Tips dan Trik Membersihkan Kaca Aquarium agar Kinclong Kembali

Bagi pecinta hewan peliharaan ikan, kaca aquarium yang kurang kinclong pasti membuat kesal. Apalagi, kondisi kaca aquarium yang bertahun-tahun makin berkerak dan buram, rasanya bikin frustasi, ya. Lalu, apakah aquarium harus selalu dibuat baru lagi agar tetap tampil menarik? Jawabannya, nggak harus, kok karena ada beberapa cara membersihkan kaca aquarium yang pasti manjur.

Jangan biarkan kaca aquarium yang buram memudarkan rasa cintamu terhadap hobi memelihara ikan hias. Yuk, simak dulu cara membersihkan kaca aquarium yang berkerak dan buram dari Kania berikut ini!

1. Menggunakan Odol atau Pasta Gigi

healthline.com

Pertama, ada cara membersihkan kaca aquarium yang paling mudah dan terjangkau, yaitu dengan menggunakan odol atau pasta gigi. Meskipun biasa digunakan sebagai pembersih gigi atau penghilang bau mulut, ternyata pasta gigi sangat efektif digunakan untuk membersihkan kaca aquarium yang buram dan berkerak.

Hal yang harus lakukan dalam cara membersihkan kaca aquarium ini adalah membilas seluruh bagian aquarium dengan air. Selanjutnya, oleskan pasta gigi ke permukaan kaca yang buram atau berkerak dan biarkan selama 15 -30 menit. Setelah itu, bilaslah bagian tersebut dengan air hangat, niscaya kotoran atau kerak pada kaca akan terangkat. Jangan lupa lap permukaan kaca dengan kain yang kering supaya makin kinclong.

2. Memelihara Ikan Pembersih (Ikan Sapu-sapu)

shutterstock.com

Bagi kita yang tidak mempunyai banyak waktu, ada nih jenis ikan andalan yang bisa turut menjaga kebersihan aquarium. Siapa lagi kalau bukan si ikan sapu-sapu. Selain sebagai ikan hias, ikan sapu-sapu sering juga dimanfaatkan sebagai cara membersihkan kaca aquarium, terutama bagian dalamnya.

Dengan badannya yang lengket pada dinding aquarium, hewan yang termasuk jenis ikan hias air tawar ini bisa membersihkan aquarium dari lumut dan kotoran yang menempel di permukaan aquarium. Bahkan, ikan ini sering disebut janitor fish alias ikan bersih-bersih. Cobain deh pelihara ikan sapu-sapu untuk jadi cara membersihkan kaca aquarium. 

3. Pembersih Kaca Aquarium Magnet

amazon.co.uk

Magnet pembersih kaca menjadi barang yang berguna bagi penggemar aquarium atau yang hobi memelihara ikan hias. Cara kerja alat ini cukup efektif sebagai cara membersihkan kaca aquarium. Dilengkapi dengan sikat pada satu sisi dan magnet di sisi lainnya, kita dapat membersihkan kaca aquarium tanpa memasukkan tangan ke dalam air. 

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Tempatkan magnet pada luar yang disertai pegangan, dan bagian sikat menghadap ke dalam. Lalu, gerakkan ke seluruh permukaan aquarium sebagai cara membersihkan kaca aquarium yang praktis. 

4. Cuka dan Air Hangat

shutterstock.com

Selain ampuh membersihkan marmer, keramik, ataupun granit, cuka juga sangat ampuh digunakan sebagai cara membersihkan kaca aquarium yang berkerak. Kamu bisa mencampurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:4  ke dalam botol semprot, kemudian semprotkan cairan cuka tersebut ke permukaan kaca aquarium yang berkerak dan buram.

Diamkan selama 15-20 menit. Kemudian, gunakan kain kering untuk menggosok ke seluruh permukaan aquarium hingga bersih. Bilaslah dengan air yang mengalir dan ulangi proses tersebut hingga tidak ada lagi kerak atau sisa kotoran yang membandel. Setelah menerapkan cara membersihkan kaca aquarium ini, pastikan bahwa aquarium benar-benar sudah bersih sebelum digunakan kembali karena kandungan dalam cairan cuka dapat membahayakan ikan hias kesayangan.

5. Pembersih Kaca Khusus Aquarium

neighbor.com

Cara membersihkan kaca aquarium yang terakhir ini termasuk yang paling efektif, yaitu dengan menggunakan cairan pembersih khusus kaca aquarium. Cairan pembersih aquarium sudah diformulasi sedemikian rupa supaya bisa dijadikan cara membersihkan kaca aquarium yang lebih terjamin. 

Umumnya, produk pembersih aquarium tersedia di toko ikan hias dan terdiri dari berbagai macam merek dan jenis. Cairan ini dapat dipakai di bagian dalam maupun luar aquarium. Cara membersihkan kaca aquarium pun menjadi sangat mudah, yaitu hanya dengan menyemprotkan cairan khusus tersebut ke permukaan aquarium yang buram. 

Dengan menggunakan cairan khusus sebagai cara membersihkan kaca aquarium, umumnya prosesnya juga cepat sehingga bisa segera melihat hasilnya. Hanya beberapa menit saja, kerak dan kotoran akan lepas. Cairan pembersih ini pun bisa diaplikasikan sekali lagi apabila kaca dirasa kurang mengilap.

Sudah siap menerapkan cara membersihkan kaca aquarium di rumah? Semoga artikel ini dapat membantu kamu mengembalikan kaca aquarium jadi kinclong lagi, ya! 

Sedang mencari furnitur baru untuk mengubah tampilan rumah yang sudah mulai membosankan? Dekoruma juga jual aneka furniture minimalis dengan model kekinian, lho! Ada pula jenis furnitur multifungsi dan space-saving dengan harga terjangkau yang bisa kamu pilih, seperti meja TV, sofa, kursi makan, rak display, meja rias, dan tempat tidur.

Buat kamu atau mungkin yang istrinya lagi mencari jasa pembuatan kitchen set, tim Dekoruma juga siap membantu, lho! Kami siap melayani pembuatan kitchen set untuk di berbagai kota, mulai dari Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, hingga kitchen set Bandung dan Surabaya. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impian yang nyaman bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!