Panduan Cara Mencangkok Tanaman dengan Tepat

Lagi kegandrungan bercocok tanam di rumah, tapi suka kesal karena tanaman yang kamu rawat lama tumbuhnya? Bagaimana kalau memilih tanaman cangkok? Nggak harus beli, dengan cara mencangkok tanaman yang tepat, kamu bisa memperoleh anakan tanaman yang lebih cepat tumbuh, baik berbunga ataupun berbuah.

Cara mencangkok tanaman tidaklah sulit. Jangan berpikir pula bahwa cara mencangkok tanaman akan sangat ribet. Nyatanya dengan beberapa trik, kamu bisa menemukan cara mencangkok tanaman secara praktis.

Penasaran bagaimana cara mencangkok tanaman anti ribet itu? Simak tips-tipsnya dari Kania di bawah ini dan kamu bisa puas karena memiliki tanaman cangkok hasil buatan sendiri!

1. Pilih Cabang Berkualitas

brainwayholidays.com

Pemilihan cabang untuk dijadikan cangkokan sangat menentukan berhasil tidaknya cara mencangkok tanaman yang kamu lakukan. Pilihlah cabang yang berkualitas. Pastikan cabang yang kamu pilih berkayu tebal dengan diameter minimal 0,5 sentimeter. Lebih tebal lebih baik, tapi diameternya jangan melebihi 2 sentimeter. Pilihlah pula cabang dengan warna cokelat muda atau hijau kecokelatan.

2. Kupas Kulit Cabang

gardeningknowhow.com

Kini saatnya mengupas sebagian kulit cabangnya. Mengelupas kulit juga menjadi cara mencangkok tanaman yang penting. Kamu harus memperhatikan dengan detail seberapa besar cabang yang dikuliti karena terlalu besar atau kecil akan membuat cangkokanmu gagal. Idealnya, lebar sayatan cabang yang dikelupas adalah dua kali lipat dari diameternya. Jadi jika diameter cabangnya 2 sentimeter, kelupaslah kulit cabang sepanjang 4 sentimeter di bagian tengah.

3. Hilangkan Lendir Kambium

gardennewsmagazine.co.uk

Cara mencangkok tanaman yang satu ini sering terlewat. Padahal, jika tidak dilakukan, risiko cangkokan gagal akan sangat besar. Sebaiknya, setelah mengelupas kulit cabang, kamu segera menghilangkan lendir yang ada di dalamnya sampai benar-benar bersih. Lendir tersebut merupakan kambium.

4. Olesi Hormon Pertumbuhan

thewatershedproject.org

Jangan lupa pula untuk mengolesi bagian cabang yang sudah dikelupas dengan hormon pertumbuhan. Cara mencangkok ini guna memastikan tanamanmu bisa lebih cepat tumbuh. Kamu bisa pergi ke toko pertanian untuk membeli hormon pertumbuhan tersebut. Jenis yang paling banyak dijual adalah Liquinox Start Vitamin B-1. Jangan lupa untuk melarutkannya memakai air dengan perbandingan 2 cc hormon pertumbuhan untuk 1 liter air.

5. Tambal dengan Media Cangkok

greenmatters.com

Kini saatnya melakukan cara mencangkok tanaman yang selanjutnya, yaitu membuat media cangkokan. Sebenarnya, kamu hanya perlu mencampurkan tanah dan air. Sebaiknya, kamu menggunakan humus supaya tingkat keberhasilan cangkokan lebih tinggi. Perbandingan sangat penting di sini. Jangan sampai komposisi air dan tanah terlalu padat atau cair.

6. Selubungi dengan Sabut atau Plastik

google.com

Cara mencangkok tanaman selanjutnya adalah menutupi bekas sayatan dengan sabut kelapa atau plastik. Ini nantinya juga akan menjadi tempat media cangkok yang sudah kamu olah tadi. Ikatkan sabut kelapa atau plastik secara melingkar di bagian yang sudah dikelupas kulitnya.

Pastikan panjangnya 1—2 sentimeter lebih besar untuk bagian bawah maupun atas sayatan. Ikat dahulu di bagian bawah sayatan, kemudian masukkan media cangkokan. Lalu, ikat kembali di bagian atasnya supaya benar-benar tertutup.

7. Siram dengan Rutin

blogspot.com

Apakah cara mencangkok tanaman sudah selesai begitu tambalan media cangkokan sudah terselubung rapi di bekas sayatan? Tentu saja belum! Kamu masih harus menyirami bagian cangkokan tersebut secara rutin tiap hari. Namun, jangan terlalu banyak menyiram juga. Jika memang ada hujan dan cangkokan sudah terkena airnya, kamu tidak perlu lagi menyiramnya pada hari tersebut.

8. Tunggu Hingga Tumbuh Akar

youtube.com

Inilah bagian akhir dari cara mencangkok tanaman. Jika media cangkok sudah berakar, artinya cara mencangkok tanaman yang kamu lakukan berhasil. Langkah selanjutnya, kamu hanya perlu memindahkannya ke pot tanaman atau tempat lain agar tumbuh sempurna. Pastikan tanah yang menjadi media tanamnya sama baiknya dengan tanah yang kamu jadikan media cangkokan.

Nggak sulit, ‘kan melakukan cara mencangkok tanaman? Yang penting saat menerapkan cara mencangkok tanaman ini kamu melakukannya langkah demi langkah untuk mendapatkan hasil sempurna. Penting juga untuk memperhatikan detail dalam cara mencangkok tanaman, seperti perbandingan air dan tanah maupun panjang sayatan. Jadi, kapan kamu akan mulai mempraktikkan cara mencangkok tanaman?

Temukan ragam informasi seputar berkebun lainnya di Dekoruma! Selain soal bercocok tanam, ada juga berbagai inspirasi serta tips dan trik desain untuk hunianmu. Bahkan, di Dekoruma kamu juga bisa sekaligus belanja furniture online, lho! Ada banyak pilihan furnitur multifungsi dan space-saving yang akan membuat fungsi ruang di hunian kamu makin maksimal. Di antaranya ada sofa bed, meja makan lipat, dan tempat tidur yang dilengkapi storage. Yuk, langsung saja kepoin laman Dekoruma!