Aneka Jenis Makanan untuk Diet dan Menurunkan Berat Badan

Selain melakukan olahraga secara rutin, pemilihan menu makanan yang tepat juga menjadi kunci keberhasilan dari program diet. Sebab, mengonsumsi makanan yang salah bisa membuat program diet menjadi gagal, bahkan menyebabkan kenaikan berat badan.

Di artikel ini, Kania akan membagikan beberapa jenis makanan untuk diet yang bisa kamu konsumsi dan terbukti efektif menurunkan berat badan. Jadi, buat kamu yang sedang menjalankan program diet, simak informasi soal makanan untuk diet berikut ini, ya! 

Pepaya

healthline.com
 

Dapat ditemukan dengan mudah dan dijual dengan harga terjangkau, buah pepaya sangatlah pas dijadikan makanan untuk diet. Sebab, buah yang satu ini memiliki kandungan serat tinggi yang bagus untuk pencernaan sehingga sangat baik untuk kamu konsumsi. Selain itu, buah pepaya juga dapat menunda rasa lapar sehingga membuat program diet kamu makin efektif. 

Kacang Merah

healthline.com

Mengonsumsi kacang merah dalam jumlah banyak tak akan membuat kamu gemuk. Tak heran, makanan untuk diet ini kerap dipilih banyak orang karena tak hanya menyehatkan saja, tapi juga sangat nikmat disantap, terlebih jika diolah menjadi sup. Makanan untuk diet ini kaya akan serat sehingga dapat membuat perut kenyang lebih lama, serta memiliki kandungan berbagai nutrisi, seperti protein, vitamin B dan C, karbohidrat, serat, hingga zinc. 

Kentang

timesnownews.com
 

Makanan untuk diet yang satu ini kerap dipilih sebagai pengganti nasi karena memiliki rasa yang lezat dan dapat membuat kenyang lebih tahan lama. Selain itu, makanan untuk diet ini pun bisa diolah menjadi berbagai macam menu makanan sehat dan memiliki banyak nutrisi yang siap membantu program diet kamu lebih efektif. 

Oatmeal

medicalnewstoday.com
 

Cocok dijadikan sebagai makanan untuk diet, oatmeal memang memiliki kandungan karbohidrat, tapi tidak memiliki kandungan gula dan sangat rendah kalori. Jika kamu ingin memulai program diet, kamu bisa mengonsumsi makanan yang rendah kalori ini sebanyak tiga kali sehari, mulai dari makan pagi, siang, hingga malam, dan lakukan selama dua minggu sembari diimbangi dengan asupan sayur dan buah.

Telur

intellectwrite.com

Telur juga sangat cocok dijadikan sebagai makanan untuk diet karena mengandung lemak sehat dan memiliki kandungan protein tinggi. Pada telur, jumlah kalori di dalamnya tergolong minim dan saat kamu mengonsumsinya, kamu pun bisa merasa kenyang lebih lama. 

Dada Ayam

cookpad.com
 

Buat kamu yang ingin tetap mengonsumsi daging saat menjalankan program diet, maka dada ayam sangatlah pas untuk dipilih. Makanan untuk diet ini mengandung lemak dan kalori yang kecil dan memiliki kandungan protein tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan dan memaksimalkan program diet yang kamu lakukan. 

Ubi

healthline.com
 

Selain kentang, kamu juga bisa memilih ubi sebagai pengganti nasi. Kamu bisa mengolah makanan untuk diet ini sesuai selera, baik itu dengan cara kukus ataupun panggang. Saat mengonsumsi makanan untuk diet yang satu ini, kamu pun bisa merasakan berbagai manfaat, seperti kandungan vitamin dan mineral tinggi yang baik untuk kesehatan serta memiliki kalori yang rendah sehingga efektif membantu proses diet. 

Jeruk Bali

shutterstock.com

Makanan untuk diet yang terakhir adalah jeruk bali. Kamu bisa mengonsumsi setengah jeruk bali saat setengah jam sebelum makan untuk membantu merasa kenyang lebih lama. Selain itu, jeruk bali pun memiliki kalori yang rendah dan mengandung lebih dari 15 vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Itulah jenis-jenis makanan untuk diet yang bisa kamu pilih dan konsumsi setiap hari. Yuk, perhatikan pola makan dan pilih menu makanan yang sehat agar program diet kamu lebih efektif!

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di Dekoruma! Selain artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur kekinian yang multifungsi dan space-saving untuk membuat hunian kamu makin estetik dan efisien. Mulai dari meja rias, rak display, sofa minimalis, rak buku, lemari, hingga coffee table, semuanya ada. Modelnya pun bervariasi dan harganya ramah di kantong. Tunggu apa lagi? Llangsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan ciptakanlah hunian yang nyaman karena kehidupan indah berawal dari rumah!