Langkah-langkah Menanam Bunga Anggrek yang Benar

Tentunya kamu tak asing dengan tanaman hias bunga anggrek. Ya, bunga anggrek merupakan tanaman hias populer di Indonesia dan memiliki varietas tak terbatas sehingga sangat mudah sekali ditemukan.

Meskipun tanaman ini dapat tumbuh di area outdoor maupun indoor, tapi bunga anggrek terkadang sulit tumbuh karena adanya kesalahan cara menanam. Nah, agar bunga anggrek dapat tumbuh secara optimal, simak cara menanam bunga anggredari Kania berikut ini!

Tentukan Jenis Bunga Anggrek

orchidrepublic.com

Cara menanam bunga anggrek pertama adalah menentukan jenisnya terlebih dulu. Tentu saja, kamu harus mencari tahu mengenai spesies bunga anggrek yang ingin ditanam sehingga tahu teknik perawatan yang pas.

Saat ini, terdapat ribuan spesies bunga anggrek yang bisa kamu pilih di pasaran. Namun, jika kamu merupakan pemula, kamu bisa memilih jenis bunga anggrek yang cenderung mudah ditanam, seperti phalaenopsis, cattleya, atau paphiopedilum.

Siapkan Media Tanam Bunga Anggrek

gardeningknowhow.com

Banyak orang menyamakan media tanam bunga anggrek seperti tanaman hias lainnya. Namun, hal tersebut dirasa kurang efektif karena kamu sebaiknya memberikan ruang yang cukup agar akar pada tanaman bunga anggrek dapat bernapas lebih maksimal. Maka dari itu, pastikan kamu memilih media tanam yang cukup besar dan berpori, seperti arang dan akar pakis agar pertumbuhan bunga anggrek makin optimal.

Pilih Pot Bunga Anggrek Secara Tepat

treehouse.co

Pemilihan pot untuk tanaman bunga anggrek sangatlah penting. Jika menggunakan pot yang tidak tepat, maka bunga anggrek jadi lebih mudah layu, menguning, bahkan mati. Adapun, salah satu jenis pot yang dapat kamu gunakan untuk menanam bunga anggrek sebaiknya terbuat dari tanah serta memiliki sistem drainase yang baik.

Dengan memilih pot tanah ketimbang pot plastik, tentu saja air dari penyiraman yang berlebihan dapat terserap secara maksimal. Selain itu, pilih juga ukuran pot tanaman yang tepat sesuai ukuran bunga anggrek agar tumbuh optimal.

Lakukan Proses Penanaman Bunga Anggrek

petalrepublic.com

Jika kamu telah mempersiapkan bunga anggrek, media tanam, serta pot tanah, maka kamu bisa beralih ke proses penanaman. Saat melakukan proses penanaman ini, pastikan kamu tidak menemukan akar bunga anggrek yang mati ataupun busuk.

Jika ada, langsung potong bagian akar yang rusak tersebut agar tidak mempengaruhi bagian akar yang kondisinya bagus. Apalagi, bagi beberapa orang, tanaman yang sudah mati bisa menjadi tanaman pembawa sial. Maka dari itu, pastikan untuk mengeceknya secara saksama, ya!

Setelah itu, kamu bisa mulai menanam bunga anggrek dengan memasukkan arang terlebih dulu ke dalam setengah bagian pot. Kemudian, taruh bunga anggrek di atas arang dengan menyebarkan akarnya. Proses selanjutnya, kamu bisa mengisi sisa pot dengan akar pakis sampai penuh hingga bunga anggrek dapat berdiri dengan tegak. Jika sulit, kamu juga bisa memanfaatkan kawat penyangga yang dililitkan di bagian samping pot agar bunga anggrek dapat berdiri tegak.

Lakukan Perawatan Bunga Anggrek

nbcnews.com

Selain memilih media tanam yang tepat, kamu juga perlu memerhatikan teknik perawatan tanaman bunga anggrek agar dapat tumbuh secara optimal. Adapun, proses perawatan ini dapat dilakukan secara sederhana sebab kamu hanya perlu menyiram tanaman bunga anggrek secara berkala.

Selain itu, pastikan juga bahwa bunga anggrek yang kamu tanam memperoleh sinar matahari yang cukup, tapi tidak berlebihan. Jika tanaman bunga anggrek sudah berukuran besar, kamu juga bisa mengganti pot tanaman dengan ukuran yang lebih memadai.

Inilah cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menanam bunga anggrek. Jadi, apakah kamu tertarik untuk menambah koleksi tanaman hias di rumah? Selamat menanam!

Baca juga artikel  menarik lainnya di Dekoruma! Selain artikel, Dekoruma juga menyediakan aneka furnitur multifungsi dan space-saving yang siap membuat hunian kamu makin efisien, lho. Di antaranya ada meja TV, sofa bed, coffee table, kursi makan, dan tempat tidur. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan wujudkanlah rumah impianmu karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!