Mengenal Kegunaan Ampas Kopi untuk Urusan Rumah hingga Kecantikan

Minuman kopi memang nikmat. Maka tak heran, ada banyak pecinta kopi dari berbagai belahan dunia. Setelah kopi habis dikonsumsi, biasa akan ada sisaan bubuk dari penggilingan biji kopi yang disebut ampas kopi. Buat kamu yang selalu menyeruput minuman berwarna hitam kecokelatan ini di pagi hari, pasti sudah tidak asing, ‘kan dengan ampas kopi?

Namun, kamu tahu nggak kalau ampas kopi punya banyak kegunaan untuk berbagai keperluan? Mulai dari urusan rumah, berkebun, hingga kecantikan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak langsung membuang ampas kopi, ya! Lalu, apa saja sih manfaat ampas kopi tersebut? Yuk, langsung saja cek ulasan dari Kania di bawah ini!

Produk Skincare Alami

santeplusmag.com

Tahu nggak kalau ampas kopi bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit secara alami? Banyak yang sudah menggunakan campuran ampas kopi dengan air, madu, atau minyak kelapa asli sebagai produk scrub yang efektif. 

Bahan eksfoliasi dari ampas kopi ini tidak hanya natural, tetapi juga lebih terjangkau dan nyaman digunakan untuk wajah dan bahkan sekujur tubuh. Beberapa khasiatnya antara lain membersihkan pori-pori dan kulit, menyamarkan bekas jerawat, serta punya efek anti penuaan. Ini karena ampas kopi mengandung antioksidan yang bisa memicu produksi kolagen kulit.

Untuk memanfaatkan ampas kopi ini, kamu bisa mengaplikasikannya sambil relaksasi di waktu senggang. Supaya makin rileks, kamu bisa melakukannya sambil tiduran. Tinggal aplikasikan saja ampas kopi pada bagian kulit wajah, lalu ambil bantal yang empuk dan rebahkan tubuh, deh! Asyik juga buat me time, ya?

Pewarna Alami

thesprucecrafts.com

Berkat warna kopi yang pekat, ampas kopi bisa digunakan sebagai pewarna untuk berbagai keperluan. Hasil warna yang dihasilkan berkisar dari cokelat muda hingga cokelat tua, tergantung dari cara pemakaiannya. 

Menggunakan ampas kopi sebagai bahan pewarna tergolong aman untuk produk makanan karena berasal dari bahan alami. Di samping itu, ampas kopi bisa juga digunakan sebagai pewarna untuk produk pakaian atau tekstil.

Sebagai Pupuk Tanaman

gardeningknowhow.com

Seperti layaknya manusia, tanaman membutuhkan nitrogen, fosfor, potassium, kalsium, sulfur, dan magnesium. Nah, dalam hal ini, peran ampas kopi sebagai pupuk yang organik bisa menjaga kadar nitrogen tanah demi kesuburan tanaman, serta memperbaiki kualitas tanaman secara keseluruhan. 

Namun, ada hal penting juga yang nggak boleh diabaikan, yaitu ampas kopi harus digunakan secara proporsional agar tidak sampai menghambat pertumbuhan tanaman. Jadi, sebaiknya mulai dari jumlah ampas kopi yang sedikit saja dulu. 

Menghalau Serangga

hgtv.com

Berkat aroma yang kuat dan kandungan zat kimia pada kopi, ampas kopi bisa digunakan untuk mengusir serangga. Beberapa studi menunjukkan bahwa ampas kopi tidak beracun atau membahayakan, tetapi serangga seperti semut, nyamuk, dan juga kutu tidak menyukai bau ampas kopi yang kuat. Jadi, coba deh taruh beberapa sisa ampas kopi di sudut rumah yang rentan diserang serangga.

Bahan alami yang dimanfaatkan untuk mengusir serangga ini aman apabila tidak sengaja tersentuh oleh si Kecil. Namun, perlu diperhatikan juga kalau beberapa hewan peliharan tidak cocok dengan ampas kopi yang mengandung kafein. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tetap menempatkannya secara strategis, ya! Jika perlu, gunakanlah sebuah wadah atau mangkuk kecil untuk menaruh ampas kopi tersebut.

Sebagai Produk Pembersih

treescoffee.com

Berkat tekstur ampas kopi yang kasar, maka penggunaannya bisa sebagai produk pembersih yang bersifat abrasif. Kegunaan ampas kopi yang satu ini bisa dijadikan solusi praktis untuk membersihkan permukaan dapur serta perlengkapan atau perangkat tertentu. Saran Kania, sebelum mulai menggunakan ampas kopi sebagai produk pembersih, coba tes dulu pada sebagian kecil permukaan supaya tidak sampai merusak produk tersebut. 

Menetralisir Bau Ruangan

thekrazycouponlady.com

Salah satu kegunaan ampas kopi yang sudah sering dimanfaatkan, baik untuk rumah, kantor, gudang, mobil, dan bahkan kulkas adalah sebagai penetralisir bau tidak sedap. Ini karena ampas kopi memiliki kafein yang bereaksi secara kimia dan menyerap molekul hidrogen sulfida dari udara. Jadi, kalau ada ruangan atau area di rumah yang mengalami masalah bau tak sedap, seperti bagian dalam kulkas, dapur, atau rak penyimpanan sepatu, langsung saja letakkan ampas kopi yang sudah dibungkus kain di sana untuk mengusir baunya. 

Melembutkan Daging

brightspot.com

Buat kamu yang suka masak, sudah tahu belum kalau ampas kopi bisa digunakan untuk melunakkan serat daging? Ini tentu akan memudahkan proses memasak dan daging pun jadi terasa lebih lembut dan nikmat. Kandungan ampas kopi yang juga mengandung asam dan enzim bisa jadi bahan dari resep yang tentunya masih bersifat alami.

Ternyata, ajaib banget, ya manfaat ampas kopi itu? Kira-kira kamu mau memanfaatkan ampas kopi sebagai apa, nih? Terutama buat kamu yang punya mesin penggiling kopi di rumah, saatnya lebih jeli menggunakan ampas kopi!

Jangan lupa baca juga artikel dengan informasi menarik lainnya di Dekoruma, ya! Selain artikel, beragam jenis furnitur space-saving untuk hunianmu juga ada di Dekoruma, lho! Mulai dari rak display, meja TV, kursi kantor, kasur, lemari, nakas, rak dinding & ambalan, hingga tempat tidur, semuanya tersedia. Yuk, wujudkan rumah impianmu mulai dari #SatuSudutDulu bersama Dekoruma!