Tidak semua orang mampu membeli rumah yang besar dengan kamar-kamar yang luas. Namun, besar tidaknya sebuah rumah sebenarnya bukan hal yang utama. Meskipun kecil dan sederhana, asal ditata dan dirawat dengan baik, kamu pasti bisa merasa nyaman tinggal di dalamnya.

Salah satu bagian yang cukup penting dari sebuah rumah adalah kamar tidur. Untuk rumah yang kecil, kamar tidur yang ada juga biasanya kecil. Supaya kamar tidur tersebut tidak terkesan sempit, ada tujuh tips dekorasi kamar tidur kecil yang bisa kamu lakukan:

1. Pilih Warna Netral untuk Dinding

twitter.com

Pada saat tidur, seseorang pasti membutuhkan ketenangan dan kenyamanan. Salah satu cara untuk menciptakan kenyamanan adalah pemilihan warna dinding di kamar tidur. Warna putih dianggap sebagai warna yang paling menenangkan. Selain itu, warna putih juga membuat ruangan menjadi tampak lebih luas.

Selain warna putih, kamu juga bisa menggunakan warna-warna pastel, seperti krem, biru muda, atau pink lembut. Pilihlah satu warna saja untuk menjadi warna dasar yang dominan di dalam ruangan kamar tidur. Terlalu banyak memakai warna justru bisa membuat kamar terasa penuh dan sumpek.

Jika kamu ingin kamarmu tidak terlihat terlalu polos, itu bisa diatur kok. Manfaatkan saja wallpaper untuk dinding kamar. Namun, lakukan hal itu di salah satu sisi dinding, bukan di seluruh dinding. Kamu juga bisa menempelkan wallpaper stiker sebagai hiasan.

2. Gunakan Furnitur Fungsional

pinterest.com

Furnitur fungsional adalah furnitur yang bisa sekaligus mempercantik ruangan. Furnitur ini pun bermanfaat bagimu. Salah satu contohnya adalah pemilihan rak. Ada rak yang berdiri sendiri, ada pula rak dinding yang bisa ditempel di permukaan tembok.

Kamu bisa menempelkan sebuah rak yang bisa berfungsi sekaligus untuk mempercantik ruangan. Kalau kamu ingin menggunakan TV di kamar, gunakan rak TV yang bisa sekaligus menyimpan barang-barangmu.Letakkanlah barang-barangmu dengan rapi di rak tersebut dan bersihkan secara berkala. Dengan demikian, kamu bisa menghemat tempat.

3. Pemilihan dan Penempatan Tempat Tidur

google.com

Sebagian besar orang lebih nyaman menggunakan ranjang yang besar dan luas. Namun, tentu saja hal ini tidak bisa diaplikasikan pada kamar tidur yang berukuran kecil. Oleh karena itu, kamu bisa memilih sebuah tempat tidur yang tidak terlalu kecil, juga tidak terlalu besar. Untuk kasurnya, kamu pun bisa memilih merek kasur yang memiliki banyak ukuran, seperti kasur Lady Americana sehingga bisa disesuaikan dengan ukuran tempat tidur yang kamu pilih.

Pilihlah ranjang yang tidak memiliki terlalu banyak ornamen sehingga tidak menghabiskan ruang dengan sia-sia. Jika perlu, pastikan juga bagian bawah ranjang terlihat kosong sehingga menciptakan kesan luas dan terbuka.

Kamu juga bisa mempergunakan ranjang yang bersifat buka tutup. Ketika siang hari dan tidak dipergunakan, ranjang bisa ditutup kembali. Dengan demikian, kamar tidur juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan lain tanpa harus terganggu oleh kehadiran ranjang.

Jika berencana menempati kamar tersebut dengan orang lain, kamu bisa juga menggunakan ranjang tingkat. Supaya tidak terkesan sumpek, manfaatkanlah ruang kosong di bawah ranjang tingkat sebagai lemari pakaian atau tempat penyimpanan barang lainnya. Ini tentu sesuai dengan konsep pemanfaatan ruang yang efektif.

Hal lainnya adalah kamu juga perlu melihat apakah menempatkan ranjang di sisi kamar akan lebih baik ketimbang di tengah ruangan. Dengan menempelkan ranjang di sisi dinding, kamu bisa menghemat ruang di tengah sehingga bisa digunakan untuk bergerak dengan aktif.

4. Jangan Menggunakan Banyak Bantal

pinterest.com

Sebagian orang senang menyediakan banyak bantal di ranjang. Selain untuk menyangga kepala, bantal-bantal ini juga sering menjadi bagian dekorasi kamar. Kadang-kadang, jumlahnya melebihi kebutuhan penghuni kamar tersebut. Nah, ini adalah tindakan yang salah.

