Jenis-jenis Makanan Sumber Vitamin D

Salah satu vitamin paling krusial untuk menjaga kesehatanmu adalah vitamin D. Jenis vitamin ini bukan hanya memperkuat tulang, melainkan juga meningkatkan imunitas tubuh sehingga bisa terhindar dari beragam virus sampai mencegah risiko kanker. Kebutuhan vitamin D harian yang dianjurkan bagi anak-anak dan orang dewasa minimal 600—800 IU. Jumlah kebutuhan tersebut bisa saja meningkat seiring pertambahan usia seseorang.

Sebagai orang Indonesia yang dilimpahi sinar matahari sepanjang tahun, kamu nggak akan kesulitan mencari sumber vitamin D. Cukup berjemur tiap hari, vitamin D bisa kamu peroleh. Namun, selain dari sinar matahari, kamu juga bisa mencari sumber vitamin D dari berbagai makanan, loh!

Makanan-makanan yang menjadi sumber vitamin D pun tidak sulit didapatkan. Berikut Kania sudah merangkum 8 jenis makanan sebagai sumber vitamin D. Mungkin saja makanan-makanan di bawah ini sudah sering kamu konsumsi sehari-hari.

1. Ikan Salmon

feedstrategy.com

Makanan laut menjadi salah satu sumber vitamin D yang sangat kaya. Salah satu yang tertinggi adalah ikan salmon. Setiap 100 gram ikan salmon mengandung 526 IU vitamin D. Artinya, ini hampir setara dengan kebutuhan vitamin D harian yang dianjurkan. Sejauh ini, kedudukan ikan salmon sebagai sumber vitamin D andalan belum tergeser oleh apa pun.

2. Jamur

morningchores.com

Jamur yang menyerap banyak sinar ultraviolet adalah jamur yang baik dijadikan sumber vitamin D. Dari berbagai jamur yang layak dikonsumsi, jamur portobello merupakan jenis yang memproduksi vitamin D yang tinggi. Tiap 100 gram jamur portobello yang kamu konsumsi, kamu sudah bisa mendapat kandungan vitamin D sebanyak 400 IU.

3. Tuna Kalengan  

eatthis.com

Kata siapa makanan kalengan nggak bisa menjadi sumber vitamin D yang mumpuni? Coba deh mengonsumsi tuna kalengan. Selain rasanya yang enak, makanan olahan ini menjadi sumber vitamin D sebanyak 268 IU di tiap 100 gramnya. Artinya, mengonsumsi seporsi tuna kalengan sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin D hampir 40 persen dari yang dianjurkan.

4. Sarden Kalengan

google.com

Selain tuna kalengan, makanan olahan lain yang bisa menjadi sumber vitamin D unggulan adalah sarden kalengan. Kelebihan sarden kalengan bukan hanya dari rasanya yang lezat dan kandungan vitamin D-nya yang tinggi, melainkan juga harganya lebih terjangkau. Setiap kaleng sarden kenyataannya sudah bisa menyumbang vitamin D sebanyak 177 IU.

5. Susu Sapi

incimages.com

Susu sapi merupakan sumber vitamin D alami. Namun, ketika kamu mengonsumsi susu sapi yang sudah diolah menjadi siap saji, jumlah kandungan vitamin D yang bisa kamu peroleh akan lebih besar. Soalnya, kebanyakan produk susu sapi sudah diberi kandungan nutrisi tambahan, tidak terkecuali vitamin D. Jika kamu mengonsumsi satu gelas produk susu sapi setiap hari, kamu sudah bisa memperoleh sekitar 115—130 IU vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh.

6. Sereal atau Oatmeal

prod.healthline.com

Sarapan dengan sereal dan oatmeal, kenapa tidak? Ini bisa menjadi salah satu menu sarapan sehat yang juga menjadi sumber vitamin D. Vitamin D yang ada dalam sereal atau oatmeal biasanya merupakan kandungan tambahan.

Dalam setengah cangkir sereal atau oatmeal yang tidak mencapai berat 100 gram, kamu bisa memperoleh vitamin D dengan kisaran 54—136 IU. Jumlah pastinya bergantung pada jenis produk sereal atau oatmeal yang kamu pilih. 

7. Hati Sapi

missvickie.com

Sumber vitamin D lain yang nggak bisa dipandang remeh adalah hati sapi. Kalau kamu memasaknya sampai matang, maka kamu bisa memperoleh sekitar 50 IU vitamin D. Selain menjadi sumber vitamin D, hati sapi juga kaya nutrisi lain, mulai dari protein, zat besi, juga vitamin A.

Hanya saja, harus diperhatikan bahwa jenis makanan yang menjadi sumber vitamin D ini juga merupakan sumber kolesterol tinggi. Jadi, buat kamu yang punya riwayat penyakit kolesterol, sebaiknya pilih makanan sumber vitamin D lainnya. Jika terpaksa harus mengonsumsi hati sapi, imbangi dengan makanan penurun kolesterol.

8. Kuning Telur

meredithcorp.io

Telur disebut-sebut sebagai salah satu protein terbaik di dunia karena kandungan nutrisinya yang lengkap. Tentu saja telur juga dapat menjadi sumber vitamin D yang bisa kamu pilih. Untuk memperoleh vitamin D dari telur, konsumsilah bagian kuning telurnya, di mana dalam tiap satu kuning telur, kamu dapat memperoleh kandungan vitamin D sebanyak 37 IU.

Dari berbagai sumber vitamin D di atas, makanan apa yang menjadi favoritmu? Kalau dari makanan saja kadar vitamin D-mu masih terpantau kurang, coba konsultasikan ke dokter untuk tambahan suplemen vitamin D yang aman dan tepat. Maksimalkan juga dengan berjemur di bawah matahari setiap hari, ya!

Temukan artikel dengan informasi bermanfaat lainnya di Dekoruma! Selain artikel, ada juga aneka furnitur multifungsi dan space-saving (hemat tempat) dengan harga terjangkau untuk rumahmu. Dekoruma jual lemari pakaian, meja makan, sofa, tempat tidur, kasur, dan rak dinding.

Ada juga dekorasi kekinian yang fungsional. Dekoruma jual hiasan gantung, cermin, pengharum ruangan, cushion atau bantal sofa, karpet, dan lampu gantung. Yuk, cari semua keperluan rumahmu di Dekoruma dan wujudkanlah hunian yang nyaman karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!