Inspirasi Rak Buku Estetik yang Multifungsi dan Space-saving

Tidak harus jadi pecinta buku untuk bisa memiliki rak buku. Sebagai perabot yang multifungsi, saat ini rak buku sangat dibutuhkan pada setiap hunian, baik itu untuk menaruh koleksi buku favorit, buku-buku pelajaran, hingga beragam dokumen kantor. Bentuknya yang tinggi menjulang juga punya sisi estetika tersendiri, apalagi jika bisa dijadikan rak display dengan diisi aneka dekorasi favorit.

Nah, karena eksistensinya tidak kalah penting dengan furnitur esensial lain di sebuah hunian, seperti sofa atau meja makan, maka kamu wajib memilih model rak buku yang cantik dan keren. Akan lebih mantap lagi kalau rak buku tersebut serbaguna alias bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan lain. Berikut Kania sudah mengumpulkan 7 inspirasi dan rekomendasi rak buku cantik yang multifungsi. Yuk, langsung saja simak di bawah ini!

Rak Buku Putih Klasik Sederhana

dekoruma.com

Mau memilih rak buku yang anti gagal? Coba pakai rak buku dengan sentuhan warna putih klasik yang tetap cocok untuk berbagai gaya hunian, mulai dari minimalis hingga Japandi. Warna rak buku putih juga terasa lebih adem dan plong sehingga cocok untuk rumah mungil. 

Bentuk rak buku putih yang terdiri dari 8 rak terbuka di atas cukup sederhana, tapi sangat multifungsi, di mana kamu tak hanya dapat memajang buku, tapi juga aneka dekorasi. Uniknya, model rak buku ini bisa ditata secara vertikal maupun horizontal. Setiap area penyimpanannya juga punya ukuran yang cukup leluasa. 

Rak Buku dengan Bahan Kayu dan Besi

dekoruma.com

Rak buku tidak melulu harus kaku dengan desain yang itu-itu saja. Saat ini, sudah banyak tersedia model rak buku multifungsi yang memiliki variasi ukuran dan bentuk seperti rak buku besar dengan material kayu dan besi hitam ala Japandi Industrial atau minimalis. Untuk yang lebih pas dengan ukuran dan bentuk ruangan, biasanya rak buku ini dibuat secara custom. Namun, ada juga model serupa yang sudah tersedia di pasaran.

dekoruma.com

Salah satunya adalah rak buku Kozu dari Heim Studio. Rak buku ini terdiri dari 6 susun ambalan terbuka. Fungsinya tentu makin maksimal di mana kamu bisa menyimpan aneka benda, tak hanya buku saja. Modelnya yang estetik juga membuat rak buku ini bisa ditempatkan di kamar tidur, ruang kerja, bahkan menjadi rak di dapur dan ruang makan. Keren banget, ya!

Rak Buku Kombinasi ala Japandi

dekoruma.com

Suka kombinasi rak terbuka dengan penutup di bagian bawahnya? Desain rak buku demikian memang banyak disukai karena lebih praktis dan multifungsi serta siap menyimpan pernak-pernik biar hunian rapi seketika. Apalagi jika ditata dengan sentuhan Japandi, pasti deh ruangan terasa makin homey.

Nah, buat kamu yang butuh rak buku demikian komplit dengan sentuhan Japandi, coba intip koleksi lain dari Heim Studio seperti rak buku Kato. Desain rak buku yang bisa merangkap sebagai rak display ini sangat unik dengan bentuk yang cukup ramping memanjang ke atas. Pastinya, rak buku ini memiliki fitur yang kamu cari-cari, yaitu terdapat ekstra rak dengan pintu cantik warna putih di bagian bawahnya. 

Rak Buku Sudut yang Multifungsi

dekoruma.com

Sering kesulitan menghadapi area rumit seperti sudut ruangan? Nggak perlu pusing karena sekarang ada rak buku multifungsi dengan desain keren yang siap mempercantik ruangan. Rak buku biasa yang bisa menjadi rak sudut ini memiliki dua bagian dengan fitur fleksibel, di mana kamu bisa memosisikan kedua bagian tersebut dalam keadaan sejajar ataupun membentuk sudut 90 derajat. 

Berkat fitur tersebut, tentunya kamu bisa menyesuaikan rak buku serbaguna yang space-saving ini dengan kondisi ruangan yang tersedia di hunianmu. Warnanya sendiri sangat menawan dengan perpaduan warna light wood dan abu-abu muda. Tinggal letakkan saja koleksi buku kamu dan aneka dekorasi favorit, mulai dari tanaman hias, bingkai foto, hingga figurin.

Rak Buku Hitam Maskulin

dekoruma.com

Buat kamu yang lebih suka dengan gaya maskulin yang bold, kamu bisa menggunakan rak buku warna dark grey seperti inspirasi di atas. Nah, supaya tidak terlihat mati warna atau terlalu monton, rak buku ini sengaja didesain dengan bagian sekat rak berwarna cokelat kayu sehingga cocok juga untuk hunian bergaya Japandi.

Kerennya, bagian ambalan rak bisa diatur sesuai keinginan dan kebutuhan. Selain itu, rak buku bergaya maskulin ini juga dilengkapi dengan pengaman untuk dipasang ke dinding sehingga dapat mencegah rak jatuh agar lebih aman. Pastinya, rak buku ini dapat memuat banyak barang. Dijamin, hunian kamu akan tertata rapi!

Rak Buku dengan Pintu Kaca

dekoruma.com

Khawatir koleksi buku dan pajangan jadi berdebu saat ditaruh di rak buku? Kalau begitu, pilih saja rak buku yang dilengkapi pintu kaca, seperti inspirasi di atas. Berkat penutup yang terbuat dari kaca bening, semua barang yang kamu simpan akan terhindar dari debu dan kotoran. Kamu pun tetap bisa melihat semua pajangan dengan leluasa.

Rak buku yang ramping ini terdiri dari enam susun ambalan yang juga bisa kamu atur sesuai kebutuhan. Modelnya sendiri sangat minimalis ala gaya Japandi dengan bagian sisi rak yang terbuat dari particle board berwarna cokelat muda. Bagian pintunya pun dirancang tanpa handle agar makin minimalis.

Rak Buku Gantung yang Super Space-saving

dekoruma.com

Sudah tidak punya area untuk menempatkan rak buku? Jangan langsung nyerah! Masih ada, nih solusi space-saving berupa rak buku gantung atau ambalan yang juga cocok dijadikan tempat untuk memajang aneka dekorasi.

dekoruma.com

Cari saja aneka rak dinding & ambalan yang kuat dan cocok untuk segala hunian, termasuk Japandi serta bisa digunakan sebagai rak buku. Salah satunya, kamu bisa menggunakan rak dinding Adam ukuran 80 cm warna cokelat muda dari Pro Design. Tinggal pasang saja di atas meja kerja atau di sudut ruangan. Jadi, deh rak buku dindig yang super praktis dan hemat tempat! 

Nah, semoga rekomendasi rak buku serbaguna dari Kania di atas bisa memberikan kamu inspirasi baru, ya! Selain semua model tadi, kamu juga bisa menemukan lebih banyak lagi rak buku cantik lainnya di Dekoruma, lho. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek laman Dekoruma!