Menempatkan terlalu banyak bantal di kamar tidur justru akan membuat kamar menjadi lebih sempit karena bantal-bantal tersebut pasti memakan ruang yang masih tersedia. Jika kamu suka dengan bantal-bantal yang cantik dan kelihatan berseni, putuskan saja satu atau dua bantal yang paling kamu sukai. Lalu, tempatkan di tempat tidur seperti biasa.

5. Kurang Cahaya

pinterest.com

Meskipun digunakan untuk tidur, bukan berarti kamar tidur tidak perlu pencahayaan yang baik. Pencahayaan yang baik, baik pada siang hari maupun malam hari, juga turut berperan untuk membuat kamar tidur terasa nyaman.

Jendela yang terbuka setiap hari tentu akan membuat suasana di dalam kamar pun terasa lebih segar. Pada malam hari, kamu bisa memanfaatkan lampu-lampu gantung yang cukup terang. Ketika tidur, gunakanlah lampu tidur yang bisa ditempatkan di pinggir ranjang.

6. Tata secara Vertikal

archdaily.com

Karena sempit, tentu saja ruang utnuk meletakkan furnitur atau benda apa pun menjadi terbatas. Oleh karena itu, kamu bisa menata semuanya secara vertikal. Secara psikologis, hal ini juga menciptakan kesan luas dan menghindari kesan sempit.

Jika kamu memiliki rak, misalnya, carilah rak yang tinggi dan ramping daripada rak yang lebar dan pendek. Ini semua berakibat pada perasaan kita ketika berada di kamar tersebut.

7. Pintu Geser

houzz.com

Model pintu kamar tidur ternyata juga berpengaruh dalam menciptakan kesan luas. Jika kamu ingin membuat kamar tidur tersebut tidak terasa sempit, gunakanlah model pintu kamar yang bisa digeser. Dengan demikian, ruang di dalam kamar tidak termakan oleh daun pintu ketika dibuka.

8. Gunakan Furnitur Minimalis

Apakah kamu juga ingin memanfaatkan ruang tidur sebagai tempat untuk belajar atau bekerja di meja? Berhati-hatilah dalam memilih meja dan kursi untuk kebutuhan yang satu ini.

Penggunaan meja dan kursi yang besar dan tebal pada dasarnya menciptakan kesan sumpek. Sedangkan kursi dengan kaki penyangga yang ramping akan membuat kamu merasa lebih bebas dan santai. Kursi juga lebih mudah dipindahkan ke mana saja.

9. Pemilihan Corak Sprei dan Selimut

google.com

Selain ukuran ranjang, corak sprei dan selimut juga turut berperan dalam menentukan apakah ruang tidur akan terkesan luas atau tidak. Ingatlah jika selimut tebal dan berjumbai seringkali memunculkan kesan yang sempit.

Sebaliknya, gunakanlah sprei dan selimut yang tidak telalu tipis, juga tidak telalu tebal. Untuk corak, kamu bisa menggunakan sprei dengan warna-warna yang netral dan cerah. Untuk menambah estetika, kamu bisa sedikit menggunakan warna-warna ceria pada sarung bantal. Namun, terlepas dari pemilihan sprei dan selimut yang tepat, pastikan kamu menggunakan kasur berkualitas yang nyaman, ya seperti kasur Serta dan King Koil!

10. Gunakan Cermin

24spaces.com

Cermin bisa membuat ruangan sempit menjadi kelihatan lebih besar. Ruang maya yang terlihat melalui cermin akan membuat kamar tidur kamu menjadi semakin luas. Selain itu, cermin juga menjadi properti wajib bagi orang-orang yang bekerja di bidang formal sehingga harus berangkat dalam kondisi rapi.

Pilihlah jenis cermin yang tidak memiliki terlalu banyak ornamen di sekitarnya. Jangan lupa, cermin dengan ukuran memanjang akan lebih baik efeknya.

11. Usahakan Lantai Tetap Bersih

google.com

Kadang-kadang, lantai juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk menaruh barang-barang tertentu, misalnya tumpukan pakaian atau barang-barang lain yang tentu saja kurang penting. Bahkan, kamu seharusnya mengurangi barang-barang, seperti televisi yang dimasukkan ke dalam kamar. Untuk menjaga lantai tetap bersih dan rapi, kamu bisa meletakkan barang-barang di atas side table atau simpan di dalam lemari khusus.

Nah, dari 11 tips tersebut, bagian mana yang sudah kamu lakukan untuk membuat dekorasi kamar tidur kecil menjadi lebih luas? Jangan lupa lengkapi juga kamar tidurmu dengan kasur berkualitas yang nyaman! Kamu bisa menemukannya di Dekoruma yang jual kasur The Luxe, kasur Elite, kasur Guhdo, dan beragam merek kasur ternama lainnya. Tak hanya itu, Dekoruma juga jual lampu hias yang siap mempercantik kamar tidurmu. Yuk, langsung saja kepoin Dekoruma!