Mengenal Ragam Keunikan Bunga Edelweis

Kamu pasti sudah tidak asing, ‘kan dengan bunga edelweis? Bunga yang kerap disebut sebagai bunga abadi dan lambang cinta sejati ini sangat populer, khususnya buat kamu yang suka melakukan perjalanan alam mendaki gunung.

Kamu juga pasti tahu bahwa bunga edelweis tidak boleh dipetik. Tujuannya supaya bunga abadi ini tidak cepat punah dan tidak merusak ekosistem gunung secara keseluruhan. Maklum saja, peminat bunga edelweis untuk dijadikan buah tangan sangatlah banyak.

Di balik indahnya bunga edelweis yang hanya bisa dilihat karena tidak boleh dipetik, tersimpan banyak fakta unik soal jenis bunga yang satu ini. Penasaran fakta uniknya apa saja? Simak bersama Kania di bawah ini, yuk!

Dilindungi Undang-Undang

iamindonesia.net

Bunga edelweis termasuk salah satu jenis tanaman yang diilindungi di Indonesia. Kalau kamu memetiknya, kamu bisa terancam pidana sampai 5 tahun penjara dan denda Rp100 juta. Ini karena bunga edelweis sudah dilindungi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 Pasal 33 Ayat 1 dan 2 tentang Konservasi Sumber Daya Hayati dan Ekosistem.

Punya Batas Waktu

kibrispdr.org

Julukan bunga abadi yang mengarah ke edelweis bukan berarti tidak bisa mati. Bunga ini memang memiliki hormon anti kerontokan yang membuatnya bisa hidup lebih lama. Namun, umur bunga ini juga ada batasnya. Bunga edelweis biasanya bisa tumbuh sampai 10 tahun. Setelahnya, bunga edelweis perlahan akan layu dan mati.

Tidak Selalu Mekar

facebook.com

Kalau kamu perhatikan, bunga edelweis ada yang berbentuk kuncup ataupun mekar. Kamu bisa menemukan bunga edelweis mekar jika melihat tanaman cantik ini pada kisaran bulan April sampai Agustus. Di luar waktu tersebut, bunga edelweis akan tampak menguncup.

Dari Gunung sampai Tanah Tandus

kilat.com

Bunga edelweis biasanya memang tumbuh di atas ketinggian minimal 200 meter dari permukaan laut. Kebanyakan bunga ini ditemukan di jalur pendakian pegunungan. Namun, kenyataannya bunga edelweis juga bisa tumbuh subur di tanah yang tandus, lho! Soalnya, bunga ini bisa membentuk mikoriza sendiri sehingga meningkatkan efisiensi dalam mencari zat hara, bahkan di jenis tanah tandus sekalipun!

Pernah Jadi Gambar Prangko

pinterest.com

Bunga edelweis banyak ditemukan di beberapa gunung di Indonesia. Nah, saking terkenal dan populernya, bunga edelweis bahkan pernah dijadikan gambar prangko. Seri prangko bergambar bunga edelweis dicetak oleh PT Pos Indonesia pada tahun 2003.

Sudah Dibudidayakan

pixabay.com

Bunga edelweis sejatinya merupakan bunga liar yang tidak boleh dipetik. Namun, saat ini sudah ada budi daya bunga edelweis yang dilakukan oleh sekelompok petani. Untuk bunga edelweis yang dibudidayakan, tanaman ini boleh dipetik. Bentuk bunga edelweis yang dibudidayakan sendiri relatif lebih besar dan gemuk dibandingkan edelweis liar.

Bunga Edelweis Bisa Menyembuhkan Penyakit

suara.com

Nggak cuma cantik, bunga edelweis juga kaya manfaat, loh! Bunga abadi ini kaya akan antioksidan sehingga bisa menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari batuk, diare, sampai TBC. Dengan kandungannya, edelweis juga sangat bersahabat buat kulitmu terlindungi dari radikal bebas.

Nah, dalam hal ini, bunga edelweis yang dimanfaatkan sebagai obat atau produk kecantikan adalah tanaman yang sudah dibudidayakan. Jadi, bukan diambil langsung dari pegunungan. Kembali lagi, tujuannya agar tidak melanggar dan merusak keberlangsungan hidup bunga edelweis.

Bukan Hanya Satu Jenis

pinterest.com

Bunga edelweis bukan hanya ada di Indonesia. Di luar negeri pun kamu bisa menemukan bunga edelweis. Hanya saja, jenisnya tidak sama. Bunga edelweis yang ada di Indonesia relatif berjenis Anaphalis javanica. Sementara itu, jenis bunga edelweis yang ada di luar negeri umumnya adalah Leontopodium alpinum.

Sekarang, pengetahuan kamu soal bunga edelweis semakin luas, bukan? Kamu pun jadi tahu bagaimana cara mendapatkan bunga abadi ini tanpa harus melanggar hukum. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Temukan juga informasi dan inspirasi menarik lainnya di Dekoruma! Kalau kamu sedang mencari furnitur untuk hunianmu, Dekoruma juga menyediakannya, lho. Ada banyak jenis furnitur kekinian yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Ada pula furnitur space-saving dan multifungsi untuk membuat ruangan makin efisien. Dekoruma jual meja makan, sofa, lemari pakaian, meja TV, kabinet dapur, hingga kasur dari merek-merek ternama seperti kasur The Luxe, King Koil, dan Airland.

Kalau kamu lagi cari aneka jenis lampu, Dekoruma jual lampu gantung & plafon, lampu dinding, lampu LED, lampu meja, lampu taman, dan masih banyak lagi. Yuk, cari semua keperluan rumahmu di Dekoruma dan wujudkanlah hunian yang nyaman karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!