Desain Ruang Tamu di Teras Rumah Type 36 yang Nyaman dan Asyik

Rumah type 36 merupakan tipe yang pas untuk dihuni keluarga kecil. Ruangan-ruangan esensial pada denah rumah type 36 biasanya tetap dapat dihadirkan meski lahannya terbatas. Untuk ruang tamu, kehadirannya cukup tricky. Kalau kamu jarang kedatangan tamu, rasanya sayang membangun ruang tamu di dalam rumah. Sebagai gantinya, bagaimana kalau membuat ruang tamu di teras rumah type 36?

Membangun ruang tamu di teras rumah type 36 tidak hanya space-saving, tapi juga memberikan privasi penuh bagi penghuni rumah. Ditambah lagi saat era pandemi seperti ini, rasanya lebih aman kalau menyambut tamu di luar ruangan. Tertarik untuk menghadirkan ruang tamu di teras rumah type 36? Simak inspirasi dari Kania berikut ini, ya!

Nuansa Rustic Minimalis nan Nyaman

arnoldgartenbau.ch

Nuansa rustic minimalis bisa mempercantik ruang tamu di teras rumah type 36. Ada sofa bentuk L yang cocok ditempatkan pada sudut teras. Lengkapi ruang tamu ini dengan meja kopi dan lemari dari kayu dengan gaya jadul.

Tambahkan juga bantal sofa dan karpet untuk menghadirkan kesan nyaman. Penataan ruang tamu ini juga multifungsi karena bisa digunakan untuk para penghuni bersantai di pagi dan sore hari.

Anti Panas dengan Tirai

shopify.com

Posisi ruang tamu di teras rumah type 36 berarti kamu harus bersiap dengan sinar matahari. Inspirasi ruang tamu di teras type 36 kali ini memanfaatkan tirai kain yang mudah dibuka-tutup dan dipasang di pergola kayu warna putih.

Saat menerima tamu di siang hari, tutup tirainya supaya nyaman mengobrol. Penggunaan tirai ini pun sangat praktis, menciptakan nuansa soft, dan anti sumpek dibandingkan dengan membangun dinding.

Cukup 2 Kursi

southernliving.com

Rumah dengan teras mungil juga tetap memungkinkan untuk jadi multifungsi sebagai ruang tamu. Terapkan saja gaya sederhana dan cukup gunakan dua buah kursi.

Pilih furnitur dari kayu berwarna cerah. Lalu, tambahkan tanaman dalam pot seperti palem atau pucuk merah pada sudut ruang tamu di teras rumah type 36. Letakkan set meja dan kursi teras tersebut di bagian samping. Dengan demikian, tidak akan menghalangi jalan masuk ke rumah.

Minimalis Modern Serba Abu-abu

houzz.com

Untuk ruang tamu di teras rumah type 36 bergaya minimalis modern, warna abu-abu adalah pilihan tepat. Kesannya jadi lebih tegas bersanding dengan suasana outdoor.

Furnitur yang digunakan pada ruang tamu di teras rumah type 36 ini dibuat dari material besi yang tahan serangan cuaca. Khusus untuk sofa, bagian dudukan dan sandaran bisa dilepas dengan mudah sehingga ketika hujan turun, tidak perlu mengangkut semua bagian sofa.

Kembali ke Alam

hgtv.com

Ruang tamu di teras rumah type 36 dengan tema kembali ke alam ini didominasi dengan warna-warna cokelat dan hijau. Lantainya menggunakan keramik tanah liat, sedangkan tempat duduk dan meja terbuat dari material rotan.

Sekilas ruang tamu di teras rumah type 36 ini terlihat tradisional, tapi kamu tetap bisa beri sentuhan modern supaya cocok dengan lingkungan perkotaan. Misalnya, dengan aplikasi warna putih pada tempat duduk. Jangan lupakan elemen tanaman sebagai dekorasinya, ya!

Menghadap ke Sudut, Tidak Masalah

houzz.com

Ketika area teras yang tersisa untuk dijadikan ruang tamu hanyalah bagian sudut, jangan berkecil hati. Manfaatkan saja semua lahan yang tersisa.

Ruang tamu di teras rumah type 36 dapat dibuat menghadap sudut ke luar. Kamu dan tamu pun bisa melihat halaman rumah serta sesekali menghadap satu sama lain. Kalau sudah seperti ini, ruang tamu di teras rumah type 36 tidak perlu didekorasi lagi. Cukup rawat halaman rumah saja untuk pemandangannya. 

Semoga keenam inspirasi ruang tamu di teras rumah type 36 tadi dapat membantumu menemukan desain ruang tamu outdoor yang paling pas, ya! Pertimbangkan juga untuk menggunakan furnitur multifungsi dan space-saving sesuai ukuran supaya teras tetap terasa lega dan fungsional.

Kamu bisa, lho menemukan aneka furnitur space-saving di Dekoruma yang jual meja tamu, sofa, dan kursi rotan! Tak hanya untuk ruang tamu atau teras, tapi ada juga furnitur untuk ruang lain di rumahmu, seperti meja dan kursi makan, rak display, lemari dapur, nakas, meja rias, stool, dan tempat tidur.

Bahkan, Dekoruma juga jual tempat penyimpanan, rak dapur, pengharum ruangan, karpet, cermin, lampu, dan aneka aksesoris rumah lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan wujudkanlah rumah impianmu yang nyaman karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!