifungsi dan space-saving untuk hunianmu, lho. Di antaranya ada

coffee table,
sofa minimalis, sofa bed, meja makan, dan tempat tidur. Modelnya bervariasi dan harganya pun ramah di kantong. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan ciptakanlah hunian yang nyaman karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!