Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Tubuh

Banyak tumbuhan herbal yang bisa kamu jadikan alternatif tiap kali mengalami masalah kesehatan. Di antara banyaknya tumbuhan herbal tersebut, jangan lupa untuk memanfaatkan daun mint. Tanaman yang pertama kali ditemukan Eropa ini punya segudang manfaat kesehatan yang nggak bisa dipandang remeh.

Kebanyakan daun mint dimanfaatkan untuk menjadi campuran obat batuk karena sifatnya yang menenangkan. Namun, tanaman herbal ini juga kaya antioksidan dan merupakan sumber vitamin A yang melimpah sehingga khasiat kesehatannya sebenarnya sangat beraneka macam.

Nggak perlu mereka-reka apa saja manfaat dari daun mint yang bisa mengusir beragam permasalahan kesehatan kamu. Berikut ini, Kania sudah merangkum beberapa manfaat dari daun mint yang mungkin saja kamu butuhkan saat ini ataupun di kemudian hari. Yuk, simak bersama!

Bantu Obati Gejala Asma

indianexpress.com

Daun mint memiliki kandungan antioksidan dan mentol yang tinggi. Kombinasi kedua kandungan ini sangat ampuh membantu membuka saluran pernapasan dan meredakan peradangan di saluran tersebut. Karena alasan inilah, daun mint sangat pas dijadikan obat alternatif untuk mengurangi gejala asma.

Sakit Kepala Lenyap dengan Daun Mint

pregnancypathways.com

Sering merasa sakit kepala atau pusing sehingga aktivitas terganggu? Coba deh rutin mengonsumsi satu gelas seduhan daun mint. Kandungan pada tanaman herbal ini bisa mengendurkan otot-otot kepala yang tegang sehingga sakit kepala lenyap seketika. Aromanya yang menenangkan juga bisa melancarkan aliran darah ke otak sehingga rasa pusing tidak akan datang lagi.

Atasi Nyeri Haid dengan Daun Mint

doctoranywhere.com

Buat para wanita, apakah kamu termasuk yang suka mengalami nyeri yang sulit tertahan di perut maupun pinggang saat menstruasi? Cobalah untuk menangani nyeri haid tersebut dengan memanfaatkan daun mint. Ekstrak daun mint terbukti ampuh mengurangi gejala nyeri haid yang sama efektifnya dengan memakai obat penreda nyeri.

Jaga Kesehatan Mulut dan Gigi

adityabirlacapital.com

Daun mint punya kandungan yang efektif membunuh bakteri yang menempel di gigi maupun gusi. Ini bisa membantu mengurangi risiko terkena sakit gigi, sakit gusi, ataupun bau mulut. Karena alasan ini pula, banyak obat kumur dan pasta gigi yang memakai ekstrak daun mint.

Sedang Diet? Manfaatkan Daun Mint!

healthline.com

Daun mint punya manfaat sebagai pelarut lemak sehingga pas untuk dijadikan alternatif untuk kamu yang sedang mencoba diet. Untuk program diet, kamu bisa menyeduh segelas daun mint dua kali sehari yang diminum saat pagi dan sebelum tidur. Selain karena efektif sebagai pelarut lemak, tanaman herbal ini juga ampuh membentuk enzim pencernaan yang membuat metabolisme lebih lancar. Untuk memaksimalkan program diet, lakukan juga gerakan untuk mengecilkan perut.

Daun Mint Obati Gangguan Tidur

henryford.com

Sering begadang bukan cuma meningkatkan risiko kenaikan berat badan, tapi juga berpotensi membuat risiko penyakit kronis meningkat. Masalahnya, kebiasaan begadang bukan hanya karena seseorang punya urusan, tapi sering terjadi karena mengalami gangguan tidur, seperti insomnia.

Kamu bisa mencoba merasakan manfaat daun mint dengan mengonsumsi satu gelas seduhan teh daun mint sebelum tidur ataupun memakainya sebagai minyak aromaterapi. Dijamin, tidur kamu lebih nyenyak!

Hilangkan Ketombe di Kulit Kepala

shutterstock.com

Daun mint juga sangat efektif membuat rambut dan kulit kepala kamu lebih sehat. Memakai shampo yang mengandung ekstrak daun mint ampuh menghilangkan ketombe di kulit kepala. Bahkan, bisa juga untuk mengatasi rasa gatal di kepala.

Daun Mint Redakan Gangguan Pencernaan

webmd.com

Di pencernaan yang sehat, di situ kesehatan kamu bisa lebih terjaga. Salah satu tanaman herbal yang punya manfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan adalah daun mint. Ini karena daun mint punya senyawa alami berjenis mentol yang bisa merelaksasi otot di saluran pencernaan sehingga saluran pencernaan lebih lancar.

Kurang banyak apalagi manfaat daun mint buat kesehatan kamu dan keluarga? Bahkan, di samping semua manfaat kesehatan di atas, kamu juga bisa menggunakan daun mint sebagai cara mengusir curut, lho. Yuk, jangan malas menyeduh daun mint dan mengonsumsinya untuk kesehatan tubuh yang lebih prima!

Temukan artikel dengan informasi bermanfaat lainnya di Dekoruma! Selain menyediakan artikel, Dekoruma juga jual beragam furnitur multifungsi dan space-saving (hemat tempat) untuk hunianm, lho. Beberapa di antaranya ada tempat tidur, sofa bed, lemari pakaian, kabinet dapur, meja kerja, dan rak buku.

Buat kamu yang lagi cari dekorasi kekinian, Dekoruma juga menyediakannya untukmu! Ada banyak dekorasi cantik dan fungsional yang bisa kamu pilih, Dekoruma jual karpet, bantal sofa, lampu gantung, dan cermin. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan wujudkanlah rumah impianmu karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!