Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Air Fryer

Makanan yang digoreng memang selalu menggoda. Namun, kenikmatan gorengan diikuti pula dengan beragam risiko penyakit karena makanan tersebut mengandung banyak minyak. Untung saat ini sudah ada teknologi air fryer yang merupakan salah satu peralatan masak paling dicari. Menggoreng makanan tanpa minyak pun bukan hal mustahil lagi. Ya, air fryer merupakan alat penggoreng yang menggunakan udara panas. Makanan jadi garing dan gurih layaknya digoreng menggunakan minyak.

Diklaim lebih sehat karena bisa menggoreng dengan sedikit atau tanpa minyak, apakah air fryer itu benar-benar lebih sehat atau malah membahayakan, ya? Untuk mengetahui selengkapnya, simak ulasan Kania mengenai plus minus air fryer di bawah ini!

Kelebihan Air Fryer

Air fryer dibuat untuk memenuhi kebutuhan setiap orang yang ingin mengonsumsi makanan enak tanpa minyak berlebih. Sejumlah keunggulan pun ditawarkan oleh produk canggih yang satu ini, yaitu:

1. Praktis dan Hemat Biaya Minyak Goreng

pixabay.com

Nilai plus yang paling utama dari penggunaan air fryer adalah hanya memerlukan sedikit atau bahkan tanpa minyak goreng. Ini artinya proses memasak jadi lebih praktis karena tidak ada cipratan minyak selagi masak. Waktu bersih-bersih dapur dan alat masak semakin singkat. Ditambah lagi, kamu bisa menghemat biaya belanja bulanan karena tidak perlu beli minyak goreng dalam jumlah banyak.

Sebagai perbandingan, kamu membutuhkan 750 ml minyak goreng untuk deep frying. Sedangkan, untuk menggoreng dengan air fryer, hanya butuh 15 ml minyak goreng. Selain praktis dan hemat, bisa dibilang air fryer ini dapat mengurangi kadar kolestrol dan akrilamida pada makanan.

2. Multifungsi

pixabay.com

Meski memiliki embel-embel
fryer”
, nyatanya airfryer ini multifungsi. Selain digunakan untuk menggoreng, bisa juga untuk memanggang. Baik itu untuk memanggang kue ataupun daging. Hal tersebut memang memungkinkan lantaran konsep airfryer adalah mematangkan makanan dengan udara yang sangat panas dan mengurangi kandungan air.

3. Tidak Ada Risiko Kebocoran Gas

pinterest.com

Air fryer menggunakan daya listrik, bukan gas. Dengan demikian, risiko kebocoran gas yang berujung pada keracunan udara atau ledakan dapat dihindari. Akan tetapi, kamu tetap perlu berhati-hati saat menggunakannya seperti tidak meletakkan air fryer dekat sumber air. Selain itu, cabut kabelnya ketika sudah selesai menggunakannya.

4. Cepat Matang

bicycling.com

Dibandingkan dengan menggoreng pakai minyak, menggoreng dengan air fryer ternyata membutuhkan waktu yang singkat. Untuk menggoreng frozen food, kamu tidak perlu mencairkannya terlebih dulu. Udara panas akan cepat mencairkan es. Makanan pun matang dan garing.

Namun, nilai plus air fryer yang satu ini sayangnya bisa jadi sebaliknya yang merugikan. Jika kamu terlalu lama memasang timer, bisa-bisa makanan jadi gosong atau terlalu kering.

Kekurangan Air Fryer

Setelah mengetahui kelebihan air fryer, kamu harus tahu juga kekurangannya agar dapat mempertimbangkan dengan matang. Adapun kelemahan dari air fryer adalah sebagai berikut:

1. Kapasitas Kecil

dailyaccessnews.com

Berbeda dengan penggorengan biasa, air fryer memiliki kapasitas yang kecil. Ditambah lagi, makanan tidak bisa ditumpuk secara asal karena tidak ada alat pengaduk di bagian dalam. Kamu harus menggunakan rak susun untuk menata makanan dalam jumlah banyak. Jangan lupa untuk membalik makanan ke sisi lain di tengah proses penggorengan supaya dapat matang secara merata.

2. Daya Listrik yang Besar

pixabay.com

Air fryer pada umumnya membutuhkan daya listrik yang besar, setidaknya 1.000 watt. Angka ini perlu dipertimbangkan secara matang. Apakah akan membuat tagihan listrik bulanan membengkak? Lalu, apakah kapasitas listrik di rumah sudah sesuai supaya air fryer bisa digunakan kapan saja? 

3. Pembentukan Senyawa Kimia

pixabay.com

Apakah penggunaan air fryer bebas dari senyawa kimia berbahaya? Sayangnya, jawabannya adalah tidak. Makanan yang diolah dengan suhu tinggi bisa membentuk senyawa aldehida, amina heterosiklik, dan hidrokarbon aromatik polisiklik yang  dapat memicu kanker. Jadi, sebaiknya kamu pertimbangkan secara matang sebelum membeli air fryer

Kesimpulannya, air fryer dan teknik menggoreng dengan minyak punya risiko masing-masing terhadap kesehatan. Para ahli kesehatan sendiri menyarankan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan yang dikukus atau rebus. Apabila kamu ingin menikmati gorengan, baik itu digoreng dengan minyak atau udara panas, pastikan untuk membatasi jumlah dan frekuensinya. Selebihnya, silakan disesuaikan dengan gaya hidup dan kebutuhan masing-masing pribadi.

Temukan informasi menarik dan bermanfaat lainnya melalui artikel Dekoruma! Selain artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur multifungsi dan space-saving untuk membuat hunian kamu lebih efisien, lho. Di antaranya ada rak display, lemari pakaian, meja rias, stool, kursi makan, coffee table, dan kasur nyaman terbaik seperti kasur King Koil dan Kasur Serta. Modelnya pun bervariasi dan harganya ramah di kantong. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan ciptakanlah hunian yang nyaman karena kehidupan indah berawal dari rumah!