Jenis-jenis Makanan Rendah Kalori

Menjaga berat badan ideal itu sama halnya dengan menjaga kesehatan tubuh. Selain melakukan olahraga di rumah, kamu bisa melakukan hal lain untuk mendapatkan berat badan ideal, misalnya mengonsumsi makanan rendah kalori.

Dengan mengonsumsi makanan rendah kalori, kamu tidak perlu khawatir akan mengalami kenaikan berat badan secara ekstrim. Jumlah kalori harian yang perlu dibakar pun otomatis akan berkurang.

Saat membahas makanan rendah kalori, mungkin yang muncul di benakmu adalah aneka buah dan sayur. Padahal, ada banyak makanan rendah kalori yang nikmat dan tidak membuatmu bosan setiap hari. Cek daftarnya bersama Kania di bawah ini, yuk!

Oatmeal

pixabay.com

Oatmeal adalah salah satu makanan yang populer untuk menggantikan nasi. Makanan rendah kalori ini dapat disajikan dalam keadaan hangat atau dingin, serta dibuat dalam rasa gurih atau manis. Misalnya, untuk rasa gurih, dipadukan dengan lauk-pauk layaknya makan dengan nasi. Sedangkan, oatmeal yang manis bisa dicampur susu dan aneka buah-buahan.

Oatmeal juga menduduki peringkat ketiga dalam indeks kekenyangan makanan berkat kandungan serat yang tinggi. Kamu bisa menjadikan oatmeal sebagai salah satu menu sarapan pagi sehat harianmu.

Telur

pixabay.com

Kalori yang dikandung sebutir telur hanya 74 kalori. Telur juga rendah lemak, tapi proteinnya tinggi. Hal ini mengakibatkan seseorang bisa merasa kenyang lebih lama setelah menyantap telur. Namun, supaya telur ini tidak menjadi boomerang untuk kesehatan, pastikan untuk merebusnya. Hindari untuk menggoreng jenis makanan rendah kalori yang satu ini.

Popcorn

pixabay.com

Jagung tidak hanya enak disantap dengan cara direbus, tapi juga dengan cara dipanaskan menjadi popcorn. Untuk membuatnya, kamu bisa menggunakan microwave atau oven. Menurut penelitian, popcorn merupakan camilan yang pas untuk pelaku diet lantaran kalorinya rendah dan mampu membuatmu merasa kenyang dalam sekejap. Untuk dapat benar-benar merasakan efek dari makanan rendah kalori ini, jangan mencampurnya dengan perasa buatan. Cukup dimakan begitu saja atau dengan tambahan sedikit garam.

Dada Ayam

pixabay.com

Tidak hanya rendah kalori, dada ayam juga bebas lemak. Proteinnya pun tinggi sehingga makanan ini kerap menjadi favorit orang-orang yang tengah menjalankan program diet. Supaya kadar kalori dada ayam tetap terjaga, santap dengan cara merebus ataupun mengukusnya menggunakan alat kukus. Makanan rendah kalori ini bisa terasa lebih nikmat jika ditambah dengan aneka sayur, seperti wortel dan brokoli.

Salmon

pixabay.com

Dalam 50 gram daging salmon, terdapat 72 kalori. Selain dapat menjaga berat badan ideal, makanan rendah kalori ini juga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah kanker. Semua ini berkat kandungan omega 3 yang tinggi. Ada pula sebuah penelitian yang menyatakan bahwa mengonsumsi 5 ons salmon setiap minggu selama sebulan dapat membantu menurunkan berat badan sebanyak 10 kg.

Jamur Putih

pixabay.com

Untuk kamu yang vegetarian dan vegan, tenang dulu karena masih ada jenis makanan rendah kalori yang dapat kamu pilih. Salah satunya adalah jamur putih. Kalorinya rendah, hanya ada 15 kalori dalam setiap 70 gram jamur putih. Rasanya gurih dan kaya serat. Tambahkan makanan rendah kalori ini ke dalam sup atau salad favoritmu.

Ubi Jalar

pixabay.com

Bagi orang yang sedang diet dan menjaga berat badan ideal, ubi jalar cukup tersohor namanya. Makanan rendah kalori ini hanya memiliki 85 kalori per 100 gram. Kalau kamu kelaparan di tengah jam kerja, coba makan ubi jalar yang dikukus. Perut akan cepat kenyang, tapi berat badan tetap terjaga. Oh ya, ubi jalar juga baik untuk menjaga kesehatan usus dan melancarkan pencernaan, lho!

Apakah pada daftar tadi ada makanan rendah kalori yang merupakan makanan favorit kamu juga? Kalau ada, pastinya menjaga berat badan ideal terasa lebih ringan, ya. Selain mengonsumsi makanan rendah kalori tadi, perhatikan juga jadwal makanmu. Hindari makan pada tengah malam karena dapat mengganggu metabolisme tubuh dan meningkatkan kadar kolestrol. Bila perlu, lakukan olahraga ringan secara rutin. Berat badan ideal, tubuh jadi lebih sehat!

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya! Selain baca artikel, di Dekoruma kamu juga bisa sekaligus belanja furniture online, lho. Ada banyak pilihan furnitur multifungsi dan space-saving yang akan membuat fungsi ruang di hunian kamu makin maksimal dan efisien. Dekoruma jual rak buku, sofa bed, lemari pakaian, rak penyimpanan, meja kerja, hingga tempat tidur.

Ada juga aneka aksesoris rumah fungsional, seperti bantal sofa, karpet, cermin, tirai, dan kotak penyimpanan. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan ciptakanlah hunian yang nyaman karena kehidupan indah berawal dari rumah!