Rekomendasi Makanan Indonesia yang Khas dan Lezat

Makanan Indonesia terkenal kaya akan rempah-rempah dan menggunakan bahan yang jarang dijumpai di negara lain. Rasanya enak, gurih, dan unik. Masalahnya, semua daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya sendiri. Kalau mau mencicipi semua, tidak akan ada habisnya. Jadi, Kania dengan senang hati merangkum daftar makanan Indonesia yang enak dan wajib kamu cicipi. Yuk, simak bersama!

Mie Aceh

shutterstock.com

Sesuai dengan namanya, makanan Indonesia yang satu ini berasal dari Aceh. Mienya berukuran tebal dan besar daripada mie biasa. Mie ini dimasak dengan cara digoreng bersama rempah-rempah dengan tambahan daging sapi atau seafood. Rasanya gurih dan sedikit pedas. Makanan ini akan semakin nikmat jika disantap dengan acar bawang merah.

Kerak Telor

shutterstock.com

Untuk yang tinggal di Jakarta, pasti sudah tidak asing lagi dengan kerak telor. Makanan Indonesia ini dibuat dari telur bebek, ketan, dan serundeng. Ketiga bahan tadi diaduk rata lalu dibakar di atas wajan hingga kering. Aroma telur dan serundengnya sangat menggoda. Makanan ini paling banyak ditemukan saat ajang Pekan Raya Jakarta.

Ayam Betutu

shutterstock.com

Beralih ke Bali, ada makanan khas bernama ayam betutu. Makanan Indonesia yang tampak sederhana ini, nyatanya membutuhkan banyak rempah-rempah dan waktu yang lama untuk memasaknya. Rempah-rempahnya sendiri menggunakan serai, daun belimbing wuluh, daun jeruk, daun pisang, bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit, jahe, lengkuas, terasi, dan kencur. Ayam yang sudah dibumbui rempah-rempah tadi dibungkus dengan daun pinang, lalu dikubur dalam bara selama 8 hingga 10 jam.

Lumpia Semarang

shutterstock.com

Lumpia Semarang merupakan salah satu makanan Indonesia peranakan. Lumpia ini berisi rebung, telur, serta daging ayam atau udang. Lumpia Semarang ini biasa dimakan dengan kuah cocolan spesial yang teksturnya lengket/kental. Lalu, ada pula acar pendamping berupa timun putih yang hanya ada di Semarang dan tunas bawang merah. Rasanya gurih, manis, sekaligus menyegarkan.

Gudeg

shutterstock.com

Kalau makanan Indonesia yang satu ini berasal dari Yogyakarta. Isiannya berupa daging ayam, telur, tempe, tahu, nangka, dan krecek. Ciri khasnya adalah warnanya yang serba cokelat. Warna cokelat ini tercipta berkat daun jati yang dimasak bersamaan dengan gudeg dalam waktu berjam-jam. Makanan Indonesia ini tidak mudah basi sehingga sering dijadikan bekal untuk tentara yang akan berperang. 

Sate Maranggi

shutterstock.com

Bicara makanan Indonesia khas Purwakarta, ada sate maranggi yang menanti dibahas. Sate ini menggunakan daging sapi atau kambing. Yang menjadikannya unik dan enak adalah proses marinasi daging dengan beragam rempah. Sate Maranggi paling nikmat disajikan dengan acar sambal tomat, sambal oncom, atau ketan bakar.

Selat Solo

shutterstock.com

Makanan Indonesia peranakan ada banyak. Kali ini ada selat solo yang mendapat pengaruh dari makanan Eropa. Isi dari selat solo ini adalah wortel dan buncis rebus, telur rebus, selada, serta keripik kentang yang disiram semur daging. Makanan Indonesia ini wajib dihidangkan bersama saus spesial yang dibuat dari campuran mustard dan kuning telur rebus. Rasanya sedikit asam dan manis.

Pempek

shutterstock.com

Kurang sah kalau belum membahas makanan Indonesia yang nikmat dicemil sore-sore. Ada pempek dari Palembang yang dibuat dari tepung dan daging ikan. Bentuknya ada yang bulat, lonjong, dan menyerupai kapal selam (berisi telur). Pempek wajib dimakan dengan cuka yang pedas dan asam, serta bubuk ebi dan potongan timun. Dimakan sore-sore sambil duduk di kursi teras rumah bikin mata melek dan siap beraktivitas kembali, deh!

Delapan makanan tadi hanyalah sebagian kecil dari makanan Indonesia yang enak dan wajib dicicipi. Kalau kamu punya rekomendasi lain, boleh beritahu Kania, ya!

Selain informasi mengenai rekomendasi makanan Indonesia di atas, temukan juga artikel mengenai desain serta tips dan trik seputar home & living di Dekoruma! Tak hanya artikel saja, kamu juga bisa sekaligus belanja aksesoris rumah dan furniture online, lho. Dekoruma jual sofa minimalis, lemari pakaian, kursi makan, meja kerja, tempat tidur, cermin, karpet, taplak meja,  dan yang lainnya. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan ciptakanlah hunian yang nyaman karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!