Tips dan Trik Memasang Lampu Downlight pada Hunian Japandi

Desain bergaya Japandi sangatlah efektif membuat hunian tampak lebih leluasa dan nyaman berkat penggunaan perabotan multifungsi dan space-saving yang diadopsi di hampir seluruh ruangan. Namun, tak hanya penerapan desain yang tepat saja sebab pengaplikasian lampu pun akan memengaruhi desain dan mood rumah yang ingin ditonjolkan.

Salah satunya, kamu bisa menggunakan lampu downlight yang sangat cocok dijadikan pilihan untuk menyiasati ruangan agar terkesan lapang. Nah, sebagai inspirasi, Kania akan membagikan ide penggunaan lampu downlight di hunian Japandi yang telah dikerjakan oleh tim desain interior Dekoruma. Yuk, langsung saja intip di bawah ini! 

Ide Lampu Downlight dengan Pola Merata

dekoruma.com

Agar membuat ruangan tampak lapang dan leluasa, kamu bisa menggunakan beberapa lampu downlight sekaligus agar cahaya yang dihasilkan lebih maksimal dan tidak menyisakan area gelap di dalam ruangan. Seperti contoh pada hunian Japandi natural berikut ini, di mana pemasangan lampu downlight dengan pola merata sangatlah efisien membuat cahaya dapat tersebar ke seluruh penjuru ruangan dan membuat ruangan tampak lebih lapang. 

Lampu Downlight Wall Washing

dekoruma.com

Inspirasi selanjutnya adalah penerapan lampu downlight pada hunian Japandi dengan teknik wall washing. Penerapan teknik ini sangatlah pas untuk menonjolkan beberapa fitur di dalam ruangan.

Pada inspirasi di atas, dapat kamu lihat bahwa lampu downlight dibuat menyorot ke dinding untuk memberikan kesan ruangan yang apik dan menciptakan ilusi ruangan yang tampak lega sehingga makin terkesan space-saving. Jika tertarik mengadopsi teknik wall washing pada lampu downlight, kamu juga bisa menonjolkan beberapa aspek di dalam ruangan, misalnya bingkai foto, lukisan, bahkan patung. 

Ide Lampu Downlight dengan Teknik Indirect

dekoruma.com

Untuk menciptakan efek dramatis, kamu juga bisa mengadopsi lampu downlight yang dipasang dengan teknik indirect seperti pada gambar. Dengan penempatan lampu yang disembunyikan di balik celah plafon, cahaya yang dikeluarkan oleh lampu downlight ini pun tampak sangat menawan dan tentu saja membuat ruangan terkesan lebih rapi. 

Selain itu, penerapan lampu downlight dengan teknik indirect ini pun menghasilkan efek cahaya yang relatif fokus pada satu titik saja. Dengan demikian, sangat efektif untuk membuat ruangan ala Japandi terkesan unik dan mewah. 

Ide Lampu Downlight dengan Teknik Grazing

dekoruma.com

Kamu juga bisa menggunakan lampu downlight dengan teknik grazing untuk menonjolkan elemen dinding baik dari segi pemilihan warna ataupun tekstur seperti batu alam. Jika tertarik mengadopsi teknik ini, pastikan pemasangan antar lampu downlight diperhatikan secara cermat untuk mencegah adanya area gelap di dalam ruangan. Untuk penggunaan pada dinding yang polos di hunian Japandi, kamu bisa menonjolkan tekstur dari berbagai elemen dekoratif pada dinding, seperti lukisan yang tentunya akan menambah kesan cantik di dalam ruangan. 

Ide Lampu Downlight dengan Teknik Kombinasi

dekoruma.com

Kamu juga bisa mengombinasikan beberapa teknik pemasangan lampu downlight agar ruangan tampak atraktif. Seperti inspirasi hunian Japandi yang satu ini, di mana penggunaan teknik indirect, grazing, serta pemasangan dengan pola merata sangatlah berhasil membuat ruangan terkesan jauh lebih lapang dan membuat plafon seakan menjadi lebih tinggi. Alhasil, hunian akan makin nyaman untuk dihuni seluruh keluarga.

Selain memasang lampu downlight menggunakan teknik yang pas, kamu pun sebaiknya memperhatikan beberapa hal seperti memilih jenis trim yang tepat serta menentukan jenis cahaya yang dihasilkan karena berpengaruh terhadap mood ruangan. Kamu bisa, lho membeli lampu downlight secara online di Dekoruma!

Jika saat ini kamu tertarik mengaplikasikan lampu downlight pada hunian Japandi, tapi masih bingung mewujudkan teknik yang pas sesuai dengan desain dan kebutuhan, kamu juga bisa berkonsultasi dengan tim desain interior Dekoruma yang siap membantu kamu. Yuk, wujudkan hunian impian yang nyaman bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!