Memahami Penyebab Banjir Serta Langkah-langkah untuk Mencegahnya

Memasuki penghujung tahun menandakan pula kalau musim di Tanah Air akan berganti ke musim hujan. Setiap kali musim hujan tiba, masyarakat selalu was-was dengan banjir. Bencana ini dapat membuat kegiatan jadi terhambat, hunian rusak, bahkan sejumlah orang kehilangan nyawa. Hujan memang tidak bisa dihindari, tapi sesungguhnya banjir bisa dicegah oleh seluruh lapisan masyarakat. Tentunya dengan memahami dulu apa sebenarnya penyebab banjir yang kerap terjadi di Tanah Air.

Tidak ada kata terlambat, kok. Yuk, pahami bersama Kania penyebab banjir dan cara mencegahnya melalui ulasan di bawah ini!

Penebangan Hutan Liar

pixabay.com

Salah satu penyebab banjir yang utama adalah maraknya penebangan hutan liar. Kegiatan ilegal ini membuat daerah resapan air berkurang. Padahal, area resapan air sangat bermanfaat untuk menyerap air hujan sehingga risiko banjir dan juga tanah longsor dapat dihindari.

Untuk pencegahannya, pemerintah perlu lebih tegas dalam menindak pelaku penebangan hutan liar. Sementara itu, sebagai masyarakat, kita perlu melestarikan hutan dan mengesampingkan keuntungan dari penebangan liar.

Buang Sampah Sembarangan

pixabay.com

Penyebab banjir yang satu ini kerap terjadi di perkotaan dan pedesaan. Kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan dapat membuat aliran air tersumbat. Selokan air jadi meluap. Aliran sungai juga terhambat oleh sampah sehingga airnya meluap membanjiri area di sekitarnya. Tidak ada cara lain untuk melenyapkan penyebab banjir ini selain disiplin terhadap diri sendiri. 

Buanglah sampah pada tempatnya. Bila perlu, lakukan daur ulang. Beri contoh yang benar kepada anak-anak sejak dini. Jangan ragu juga untuk menegur orang yang kerap membuang sampah sembarangan. Kamu pun bisa memaksimalkan pencegahan banjir ini dengan mengurangi penggunaan kantong plastik agar tidak banyak limbah plastik yang menumpuk di pusat pembuangan.

Membangun Permukiman Liar di Bantaran Sungai

mongabay.co.id

Kamu pernah lihat ada banyak permukiman liar yang berada di bantaran sungai? Inilah salah satu penyebab banjir yang kerap terjadi di ibukota. Permukiman liar ini menuai banyak masalah. Para warganya akan lebih mudah terpancing untuk membuang sampah ke sungai sehingga terjadi pendangkalan sungai. Bantaran sungai pun menjadi ambles dan menutup sisi sungai sehingga terjadi penyempitan aliran sungai.

Untuk meminimalisir banjir yang terjadi akibat permukiman liar ini, dibutuhkan kesadaran masing-masing orang. Pemerintah juga perlu memberi penyuluhan dan alternatif permukiman yang layak agar tidak mengganggu kelancaran aliran sungai.

Kontur Dataran Rendah

pixabay.com

Air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah. Teori dasar ini juga turut andil sebagai penyebab banjir di Tanah Air. Daerah-daerah di dataran rendah kerap menjadi sasaran banjir. Bentuk pencegahan dari penyebab banjir ini yang bisa dilakukan adalah membangun bendungan serta saluran air yang baik. Air hujan yang tertampung di bendungan ini nantinya dapat dimanfaatkan untuk pengairan sawah dan sebagainya.

Curah Hujan Tinggi

pixabay.com

Penyebab banjir yang selanjutnya adalah curah hujan yang tinggi. Ya, ada kalanya curah hujan begitu tinggi sehingga masyarakat tidak bisa berbuat banyak. Misalnya saja pada musim hujan di awal tahun 2020 yang berlangsung deras selama 3 hari tanpa henti. Penyebab banjir berupa kondisi cuaca yang ekstrem ini tidak dapat dihindari. Namun, bertahanlah dengan mengungsi ke daerah yang lebih tinggi dan tetap jaga kesehatan.

Kesalahan Tata Ruang dan Pembangunan

pixabay.com

Di perkotaan, tata ruang dan pembangunan yang salah akan menjadi penyebab banjir. Pelapisan aspal di sejumlah jalan dan pembangunan gedung-gedung tanpa memperhatikan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) akan membuat air hujan tidak bisa terserap tanah. Ekspansi area pembangunan ke kawasan hutan, rawa, dan pantai juga membuat lahan hijau berkurang sehingga tidak ada area resapan air.

Untuk menghindari penyebab banjir yang satu ini, tentu pembangunan kota harus memperhatikan AMDAL. Selain itu, perlu juga penyediaan ruang terbuka hijau untuk resapan air.

Demikian 6 penyebab banjir yang paling sering memicu banjir di Tanah Air. Melalui penjelasan singkat ini, semoga kita semua semakin sadar untuk menjaga perilaku sehingga tidak terjadi banjir besar-besaran. Mencegah banjir itu lebih mudah dibandingkan mengatasi kerugian yang ditimbulkan. Setuju?

Temukan artikel dengan ragam informasi bermanfaat lainnya di Dekoruma! Selain artikel, kamu juga bisa menemukan aneka jenis furnitur multifungsi dan space-saving (hemat tempat) untuk hunianmu, lho. Beberapa di antaranya ada meja TV, sofa bed, rak buku, lemari pakaian, kabinet dapur, dan meja rias.

Ada pula dekorasi kekinian yang fungsional, seperti bantal sofa aneka motif dan warna, cermin, karpet, tirai, serta lampu gantung. Yuk, langsung saja cek semuanya di Dekoruma dan wujudkanlah rumah impianmu karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!